logo blog
Selamat Datang Di Info Blog
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Info Blog ini,
Semoga apa yang Info Blog share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Blogwalking menarik minat Pengunjung Blog

Info Blog, blogwalking bannerInfo Blog. Blogwalking menarik minat Pengunjung Blog ini akan membuka tabir rahasia manfaat atau kegunaan aktivitas blogwalking di dunia maya, yang tujuan utamanya adalah untuk menarik minat pengunjung blog agar dapat menghasilkan traffik blog yang bagus. Diakui ataupun tidak, aktivitas blogwalking ini pada dasarnya merupakan suatu pola tindakan kreatif untuk mengembangkan popularitas blog di tengah terpaan persaingan milyaran blog yang ada dan telah eksis di dunia maya (internet).

Bagaimana tren Blogwalking 2015 ?

Saya coba Googling menggunakan kata kunci "Blogwalking 2015" pada pencarian halaman mbah Google, yang muncul kebanyakan para teman - teman blogger Blogger Malaysia dari hasil sekitar 570.000 items ........., ada apa dengan para Blogger Indonesia ? Apakah di tahun 2015 ini trend blogwalking sudah tidak diminati atau sudah dianggap tidak bermanfaat untuk meningkatkan pengunjung blog khususnya bagi teman-teman Blogger Indonesia ? Atau apakah pengaruh artikel yang pernah saya baca yang mengatakan bahwa backlink blog sudah diabaikan oleh Google, akan tetapi jika backlink diabaikan kenapa masih banyak jasa penyedia backlink ?

Meski demikian untuk meningkatkan kembali tren Blogwalking pada 2015 saya buat tulisan mengenai blogwalking untuk menampung dan memperkenalkan blog atau website teman-teman sekalian, dan juga sebagai media untuk berbagi dan berinteraksi satu sama lain, bagi teman - teman blogwalking mania silahkan berkomentar jika ada blog-blog yang menarik boleh juga direkomendasikan di sini, atau jika ingin menambahkan link blog/web sahabat.

Apa Manfaat dan Keuntungan Blogwalking ?

Jangan pernah berpikir bahwa blogwalking hanya akan menguntungkan bagi blog yang Anda kunjungi, pemikiran seperti ini salah. Anda tentu akan mendapatkan banyak manfaat dari aktivitas blogwalking ini, yang juga berguna untuk blog Anda sendiri. Selain itu, blogwalking adalah merupakan salah satu upaya SEO yang dapat Anda lakukan untuk blog Anda. Berikut adalah manfaat dari aktivitas blogwalking untuk membangun blog Anda :

1. Mendapatkan Pengetahuan dan Informasi Baru
Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, dalam aktivitas blogwalking, Anda tidak hanya untuk berkunjung tetapi bacalah konten-konten menarik dari blog tersebut. Dengan ini tentu Anda akan mendapatkan pengetahuan dan informasi baru yang mungkin Anda baru mendapatkannya. Dan tentu tidak ada salahnya juga jika Anda juga turut berlangganan konten ke blog-blog lain.

2. Memunculkan Inspirasi Baru
Perlu Anda ketahui, inspirasi terkadang tidak hanya datang dari pikiran Anda saja, Anda tentu perlu membuka pikiran dengan membaca baik di buku maupun di konten blog lain. Nah, setelah Anda mendapatkan informasi baru, Anda juga akan mendapatkan inspirasi baru untuk menulis konten selanjutnya di blog Anda. Bahkan saya sendiri pun sering mendapatkan inspirasi baru setelah membaca konten di blog lain, Saya kira blogger lain pun juga demikian.

Tetapi ingat, jangan pernah copy paste konten dari blog lain, ini memang cara instant untuk menulis tetapi sangat beresiko. Tulislah informasi yang Anda dapatkan dengan bahasa Anda sendiri, dan terbitkan konten baru di blog Anda. Bila perlu, cantumkan sumber dari informasi yang Anda dapatkan dalam tulisan Anda.

3. Mempertajam Gaya Tulisan
Selain untuk menggoreskan sejuta cerita perjalanan. Blog juga digunakan sebagai ‘alat mengasah’ kemampuan menulis. Seorang Travel Blogger pastilah ingin suatu saat nanti tulisannya dimuat di media cetak. Syukur syukur, ada editor menclok ke blog kita dan tertarik mengajak kita menulis buku.

Nah, efek positif membaca tulisan blogger lain, kita bisa melihat bagaimana suatu cerita disajikan dalam tulisan. Oh, tulisannya datar. Wew, tulisannya terlalu lebay bin alay. Lo, ceritanya kok loncat loncat. Ih, ini kalimat maksudnya apa?. Ngantuk, terlalu bertele tele dan mbulet. Ini apaan sih, mau cerita apa curhat. Del el el. Kalau tulisan Blogger lain dirasa “kurang menarik” dalam hal ini tulisan dalam tahapan mberangkang. Bisa menjadi koreksi dan pembalajaran bagi diri kita sendiri untuk menulis lebih baik dan menarik.

Begitu pula jika kita menemukan blog dengan gaya tulisan yang asyik  dan bikin betah membacanya hingga akhir. Darinya, kita belajar menyajikan alur suatu cerita. Menyelipkan kejadian lucu dalam tulisan tanpa terlihat Alay bin lebay.  Memasukkan cerita sial atau cerita yang bikin naik pitam tanpa menghujat. Lebih keren lagi jika kita menyisipkan sudut pandang kita. Dan mengambil makna dalam setiap perjalanan.  Menjadikan cerita perjalanan memilik ruh yang hidup. 

Jangan pernah meniru gaya tulisan orang lain. Setiap orang memiliki gaya tulisan masing masing. Sama dengan sebuah perjalanan. Berkelana ke blog lain untuk menemukan gaya tulisan kita sendiri. Jangan takut dihujat atau ditertawakan. Pada dasarnya setiap orang akan melalui sebuah proses belajar.

4. Menambah Koneksi
Koneksi sangatlah penting, bukan hanya dalam usaha berbisnis tetapi juga dalam hal aktivitas blogging. Dengan blogwalking, berarti Anda sudah menambah koneksi blog Anda dengan blog yang Anda kunjungi. Semakin banyak Anda mendapatkan koneksi tentu semakin banyak pula peluang mendatangkan pengunjung.

5. Memperoleh Hal Yang Dibutuhkan Pengunjung
Kunjungilah blog-blog yang sukses, lalu pelajari bagaimana blog tersebut bisa sukses. Di sana, Anda akan mendapatkan banyak hal yang dibutuhkan pengunjung, baik dari konten, keywords, optimasi blog, dan lain-lainnya. Tentu saja Anda juga akan mendapatkan banyak tips dan saran di sana, lalu terapkan pada blog Anda.

6. Mendapatkan Backlink
Blogwalking dengan meninggalkan komentar pada artikel-artikel yang berthema sama menghasilkan backlink yang dapat Anda upayakan secara maksimal. Anda bisa bertukar link dengan pemilik blog tersebut atau Anda bisa menambahkan nama dan URL blog Anda sebagai profil pemberi komentar di beberapa blog.

Tetapi, di sebagian blog, Anda hanya diizinkan menggunakan profil Google + untuk memberikan komentar (seperti dalam Info Blog ini). Meskipun dengan profil Google +, itu tetap saja merupakan backlink karena pengunjung lain juga akan menemukan konten-konten Anda pada Google + setelah anda sharing.

7. Promosi Blog
Blogwalking juga sangat identik dengan backlink dan promosi blog dengan pola meninggalkan komentar. Tinggalkan komentar yang ramah dalam blog tersebut, pemilik blog yang baik akan berusaha untuk berkunjung balik ke blog Anda.

Meskipun pemilik blog tidak mengunjungi balik, tetapi terkadang pengunjung lain pun melihat komentar Anda dan mengunjungi blog Anda. Namun usahakan agar Anda tidak menempelkan link blog Anda (secara langsung) saat memberi komentar karena beberapa blogger sangat sensitif terhadap link aktif pada kotak komentar dan akan menghapusnya.

8. Membangun dan Meningkatkan Perkembangan Blog di Seacrh Engine
Perlu Anda ketahui juga bahwa SEO bukan hanya terkait dengan optimasi pada internal blog belaka. Tetapi segala upaya Anda untuk meningkatkan dan mengoptimalkannya di Search Engine adalah SEO, termasuk blogwalking. Point satu sampai tujuh di atas adalah upaya SEO yang bisa meningkatkan perkembangan blog Anda di Search Engine dan untuk meningkatkan jumlah pengunjung.

9. Melangsingkan Alexarank
Sudah bukan menjadi rahasia umum di dunia blogging kalau blogwalking merupakan salah satu cara untuk merampingkan Alexa. Disana kita meninggalkan  komen yang secara otomatis kasih Backlink ke blog kita. Semakin banyak blogwalking semakin  menambah trafik blog. Dalam hal ini kunjungan balik dari blog yang kita ‘titipi‘ komen. Semakin banyak pengunjung semakin langsing Alexa dan otomatis menggemukkan domain authority kita.

10. Mendapatkan Pengunjung tertarget.
Dengan melakukan tehnik blogwalking, maka anda berpotensi untuk mendapatkan pengunjung blog yang tertarget. Hal ini tentu saja membedakan dengan proses sharing artikel, dimana anda tidak dapat menargetkan para pengunjung anda, alias bersifat random visitor. Pengunjung yang tertarget pada dasarnya adalah merupakan pengunjung organik yang sangat bermanfaat bagi perkembangan blog kita di masa-masa mendatang.

Bagaimana cara blogwalking yang baik ?

Blogwalking juga mempunyai tatacara, tidak asal datang dan menitipkan link saja. mari kita simak cara blogwalking yang baik.

1. Komentar dengan kata-kata yang baik dan sesuai dengan thema artikel, jika anda melanggar peraturan ini maka komentar anda akan dianggap Spam dan akan dihapus oleh pemilik Blog tersebut.

2. Komentarlah di blog yang sesuai dengan niche blog kita, misalkan kita mempunyai blog niche : Android, silahkan cari blog dengan niche Android dan berkomentar lah dengan baik.

3. Gunakan mode URL/Name dan OpenID adalah mode yang sangat baik, mengingat dari situlah backlink blog akan berasal.

4. Usahakan komentar di blog yang mempunyai Page Rank atau di peringkat Alexa yang kecil karena itu akan membantu menaikan trafik anda.

Demikianlah uraian penulis tentang blogwalking menarik minat Pengunjung Blog, semoga bermanfaat.

Enter your email address to get update from Info Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

7 komentar

mantaf bro, salam kenal dari www.khoirulanwar.com

Balas

Salam kenal kembali dariku ..., sering-sering main ke sini yah .... ??

Balas

Eh, nomer tiga itu copy paste dari blog ku. GPP, etapi dikasih backlink lah biar ikutan kece, hehehe Salam kenal ya....

Balas

Eh ... masa iya sih mbak ... okelah ntar aku kasih backlink ......

Balas

Nah saat ini aku sedang dalam proses blogwalking, selain mencari backlink sekaligus mencuri start untuk mendapatkan fasilitas review blog ...., semoga aku bisa mendapatkannya. Salam Blogger mania .............

Balas

mantap. terima kasih sudah berbagi pengalaman tentang blogwalking yang menarik minat pengunjung pada blog kita.

Balas

Masih ada yang nyoba spam nih .....

Balas

Silahkan meninggalkan komentar yang sesuai dengan artikel di atas, komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini di masa-masa mendatang.
Mohon jangan melakukan spam, atau promosi produk atau apapun yang tergolong hal-hal negatif
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.

Copyright © 2015. Info Blog 97 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger