logo blog
Selamat Datang Di Info Blog
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Info Blog ini,
Semoga apa yang Info Blog share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Kiat Sukses Menjadi Penulis Lepas OnLine

Info Blog. Profesi Penulis Lepas OnLine belum banyak ditekuni sebagai sebuah profesi yang menghasilkan pundi-pundi rupiah. Padahal profesi Penulis Lepas Online ini sangat-sangat menjanjikan keuntungan materiil, terutama bagi anda yang suka dengan dunia tulis menulis serta memiliki kemampuan tata bahasa yang lumayan bagus. Dari pada hanya sekedar menulis status yang tidak terlalu penting di berbagai media sosial semacam Facebook dan Twitter, kenapa kita tidak mencoba peruntungan di dunia Penulis Lepas OnLine yang lebih menjanjikan pundi-pundi rupiah ? Rasanya profesi tersebut merupakan sebuah pilihan yang bijak di era persaingan yang sedemikian ketatnya saat ini.

Info Blog, Penulis Lepas OnLine

Pada dasarnya untuk menjadi seorang Penulis Lepas OnLine ini tidak memerlukan keahlian tertentu, cukup anda memahami tata bahasa dengan kosa kata yang lumayan banyak (dan hal itu semua dapat dipelajari dari dunia internet). Di samping itu anda harus mampu menyampaikan ide-ide original anda lewat sebuah tulisan, yang tentu saja dalam hal ini bukan berupa sebuah tulisan yang pendek. Tulisan tersebut harus mewakili ide-ide kreatif anda dan bukan mewakili anda secara pribadi.

Berikut ini akan penulis sampaikan beberapa tips untuk dapat meraih sukses menjadi seorang Penulis Lepas OnLine, sebagai berikut  :

1. Jangan mudah menyerah
Ketika anda mengirimkan sebuah artikel atau tulisan, jangan ber-ekspektasi terlalu besar. Jika beruntung, anda akan mendapatkan redaksi yang baik yang akan memberimu upah besar atau sesuai dengan kesepakatan. Tapi bila tidak diberi sepeserpun, jangan mudah menyerah. Anda hanya perlu meningkatkan aspek kualitas menulis. Berusahalah lebih keras lagi untuk mendapatkan redaksi yang pas untukmu.

Tidak semua orang bisa menjadi seorang Penulis Lepas OnLine. Tetapi semua orang bisa menjadi penulis (meskipun dengan tata bahasa yang asal-asalan). Hanyalah kegigihan yang bisa membawa anda menjadi seorang Penulis Lepas OnLine yang handal dan bisa dikenal di luar sana. Jangan mudah menyerah pada keadaan, anda sudah pasti lebih kuat dari apa yang anda kira.

2. Tulis artikel yang menyenangkan
Sebuah artikel yang bagus memang harus menyenangkan. Artikel yang sudah basi dan membosankan siapa yang akan membaca? Buatlah artikel dengan bahasamu sendiri agar orang lain bisa menikmatinya tanpa merasa kantuk. Akan lebih bagus lagi jika anda mampu membuat artikel yang seru seperti tips-tips menjadi seorang remaja atau artikel mengenai pengalaman travelling dan lain-lain.

3. Butuh setengah hari untuk menyeleksi redaksi yang dipilih
Ketika mencoba melamar menjadi seorang Penulis Lepas OnLine, maka anda akan mengirimkan tulisanmu tersebut untuk dipergunakan sebagai bahan penilaian.  Anda bisa melakukan menyelidikan terhadap redaksi yang menerima tulisan anda tersebut.

Bisa dengan membaca testimony ataupun artikel-artikel yang telah mereka terbitkan. Ketika sudah mendapatkan yang dirasa cocok, anda bisa bergabung dengan redaksi tersebut serta membuat kontrak perjanjian untuk selanjutnya membicaraan tentang kontribusi yang akan mereka berikan untuk sebuah artikelmu. 

4. Mulailah dengan Blog
Ketika menjadi seorang blogger, secara tidak sengaja anda telah mendaftarkan diri menjadi seorang Penulis Lepas OnLine. Di dalam sebuah blog anda bisa menulis apapun yang diinginkan. Entah tentang bobroknya birokrasi pendidikan yang ada di Indonesia, atau tentang pengalaman kehidupan anda sendiri.

Tetapi ingat, ketika anda mempostingkan sebuah tulisan ke dalam sebuah blog, akan ada jutaan mata yang membacanya. Tak terkecuali seorang editor yang bisa jadi akan menjadi rekan kerjamu kelak ketika menjadi seorang Penulis Lepas OnLine.

Maka hati-hatilah ketika menulis artikel yang akan dibaca oleh jutaan pasang mata di luar sana yang anda sendiri tidak tahu siapa mereka.

5. Artikel harus mewakili sudut pandangmu, bukan pribadi kamu
Ketika menceritakan tentang kehidupanmu atau tentang orang lain, tidak harus terdengar seperti benar-benar bahwa itu adalah murni dari pendapatmu sendiri. Atau ketika menuliskan artikel tentang berita di sekolahmu. Anda harus juga menyertakan fakta-fakta otentik di dalam artikel tersebut. Anda tidak bisa sepenuhnya menggunakan pendapat pribadimu untuk sebuah artikel. Tetapi anda juga bisa berpendapat meskipun tidak terlalu dominan atau mendominasi keseluruhan isi artikel tersebut.

6. Tulis lebih dari 5 artikel di awal
Untuk menguji atau menganalisa apakah anda bisa menjadi seorang Penulis Lepas OnLine, anda perlu menguji dirimu sendiri dengan menuliskan 5 artikel atau lebih yang berbeda sebagai langkah awal. Banyak yang bisa ditulis dan dituangkan ke dalam 5 artikel tersebut. Tentang sekolah, bisnis, politik, gaya hidup, atau apapun yang bisa anda tulis.

Catat juga berapa lama waktu yang anda perlukan untuk membuat sebuah artikel atau kelima artikel tersebut dalam sehari. Ini sangat penting bagimu karena sebagian besar Penulis Lepas OnLine memiliki target waktu yang telah ditentukan. Lebih banyak artikel lebih bagus, dengan catatan memiliki topik yang berbeda di tiap artikelnya.

7. Jangan terlalu terbawa dengan komentar mereka
Ketika mempublikasikan tulisanmu, anda pasti akan menerima banyak komentar. Entah itu saran, pujian ataupun kritikan. Terkadang ketika ada yang memberimu sebuah pujian, mendadak kepalamu menjadi besar dan helm yang biasa anda pakaipun bisa menjadi sesak. Jangan terlalu bangga dengan sebuah pujian. Cukup berterimakasih dan buat lagi tulisan itu menjadi lebih baik.

Tapi ingat juga, ketika menerima sebuah kritikan, anda jangan langsung merasa rendah. Karena kritikan itulah yang sesungguhnya membawamu ke pintu gerbang keberhasilan. Temukan titik kelemahanmu, dan buat menjadi sebuah kesempurnaan.

Anda bisa belajar dari sebuah komentar yang entah itu membuatmu melambung atau terjatuh. Yang terpenting adalah harus bisa mengontrol emosimu ketika mendengar komentar-komentar yang anda sendiri mungkin tidak mampu untuk menampungnya. Jangan dijadikan sebuah beban, tetapi jadikan sebuah lecutan agar menjadi lebih baik lagi (sebuah motivasi tepatnya). Menulis harus dengan hati. Bila hatimu goyah, apa yang akan anda tulis?

8. Minta pendapat dari teman dan atau keluarga
Ketika selesai menuliskan sebuah artikel, coba tanyakan apa pendapat teman dan keluargamu. Mereka adalah orang-orang terdekatmu yang mengetahui secara pasti kekurangan dan kelebihanmu. Mereka akan menilai secara jujur apa yang mereka rasakan ketika mereka membaca artikelmu.

Mereka adalah pembaca pertamamu sebelum kamu mempublikasikan tulisanmu, jika tidak ingin menuai banyak kritikan karena tulisanmu. Mereka bisa mengoreksi tulisanmu yang dirasa tidak pas dengan thema artikel yang dibahas dalam artikel anda tersebut.

9. Sering lakukan penelitian
Anda bisa melakukan banyak hal bukan. Dalam waktu 30 menit saja, bisa mendapatkan pengalaman-pengalaman baru yang bisa saja anda belum pernah dapatkan. Anda bisa meneliti apa saja yang ada di sekitarmu dan bisa menjadi sebuah tulisan yang bermanfaat karena penelitianmu itu. Bagikan kepada orang lain dan anda akan mendapatkan bonus lebih karena penemuanmu itu.

10. Selalu berusaha untuk menemukan gairah baru dalam menulis
Menulis sebuah artikel memerlukan sebuah konsentrasi tentang thema yang menjadi pokok bahasan. Bilamana kita kehilangan gairah untuk menulis, sering kali otak kita juga tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Hasil akhirnya, tulisan tersebut akan menjalar kesana kemari tanpa ujung-pangkal yang jelas. Gairah untuk menulis (menuangkan pikiran dalam sebuah tulisan) hendaknya selalu kita upayakan untuk tetap terjaga dengan baik. Dalam hal ini anda dapat berhenti untuk menulis bilamana dirasakan tidak terlalu bergairah untuk melakukannya.

Demikianlah sekelumit uraian tentang Kiat Sukses Menjadi Penulis Lepas OnLine, semoga dapat memberikan manfaat bagi anda semua yang ingin menekuni dunia tulis-menulis online.

Enter your email address to get update from Info Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan meninggalkan komentar yang sesuai dengan artikel di atas, komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini di masa-masa mendatang.
Mohon jangan melakukan spam, atau promosi produk atau apapun yang tergolong hal-hal negatif
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.

Copyright © 2015. Info Blog 97 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger