logo blog
Selamat Datang Di Info Blog
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Info Blog ini,
Semoga apa yang Info Blog share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Pemetaan SEO untuk meningkatkan ranking blog

Info Blog, seo logoInfo Blog kali ini ingin berbagi ilmu SEO tentang pemetaan trik-trik SEO yang berpengaruh terhadap ranking sebuah situs atau blog berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh SEOmoz. Pemetaan SEO ini menjadi penting agar upaya kita (sebagai pemilik blog) menjadi lebih terarah, utamanya dalam usaha menaikkan peringkat situs atau blog di mata Google yang hingga saat ini masih menjadi raja search engine dunia.

Berbicara tentang ilmu SEO tidak akan pernah ada habis-habisnya bahkan ada kesan merupakan sebuah "hal yang rumit" atau sulit diprediksi tingkat akurasinya. Namun dalam artikel ini penulis ingin berbagi sekedar untuk menambah pengetahuan tentang faktor-faktor atau trik-trik SEO apa saja yang mampu untuk menaikkan peringkat sebuah situs atau blog di mata Google search engine. Adapun faktor-faktor tersebut adalah sebagai berikut  :

Social graph metrics 5.30%
Perkembangan jejaring sosial dewasa ini memang hampir tak terbendung, dengan demikian peluang kita untuk promosi dan mendapatkan rekomendasi dari jejaring sosial semakin besar. SEOmoz telah memetakan pengaruh jejaring sosial terhadap ranking kita dengan nilai 5.30%. Berdasarkan nilai tersebut hendaknya kita perlu untuk meningkatkan promosi di jejaring sosial dalam rangka menaikkan ranking situs atau blog kita di Google. Tentu jalan satu-satunya adalah rajin-rajin sharing konten Anda di jejaring sosial. Semakin banyak akan semakin baik.

Trafic + CTR  6.29%
Banyak yang berpikir bahwa lalu lintas pengunjung adalah hal yang paling dominan untuk mempengaruhi ranking di Google. Tetapi hal ini dibantah oleh SEOmoz dan ternyata pengaruhnya hanya 6.29% dari total 100%. Untuk mendapatkan lalu lintas pengunjung yang banyak  tidak bisa didapat dengan instant, Anda perlu membangun jaringan yang luas, strategi SEO yang bagus dan kejarlah keyword-keyword tertentu yang banyak pencarinya.

Registration + Hosting  6.91 %
Carilah hosting yang terpercaya, termasuk urusan keamanan harusnya jadi priotias utama. Anda tentunya tidak mau web/blog Anda disusupi malware, trojan dan sejenisnya. Untuk menambah kepercayaan terhadap pembaca maka lengkapilah form registrasi saat membeli hosting dan biarkan orang lain bisa melihatnya. Jangan rahasiakan datanya.

On page Keyword Usage 15.04%
Yang termasuk dalam optimisasi On page adalah format penulisan h1 utk judul, h2 sub judul. Selayaknya aturan penulisan pada umumnya dimana judul di tulisan dengan heading 1 dan sub judul heading 2. Hal ini bukan saja memudahkan robot Google untuk mengenali format artikel Anda, tapi juga memudahkan pembaca dalam membacanya.

On Page SEO sangat berpengaruh terhadap besarnya hasil pencarian organik, apalagi dengan pemanfaatan teknologi semantic, mesin pencari sudah sangat cerdas untuk menganalisa dan mengindex artikel Anda.

Anchor text of external Link to the page 20.26%
Anchor text boleh juga disebut sebagai judul link/label link. Anchor text adalah teks yang nampak dan digunakan sebagai hyperlink. Biasanya ditandai dengan tulisan berwarna biru yang apabila di-klik akan membuka halaman sebuah website. Peranan Anchor text sampai ke level 20.26% untuk mendongkrak ranking Anda di mesin pencari Google. Jadi, jangan pernah sepelekan hal ini.

Link popularity of the specific page 22.33 %
Mempunyai banyak backlink memang sangat menguntungkan buat blog Anda. Tapi kualitas web yang mengarahkan linknya ke kita harus bagus. Misalkan blog dengan page rank 5 di Google mengarahkan sebuah link ke kita, tentu ini akan lebih baik daripada blog dengan page rank 0 yang mengarahkan linknya ke kita dan pengaruhnya pun sangat tinggi sampai 22,33%.

Trust/Authority of the host domain 23.87 %
Belilah domain di vendor yang ternama, seperti namecheap, godaddy dan sejenisnya. Hindari membeli domain yang dulunya dipakai untuk hal yang tidak baik, dan untuk menghindari hal ini adalah dengan membeli domain yang baru, jangan tertarik dengan domain lama tapi telah digunakan untuk tindakan yang tidak disukai oleh manusia dan robot Google.

Kesimpulan

Berdasarkan uraian tersebut di atas, maka berikut ini adalah urut-urutan trik-trik SEO yang dapat kita manfaatkan berdasarkan nilai prosentase manfaatnya untuk menaikkan ranking sebuah situs atau blog, sebagai berikut :

  1. Pemakaian Hosting yang terpercaya.
  2. Memaksimalkan Link Popularity
  3. Sedapat mungkin memperoleh Anchor text of external Link
  4. Mempergunakan On page Keyword
  5. Gunakan Registration + Hosting
  6. Mencari Trafic + CTR
  7. Memperbanyak penggunaan Media Sosial
Catatan : 7 Hal tersebut di atas diulas berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan tim dari SEOmoz. Jika Anda mempunyai saran atau hasil yang berbeda dari apa yang saya ulas di atas adalah merupakan sebuah bukti bahwa ilmu SEO memang tidak ada habisnya untuk didalami.

Sekian uraian saya, semoga bermanfaat.


http://bloggingblog67.blogspot.com/2015/05/blogging-blog-pengaruh-pemetaan-seo.html
Enter your email address to get update from Info Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

3 komentar

Domain yang terpercaya sepertinya memegang peranan yang penting untuk menaikkan ranking sebuah blog, trims atas informasinya.

Balas

Nice info, very-very bermanfaat buat newbie

Balas

Banyak sekali blogger pemula yang mencoba cara instan untuk meningkatkan blog mereka, padahal segala sesuatunya butuh proses, menurut saya Konten yang unik dan berkualitas adalah yang paling dominan untuk meningkatkan rangking blog.

Terima kasih admin untuk sharing pengetahuannya.
sebagai referensi untuk pemula saya juga menulis 7 Tips menulis Konten yang baik untuk blog.

http://gratisko.blogspot.com/2015/08/7-tips-jitu-menulis-konten-yang-baik.html


Balas

Silahkan meninggalkan komentar yang sesuai dengan artikel di atas, komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini di masa-masa mendatang.
Mohon jangan melakukan spam, atau promosi produk atau apapun yang tergolong hal-hal negatif
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.

Copyright © 2015. Info Blog 97 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger