logo blog
Selamat Datang Di Info Blog
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Info Blog ini,
Semoga apa yang Info Blog share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Aktivitas Blogger Masa Kini

Info Blog. Dewasa ini perkembangan sebuah blog telah mulai meredup (di Indonesia, khususnya)seiring munculnya berbagai sarana alternatif dalam rangka mengekspresikan sebuah ide dan atau buah pikiran seseorang. Hadirnya media sosial (facebook dan instagram) dan atau penyedia jasa layanan video lainnya menjadi faktor utama yang memungkinkan surutnya kepopuleran blog masa kini. Di samping itu tingkat kreativitas para blogger pun (sebagai seorang kreator blog) juga mulai menurun. Daya kreasinya telah meredup seiring dengan munculnya semangat "copy paste" artikel blog (yang merupakan konten utama sebuah blog). Sepertinya mereka (para blogger) lebih terbuai dengan kemudahan-kemudahan fasilitas sarana alternatif lainnya tersebut.

Sejak diresmikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Muhammad Nuh pada tahun 2007, tepatnya tanggal 27 Oktober menjadi sebuah hari yang istimewa bagi para penulis dunia maya yang disebut blogger. Tanggal 27 Oktober itupun ditetapkan sebagai Hari Blogger Nasional. "Jiwa blogger boleh mati, aktivitas blogger boleh berhenti, namun blog-nya sendiri tak pernah mati". Inilah sepenggal kalimat yang mungkin dapat direnungkan secara lebih mendalam oleh kalangan blogger yang secara kuantitas telah mulai menurun saat ini.

Mengelola sebuah blog memang tidak mudah, selain harus berusaha untuk selalu menyediakan konten-konten yang aktual dan fresh, juga harus selalu memperhatikan perkembangan blog dalam bersaing dengan situs-situs lainnya, terutama yang sejenis (atau katakanlah memiliki sebuah thema yang sama). Bersaing dengan situs-situs tersebut memanglah tidak mudah, terutama dalam upaya merebut ranking pertama dalam daftar pencarian sebuah situs berdasarkan keyword tertentu. Hal ini tentu saja membutuhkan kesabaran serta kejelian tersendiri bagi para "blog kreatornya". Urutan peringkat pencarian pada sebuah browser memang menentukan perkembangan blog tersebut di masa-masa mendatang terutama berkaitan dengan kuantitas visitor blog.

Enda Nasution yang dikenal sebagai Bapak Blogger Indonesia pun mengakui terjadinya hal tersebut (meredupnya konten kreator). Kepopuleran media sosial seperti Facebook dan Path, diakui Enda, sebagai salah satu alasan meredupnya era menulis di blog. 

Bilamana kita concern dengan sebuah kreativitas dalam membuat sebuah tulisan, seharusnya semangat blogger yang telah mulai meredup ini tidaklah perlu terjadi. Membuat sebuah tulisan yang berkualitas dan benar-benar baru memang membutuhkan keahlian tersendiri, namun sepertinya tidak banyak konten kreator yang memiliki kemampuan seperti ini. Rata-rata mereka ingin sebuah "jalan pintas" untuk menjadi terkenal. Akhirnya, mereka pun beralih dengan memanfaatkan fasilitas-fasilitas alternatif lainnya (selain sebuah blog tentunya). Di tempat itulah mereka menemukan berbagai kemudahan-kemudahan tertentu yang membuat mereka untuk tidak terlalu keras dalam berusaha meraih perkembangan blog miliknya. Padahal dalam konteks ini mereka telah melupakan sebuah hal yaitu berkaitan dengan "kepemilikan" sebuah situs. Mereka tidak mungkin mengatur situs-situs tersebut seperti apa yang diinginkannya. Hal ini tentu saja berbeda dengan kepemilikan sebuah blog, yang tentu saja mudah disesuaikan dengan keinginan kita. Dalam hal ini dapatlah dikatakan bahwa sebuah blog merupakan cerminan pribadi pemiliknya secara utuh.

Jiwa blogger boleh mati, aktivitas blogger boleh berhenti, namun blog-nya sendiri tak pernah mati.

Enter your email address to get update from Info Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan meninggalkan komentar yang sesuai dengan artikel di atas, komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini di masa-masa mendatang.
Mohon jangan melakukan spam, atau promosi produk atau apapun yang tergolong hal-hal negatif
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.

Copyright © 2015. Info Blog 97 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger