logo blog
Selamat Datang Di Info Blog
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Info Blog ini,
Semoga apa yang Info Blog share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Tentang dan Seputar Algoritma Google MobileGeddon

Info Blog, mobilegeddonInfo Blog. Algoritma Google telah mengalami pembaharuan sejak tanggal 21 April 2015 kemarin dengan sebuah algoritma Google MobileGeddon, yang menurut Info Blog, algoritma ini perlu mendapat perhatian khusus bilamana kita tetap ingin mendapatkan posisi SERP yang bagus di mata Google search engine. Artinya kita tetap ingin untuk dapat menempati posisi 10 besar hasil pencarian Google berdasarkan sebuah kata kunci tertentu.

Algoritma Google terbaru ini nampak sangat spesifik karena mendasarkan pemeringkatan sebuah situs atau blog berdasarkan tingkat responsivitasnya saat diakses dengan mempergunakan berbagai macam ukuran layar monitor, mulai dari monitor komputer besar, laptop, ipad sampai dengan perangkat mobile yang memiliki tingkat resolusi berbeda. Sebuah situs atau blog yang ingin mendapatkan tempat di hati Google, harus mampu tampil apik di berbagai ukuran layar tersebut di atas, terutama pada perangkat mobile.

Berikut sedikit cuplikan pernyataan dari pihak Google :

"Starting April 21, we will be expanding our use of mobile-friendliness as a ranking signal. This change will affect mobile searches in all languages worldwide and will have a significant impact in our search results"

yang artinya :

"Mulai pada tanggal 21 April kami akan memperluas penggunaan mobile-friendly sebagai suatu sinyal ranking, perubahan ini akan mempengaruhi pencarian mobile dalam semua bahasa di seluruh dunia dan akan memiliki pengaruh signifikan di hasil-hasil pencarian kami".

Dalam hal ini jelas terlihat apa yang dimaksud dengan sinyal ranking tersebut, yaitu berupa suatu tolok ukur yang akan dipergunakan oleh pihak Google (bersama dengan berbagai jenis algoritma-algoritma yang telah diluncurkan) untuk menentukan urutan ranking sebuah situs/blog atau halaman situs/blog.

Mobile friendly dalam hal ini dapat dikaitkan dengan RWD (Responsive Web Design) atau lebih dikenal dengan Responsive Template yang telah hampir setahun nyaring terdengar gaungnya di antara para blogger. RWD adalah sebuah layout web atau blog yang secara otomatis dapat menyesuaikan dengan lebar layar browser berdasarkan device yang dipergunakan untuk membukanya.

Dengan demikian para blogger yang memiliki template blog tidak responsive, dalam hal ini harus segera menyesuaikan atau menggantinya dengan yang responsive blogger template bilamana tetap ingin bersaing di kancah jajaran terhormat mesin telusur.

Satu hal yang perlu kita perhatikan pula adalah faktor kecepatan akses web/blog via perangkat mobile, karena bilamana web/blog kita membutuhkan waktu yang lama untuk ter-akses, maka secara otomatis akan ditinggalkan oleh para pengunjung yang potensial.

Untuk tes responsivitas template blog anda, anda dapat mempergunakan link di bawah ini  :
Am I Responsive
Tes Responsive Template
Tes Mobile Friendly

Algoritma Google MobileGeddon ini secara eksplisit atau tersirat juga mensyaratkan tentang faktor kecepatan loading blog yang dimanifestasikan dengan alat Google PageSpeed Insights untuk mengukur kecepatan loading sebuah blog yang ada.

Demikian uraian kami Info Blog  tentang seputar algoritma Google MobileGeddon, semoga bermanfaat.
Enter your email address to get update from Info Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan meninggalkan komentar yang sesuai dengan artikel di atas, komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini di masa-masa mendatang.
Mohon jangan melakukan spam, atau promosi produk atau apapun yang tergolong hal-hal negatif
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.

Copyright © 2015. Info Blog 97 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger