logo blog
Selamat Datang Di Info Blog
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Info Blog ini,
Semoga apa yang Info Blog share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Paradigma SEO di seputar tahun 2015

Info Blog, pagerank bannerInfo Blog. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa sejak akhir tahun 2013 Google tidak lagi aktif melakukan pemeringkatan Pagerank blog dengan alasan yang tidak diketahui secara pasti. Pagerank blog pada dasarnya adalah sebuah pola analisis peringkat sebuah website atau blog yang dilakukan oleh Google search engine pada dekade dua atau tiga tahun lalu. Namun sejak akhir tahun 2013 atau sekitar awal tahun 2014, pihak Google tidak lagi melakukan update Pagerank blog sebagaimana yang dilakukan pada beberapa tahun sebelumnya dengan alasan yang tidak terlalu jelas. Hingga saat artikel ini dituliskan belum diperoleh informasi yang jelas tentang pengganti fasilitas Pagerank blog ini, padahal sebenarnya Pagerank blog ini cukup bagus untuk menganalisa "kualitas" sebuah website atau blog dari ber-milyard-milyard website atau blog yang ada di dunia internet.

Dengan tidak berlakunya Pagerank blog, maka hal ini sangat mempersulit para blogger untuk mengoptimasi web atau blog yang dimilikinya agar mampu tampil pada halaman pertama hasil pencarian Google search engine. Hal ini yang menyebabkan sebuah situs (web atau blog) harus berusaha lebih keras agar alamatnya lebih mudah ditemukan oleh pengunjung di antara jutaan, ratusan juta atau bahkan lebih alamat situs lain dari seluruh dunia yang menjadi kompetitornya.

Faktor optimasi SEO modern kini menjadi andalan utama para blogger dunia untuk mengoptimasi web atau blog yang dimilikinya. Berikut ini adalah beberapa hal yang akan membantu kita menemukan target fokus pengembangan SEO blog di tahun 2015 :

1. Mengoptimalkan aktivitas mobile.
Bukan hanya untuk menyambut dan meningkatkan SEO di tahun 2015, namun memang penggunaan perangkat mobile untuk promosi blog melalui teknik SEO sangatlah dibutuhkan. Hampir setiap hari orang selalu menggunakan gadget atau perangkat mobile mereka. Tidak menutup kemungkinan di tahun 2015 akan semakin bertambah, dan ini mengharuskan para pemilik blog (blogger) untuk bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan SEO di perangkat mobile.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengoptimalkan pengalaman pengguna website Anda dalam versi mobile. Anda harus memastikan bahwa website versi mobile Anda sudah cukup friendly bagi penggunanya. Anda juga harus melihat apakah website Anda sudah mencapai tes keramahan mobile untuk Google.

2. Optimasi Search Engine selain Google.
Selama ini kita tahu dan bahkan hanya tahu bahwa SEO bekerja pada search engine Google saja. Namun bisa jadi di tahun 2015 menjadi awal bangkitnya search engine selain Google, seperti Bing, Yahoo dan DuckDuckGo. Firefox kini sudah mulai mengalihkan Google dan Yahoo juga akan menjadi mesin pencari default untuk browser. Kesepakatan Google juga dengan Safari di tahun 2015, dan menurut sebuah laporan Bing dan Yahoo akan terus berusaha mengamankan posisi tersebut.

Dengan pilihan lain selain Google menjadi lebih populer dan diterima itu akan membuat para pengguna menjadi lebih fleksible di search engine, selain Google.

3. Link Earning.
Melalui banyak pembaruan dan perubahan algoritma selama bertahun – tahun, satu hal yang akan tetap sama yaitu penggunaan link. Inbound link seperti sinyal yang paling berpengaruh dari kepercayaan dan otoritas. Dan hal ini tidak akan berubah di tahun 2015. Membangun link pada blog memang harus relevan agar lebih produktif. Selain itu tentu saja untuk meningkatkan leads, promosi blog dan popularitas blog.


FACEBOOK DAN TWITTER TIDAK BERPENGARUH PADA SEO

Kepala bagian pencarian spam di Google, Matt Cutts, merilis sebuah video yang menjawab pertanyaan,”apakah Facebook dan Twitter memberikan kontribusi untuk algoritma ranking di Google?” Jawabannya adalah tidak.

Matt mengatakan bahwa Google tidak memberikan perlakuan istimewa kepada halaman Facebook dan Twitter. Faktanya, saat ini, Facebook dan Twitter diperlakukan sama dengan halaman-halaman lainnya, menurut Matt Cutts.

Matt lalu menjawab, apabila Google bisa saja memberikan perlakukan istimewa untuk situs ini, seperti menghitung jumlah likes atau tweets pada halaman yang spesifik, tetapi Matt mengatakan Google tidak melakukan itu sekarang, kenapa ?

Sebenarnya mereka telah melakukannya dan mereka diblokir. kemungkinan hal ini terkait dengan kesepakatan Google’s Real Time Search Deal yang sudah berakhir dengan twitter. Matt menjelaskan bahwa mereka telah menghabiskan banyak waktu untuk melakukan hal ini kemudian mereka diblokir dan semua upaya dan pekerjaan tersebut tidak lagi berguna. Jadi, untuk Google jelas ini tidak ada gunanya.

Alasan lainnya, Google khawatir apabila bot Google melakukan crawling informasi identitas pada satu waktu  kemudian informasi itu berubah, tetapi Google tidak tahu perubahannya. Memiliki informasi yang outdated bisa berbahaya bagi sebagian orang.

Akan tetapi, Matt menambahkan bahwa dia dapat melihat bahwa Google bisa mencari dan memahami informasi indentitas dengan lebih baik dalam jangka panjang.

Contohnya apabila ada seorang penulis yang memiliki “authority” di websitenya dan websitenya juga memiliki authority yang baik, pasti akan diranking dengan baik oleh Google.

Tetapi jika penulis ini memposting sebuah komen di forum atau Twitter, akan berguna untuk Google apabila Google mengetahui bahwa seorang yang memiliki authority bagus sedang memposting di situs yang spesifik, sehingga seharusnya postingan ini diranking dengan baik oleh Google.

Google memang tidak melakukan ini sekarang, tetapi mereka sedang dalam proses mengerjakannya.





GOOGLE (+) UNTUK MENINGKATKAN SEO

Ryo Jeo adalah konsultan SEO Indonesia yang telah lama mempelajari dunia SEO sejak tahun 2006, berbagai penghargaan kontes seo sudah pernah berhasil diraihnya, Pria kelahiran 25 agustus 1990 ini hingga saat ini masih aktif mendalami teknik-teknik SEO terbaru untuk mendatagkan konversi melalui Internet Marketing.

Efek Google Plus (G+) untuk Meningkatkan SEO adalah pembahasan yang sangat penting untuk di telisik di masa – masa kejayaan Social Signal sekarang ini. Apa itu Social Signal ? sederhananya, social signal adalah link web anda yang dibagikan di profil jejaring sosial seseorang. G+ merupakan jejaring sosial milik google yang memiliki reputasi terpenting dan semakin berkembang seiring waktu menjadi pilihan update status, sharing, maupun mencari teman atau pengikut baru.

Setiap percobaan dalam SEO memiliki kondisi input yang kompleks, sehingga hasilnya tidak selalu benar-benar valid. Search engine ingin pengguna merasa puas, dan pengguna ingin hasil pencarian yang berkualitas. Saat ini, hasil SERP masih bisa dimanipulasi. Seperti halnya apabila anda menyewa Jasa SEO dan membayar mahal untuk meningkatkan peringkat website anda di halaman pertama google. Sinyal sosial G+ bisa menjadi solusi yang diinginkan mesin pencarian saat ini. Dengan berbagi URL, menyebutkan teman dan interaksi sosial, bisa mewakili kualitas dan popularitas dari URL dan sudut pandang pengunjung lebih akurat.

Author Rank Sebagai Faktor Nilai Plus dimata Google

Matt Cutt (Google Senior Engineer) pernah mengatakan bahwa ”Sosial signal adalah cara yang baik untuk menciptakan reputasi bagi penulis. Jika reputasi penulis konten yang transparan, itu akan membuat seluruh web yang lebih baik.” Dengan Author Rank, Google ingin memudahkan pengguna untuk menemukan karya penulis tertentu, dan memanfaatkan kemampuannya untuk menggunakan penulis sebagai elemen untuk peringkat halaman sebuah website. Ini sanagat menjanjikan karena beberapa alasan. Jika Anda dapat memposisikan diri Anda sebagai penulis konten pada situs berkualitas tinggi, Anda akan dihargai di SERP.

Berikut merupakan korelasi sebuah halaman dapat meraih posisi terbaik di serp menurut moz.com

Info Blog, tabel moz

Terlihat jelas, bahwa G+ berada di posisi kedua setelah page authority dalam mempengaruhi faktor seo suatu web. diikuti linking root domains, facebook dan juga twitter. Tentunya G+ memiliki kualitas yang membuatnya menjadi platform yang jauh lebih unggul untuk SEO. Maka sangat terekomendasikan bahwa sinyal Google+ memiliki potensial tinggi untuk mempengaruhi peringkat pencarian secara signifikan.

Backlink dari halaman page rank tinggi memang masih menjadi faktor penting dalam SEO, namun seiring berjalannya waktu, para aktifis seo terutama pemula sangat gentar dalam mencari backlink. Sehingga hal ini sangat di sayangkan dan akhirnya hanya menjadi “link sampah” di mana-mana. Ini tentunya memperburuk citra backlink dan google akan lebih memperhatikan backlink dari social signal G+ sebagai konten yang berkualitas dengan catatan tergantung seberapa banyak orang yang membagikan tulisan dari seorang author melalui G+.

Author rank G+ lah yang sekarang ini menjadi perbincangan hangat di dunia SEO, Lalu bagaimana menilai peringkat author rank? Untuk saat ini Google masih mengandalkan Google panda dan Google Penguinnya. Author Rank hanya bertindak sebagai  tambahan saja namun memiliki andil besar terhadap reputasi. Author Rank akan memberikan informasi kepada page rank, ini dapat diartikan bahwa author yang  beranking tinggi akan mempengaruhi hasil pencarian kearah yang lebih baik dan tak hanya mengandalkan google pagerank saja. Jadi reputasi seorang author atau penulis akan berpengaruh terhadap SERP Google.

Untuk cara kerjanya yaitu dengan membandingkan antara google pagerank dan juga Author Rank. Seandainya suatu situs mempunyai pagerank rendah namun penulis mempunyai Author Rank tinggi maka Google akan menganggap bahwa situs tersebut adalah bagus dan berkualitas. Begitu pula sebaliknya jika Google Pagerank tinggi sedangkan Author Rank rendah maka Google akan mencurigai bahwa itu merupakan over link building.

Tips Memaksimalkan G+ untuk meningkatkan SEO

Semakin banyaknya kompetitor SERP, ini harus kita atasi dengan cara membangun sebuah reputasi sebagai penulis dan pemberi informasi yang berkualitas dengan tidak hanya mengandalkan backlink dari blog dummy, blog comment, maupun social bookmark saja, efek G+ untuk meningkatkan seo akan semakin terlihat sejalan dengan reputasi yang anda bangun. Perbanyak lingkaran G+ anda, saling berinteraksi antara teman maupun pengikut. Bangun konten yang berkualitas sehingga ini akan menimbulkan efek visitor loyal maupun pembagian konten secara sukarela terhadap situs kita di masing akun G+ seseorang. Dan teteplah kreatif dalam menulis.

Enter your email address to get update from Info Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan meninggalkan komentar yang sesuai dengan artikel di atas, komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini di masa-masa mendatang.
Mohon jangan melakukan spam, atau promosi produk atau apapun yang tergolong hal-hal negatif
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.

Copyright © 2015. Info Blog 97 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger