logo blog
Selamat Datang Di Info Blog
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Info Blog ini,
Semoga apa yang Info Blog share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Kembangkan Blog dengan Media Sosial

Info Blogger, media sosialInfo Blogger, pada artikel ini akan sedikit membahas tentang pola Kembangkan Blog dengan (mempergunakan) Media Sosial, sebagai sebuah terobosan untuk meningkatkan eksistensi dan popularitas sebuah situs atau blog. Media blog mustahil akan mampu berkembang dan populer (baik di mata pengunjung maupun search engine) bilamana tidak dibantu dengan upaya-upaya promosi lewat jalur Media Sosial yang ada. Dalam hal ini banyak terdapat situs-situs Media Sosial yang dapat kita pergunakan, namun kita harus pandai-pandai memilih dan memilah situs-situs mana yang baik dan cocok untuk kita pergunakan.

Segala macam tehnik-tehnik SEO yang ada, pada hakekatnya sangat bergantung kepada kekuatan bangunan "link-building" untuk memperkuat posisi sebuah situs atau blog di mata search engine. Namun, bangunan "link-building" ini terbentur dengan berbagai macam permasalahan penting yang berkaitan dengan masalah persyarata kuantitas maupun kualitas backlink yang menjadi pondasi utamanya. Hal ini perlu untuk kita perhatikan agar segala daya upaya yang kita lakukan tidak menyebabkan hilangnya situs atau blog dari peredarannya di dunia internet (search engine, semacam Google).

Berikut ini adalah pilar-pilar pengembangan blog yang harus dan wajib untuk selalu kita perhatikan manakala memanfaatkan Media Sosial sebagai lahan promosi, yaitu  :

1. Promosikan hanya konten-konten yang original dan berkualitas.
Tidak dapat disangkal lagi bahwa tindakan promosi blog pada dasarnya adalah merupakan tindakan untuk mempromosikan konten-konten blog itu sendiri. Artinya, proses atau upaya promosi tersebut senantiasa dilakukan untuk memperkenalkan artikel-artikel (konten blog) kepada publik. Dapat kita bayangkan apa yang terjadi  bilamana artikel-artikel (konten blog) tersebut tidak original (hasil copy paste) serta tidak berkualitas (diminati oleh banyak orang). Pastilah upaya-upaya promosi tersebut dapat kita kategorikan sebagai sebuah tindakan yang sia-sia dan membuang-buang waktu (pemborosan waktu). Tindakan promosi tersebut tidak akan memperoleh hasil yang signifikan untuk perkembangan blog di masa-masa mendatang.

2. Ukur keberhasilan upaya-upaya promosi dengan beberapa parameter.
Parameter keberhasilan upaya pengembangan sebuah situs atau blog pada dasarnya lebih berorientasi kepada kuantitas Visitor Blog dan Pageviews Blog. Semakin tinggi tingkat kuantitas keduanya, maka secara fundamental kita dapat katakan bahwa upaya-upaya promosi blog telah menuai "hasil awal" yang cukup menggembirakan. Kenapa saya katakan sebagai "hasil awal" ...... ? Tujuan akhir dari segala bentuk upaya promosi blog pada dasarnya adalah meraih posisi tertinggi pada halaman pertama dari daftar hasil pencarian oleh search engine (SERP). Oleh karenanya, masalah kuantitas Visitor Blog dan Pageviews Blog ini hanya merupakan sebuah "hasil awal" yang harus ditindak lanjuti dengan meningkatkan kuantitas konten-konten blog yang original dan berkualitas.

3. Jangan mudah terpaku dengan tampilan halaman blog.
Tampilan sebuah halaman blog (halaman homepage) tidaklah menggambarkan atau mencerminkan kualitas dari blog itu sendiri. Banyaknya hiasan-hiasan halaman sebuah blog (bagi saya) justru semakin menggambarkan tidak berkualitasnya blog itu sendiri. Kekurangan-kekurangan kualitas konten-konten blog dalam hal ini seperti dibarter dengan banyaknya hiasan-hiasan yang terpasang pada blog itu sendiri. Sadarilah, bahwa semakin banyak model hiasan-hiasan blog ini pada dasarnya akan semakin memperberat proses loading blog itu sendiri. Para pengunjung blog yang datang pada dasarnya tidak akan menilai bagus tidaknya tampilan sebuah halaman blog, namun ia (dalam hal ini) sedang mencari sebuah informasi penting yang mungkin saja ditemukan dalam sebuah artikel blog yang ada.

4. Benefit akan muncul kemudian dan tidak di tahap awal.
Keuntungan (benefit) dengan adanya kepemilikan sebuah blog tidak akan pernah muncul pada tahap-tahap awal kita membangun sebuah blog. Keuntungan ini pasti akan mengalir sejalan dengan merangkaknya proses-proses pengembangan sebuah blog menuju tahap popularitas yang tinggi. Kegiatan monetisasi sebuah blog hendaknya tidak kita lakukan pada saat awal-awal kita membangun sebuah blog. Sabar dan tunggulah moment yang tepat manakala blog kita telah mencapai tingkat popularitas yang tinggi dan telah menjadi "sasaran pantau" beberapa search engine yang terkenal, semacam Yahoo, Google dan Bing.

5. Aktif promosi dengan memanfaatkan situs-situs Media Sosial.
Media Sosial pada dasarnya adalah merupakan sarana yang ampuh bagi setiap blogger untuk memperkenalkan sekaligus mempromosikan situs atau blog yang dimilikinya (tanpa memperhatikan jenis-jenis blog yang ada). Dengan memanfaatkan Media Sosial ini ia dapat membangun sebuah jaringan yang kuat untuk menarik minat seseorang agar rela berkunjung serta mengakses sebuah blog yang dimilikinya. Seorang blogger dapat memanfaatkan berbagai macam situs Media Sosial ini untuk menawarkan sesuatu yang berbeda dengan mayoritas blogger yang ada. Artinya ia wajib untuk selalu menghadirkan konten-konten yang original dan berkualitas.

Dalam memanfaatkan Media Sosial sebagai ajang pengembangan sebuah situs atau blog ini, janganlah kita membagikan hal-hal yang sepele atau kurang bermanfaat semacam-macam berita-berita hot yang lagi trend atau hal-hal lain yang dapat dikategorikan sebagai "sampah". Tentu saja hal ini tidak membuat perbedaan dengan yang dilakukan oleh mayoritas pengguna Media Sosial yang ada. Bagikan sesuatu yang baru dan berbeda dari kebanyakan orang. Jadilah diri sendiri dalam hal ini.

Baca juga : Manfaat Google Plus bagi sebuah blog.

6. Gunakan forum-forum Media Sosial secara efektif.
Forum-forum Media Sosial akan sangat membantu untuk meningkatkan popularitas serta kredibilitas sebuah situs atau blog. Lakukan penulisan thread-thread yang original, disertai dengan beberapa link yang langsung menuju ke halaman homepage maupun ke halaman artikel blog yang terkait. Semakin banyak anda mampu menuliskan thread-thread yang bermanfaat, maka secara otomatis hal ini akan meningkatkan popularitas situs atau blog yang anda miliki (atau sedang anda kelola). Ada banyak forum-forum Media Sosial yang beredar di internet, anda tinggal memilih salah satunya yang dirasa cocok dan pantas untuk anda pergunakan.

Demikianlah uraian penulis, bilamana ada diantara anda memiliki solusi yang lain, silahkan untuk menuliskannya pada kotak komentar di bawah ini.

Enter your email address to get update from Info Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan meninggalkan komentar yang sesuai dengan artikel di atas, komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini di masa-masa mendatang.
Mohon jangan melakukan spam, atau promosi produk atau apapun yang tergolong hal-hal negatif
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.

Copyright © 2015. Info Blog 97 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger