logo blog
Selamat Datang Di Info Blog
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Info Blog ini,
Semoga apa yang Info Blog share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Cara Membuat Artikel yang SEO di Blog

Blog Info, Artikel yang SEOBlog Info pada postingan kali ini ingin sekedar berbagi ide atau opini tentang "Cara Membuat Artikel yang SEO di Blog". Maksud dari judul tersebut bukanlah membuat artikel atau postingan blog tentang SEO, namun berfokus pada pembuatan artikel atau postingan blog yang memaksimalkan fungsi-fungsi SEO (search engine optimization) dengan bantuan Keyword Planner. Adapun tujuan daripada pembuatan model artikel yang demikian ini, pada dasarnya berkaitan dengan upaya menaikkan "pageview" halaman artikel yang baru kita buat. Atau paling tidak kita memperbaiki cara-cara membuat artikel atau postingan blog dengan menerapkan pola-pola optimasi search engine. Dengan demikian, kita berharap agar postingan blog tersebut menjadi lebih berkualitas.


Kenapa harus membuat artikel yang SEO ?

Pertanyaan tersebut di atas kerap muncul dalam benak kita sebagai sebuah konsekweksi logis bagi seorang blogger (terutama pemula - seperti aku ini) yang concern untuk mengembangkan blog yang dimilikinya atau blog yang dibuatnya (tentu saja dengan segala macam susah payah).

Esensi dasar sebuah blog adalah terletak pada halaman postingan atau sejumlah artikel-artikel blog itu sendiri, artinya sebuah blog tidak akan berarti apa-apa bilamana tidak memiliki sejumlah posting artikel yang menjadi pendukungnya. Postingan-postingan yang berkualitas (katakanlah mampu untuk bertengger pada halaman pertama hasil penelusuran search engine) tentu saja berpotensi untuk meningkatkan reputasi blog yang bersangkutan (baik di mata pengunjung maupun di mata search engine). Jadi dengan demikian, dapatlah kita simpulkan bahwa kualitas sebuah blog tentu saja bergantung kepada kualitas artikel-artikel blog yang menjadi komponen-komponen dasarnya.

Dalam kacamata saya pribadi, sebuah artikel dapat dikatakan berkualitas bilamana dituliskan dengan memanfaatkan pola-pola optimasi search engine, sehingga artikel-artikel yang demikian itu dapat menembus posisi pada urutan pertama hasil pencarian berdasarkan keyword atau niche yang sama. Bayangkan saja, untuk satu niche yang akan kita buat sebagai postingan blog, tentu saja telah memiliki persaingan yang lumayan banyak di dunia internet. Pahamilah, bahwa artikel yang akan kita buat dan terbitkan (untuk suatu topik tertentu) itu bukanlah satu-satunya artikel yang ada di internet atau yang telah diindex oleh search engine. Sebelum kita menerbitkannya, tentu saja telah ada blogger-blogger yang telah menerbitkannya lebih dahulu. Oleh karenanya adalah wajar bilamana Matt Cutts pernah melansir dalam videonya (di tahun 2014), bahwa 25% - 30% konten sebuah blog adalah duplikat konten. Terus terang kita tidak dapat menghindari adanya duplikat konten ini.

Dengan memahami kondisi yang demikian tersebut di atas, maka membuat artikel blog yang memanfaatkan pola-pola optimasi search engine tentu saja merupakan sebuah terobosan baru untuk memikat hati robot-crawller agar mau melirik artikel (baru) yang kita buat dan kita terbitkan tersebut, meskipun telah banyak yang membahasnya.


Memaksimalkan judul artikel dengan prinsip-prinsip SEO.

Salah satu komponen utama sebuah postingan atau artikel blog adalah terletak pada judul artikel, komponen inilah yang pertama kali akan dibaca baik oleh pengunjung blog maupun search engine sebelum menelusuri keseluruhan isi postingan atau artikel tersebut. Oleh karenanya, memaksimalkan judul artikel (dengan memanfaatkan prinsip-prinsip SEO) adalah merupakan suatu tindakan yang bijaksana, semata-mata demi meningkatkan nilai lebih artikel yang bersangkutan.

Pembuatan judul artikel atau judul postingan dengan maksud yang demikian itu dapat kita lakukan dengan mempergunakan bantuan KEYWORD PLANNER, sebuah fasilitas yang disediakan oleh Google Adwords. Dengan memanfaatkan tool tersebut, paling tidak kita dapat membuat sebuah judul artikel yang paling banyak dicari (oleh pengunjung) sekaligus memiliki nilai CPC tinggi. Harapannya adalah : dengan menerapkan trik ini halaman artikel yang kita buat akan mendapatkan banyak klik sehingga akan memiliki pageview yang tinggi.

Sebagai contohnya adalah saat membuat artikel ini, penulis mencoba memanfaatkan keyword planner tersebut sebagai alat bantu research (khusus untuk penulisan judul artikel), dengan hasil seperti gambar di bawah ini  :

Blog Info, Keyword Planner-1

Contoh dalam gambar tersebut penulis dalam hal ini menganalisa judul artikel "cara membuat artikel seo di blog", dan kemudian dari hasil analisa diperoleh 2 data pendukung, yaitu :
  • cara membuat artikel di blog, dengan avg. monthly searches 260, dan competition Low
  • cara membuat artikel seo, dengan avg. monthly searches 40, dan competition Low serta didukung dengan suggested bid : IDR835
Solusi akhirnya, penulis menggabungkan keduanya menjadi judul artikel tulisan ini, yaitu "Cara Membuat Artikel yang SEO di Blog". Sebuah cara yang cukup mudah bukan ..... ?

Sekedar catatan :
  1. avg. monthly searches adalah rata-rata pencarian per bulan.
  2. competition adalah tingkat kompetisi pada search engine.

Dengan memanfaatkan pola penulisan judul artikel seperti yang penulis uraikan di atas, dari segi judul artikel paling tidak kita telah memiliki kelebihan dibandingkan judul-judul artikel yang memiliki kesamaan topik bahasan.


Bagaimana cara memanfaatkan keyword planner ini ?

1. Buat akun Google Adwords
Untuk memulai riset keyword dengan Google Keyword Planner, anda perlu mendaftar dulu ke https://adwords.google.com/ dengan menggunakan email Google (Gmail) anda. Setelah anda mendaftar anda secara otomatis akan di arahkan ke menu Campaign


2. Cara menggunakan Google Keyword Planner.

Di barisan menu Campaign tadi ada menu Tools, arahkan pointer anda ke menu Tools maka akan muncul sub menu. Klik sub menu Keyword Planner. (perhatikan gambar di bawah ini).


Blog Info, Keyword Planner-3

   
Kemudian pilih dan klik “Search for new keyword using a phrase, website or category”. Maka akan ditampilkan beberapa kolom isian dan juga pilihan.

Blog Info, Keyword Planner-4

Hasilnya akan muncul gambar seperti di bawah ini :

Blog Info, Keyword Planner-5


Isilah sesuai dengan ketentuan berikut ini.

Pada kolom product or service : isi dengan kata kunci yang ingin anda buat, misalnya ”cara membuat artikel seo di blog

Pada kolom targeting : pilih Indonesia, Indonesian, Google dan Negative Keywords secara berurutan.

Demikianlah uraian penulis, semoga membawa manfaat bagi kita semua.

Enter your email address to get update from Info Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan meninggalkan komentar yang sesuai dengan artikel di atas, komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini di masa-masa mendatang.
Mohon jangan melakukan spam, atau promosi produk atau apapun yang tergolong hal-hal negatif
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.

Copyright © 2015. Info Blog 97 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger