logo blog
Selamat Datang Di Info Blog
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Info Blog ini,
Semoga apa yang Info Blog share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Info Blog, Peringkat Blog Merosot Tajam ??

Info Blog, blogger tanyaInfo Blog. Berbicara tentang peringkat Blog yang merosot tajam sebenarnya sering kali atau pernah dialami oleh semua blogger, terutama blogger-blogger pemula semacam saya ini. Blog ini beberapa waktu yang lalu telah berhasil menempati halaman 3 pada hasil SERP, namun saat artikel ini ditulis peringkatnya melorot jauh sampai ke halaman 6 pada hasil SERP. Hal inilah yang mendorong penulis untuk mencari tahu apa penyebabnya, serta berusaha menuliskannya pada artikel ini.

Memang blog ini masih terbilang baru, bahkan masih sangat muda dan berumur sekitar 3 bulanan, sehingga secara otomatis belum menjadi sasaran untuk dilirik oleh Google search engine, dan tentu saja belum menjadi tujuan utama para pencari informasi, khususnya yang berkaitan dengan informasi dunia blogging (sebagaimana yang menjadi thema utama blog ini). Hal ini dapat terbukti pada hasil peringkat Alexa yang masih berkisar pada angka 5 jutaan.

Salah satu faktor utama menurunnya peringkat blog pada hasil pencarian (atau SERP) adalah berkaitan dengan jumlah kunjungan atau visitor blog yang datang. Menurunnya jumlah kunjungan ini dapat disebabkan oleh beberapa hal berikut ini  :

1. Terlalu sering mengganti Template blog.
Mengganti template blog dengan frekwensi yang terlalu sering secara otomatis akan berpengaruh kepada proses crawling spider search engine yang harus selalu mengulang-ulang proses crawling (indexing) blog. Sebenarnya tidak menjadi masalah untuk mengganti template blog, tetapi hal yang sering di lupakan adalah mendaftarkan ulang peta situs (sitemap) ke Google webmaster, hal ini sangatlah penting sekali, agar robot Google segera meng-crawl template baru anda, agar cepat terindex kembali.

2. Banyak kesalahan atau eror di google webmaster tools.
Periksa secara berkala di halaman/dashboard google webmaster tools, apakah banyak terjadi error (kesalahan), seperti structured data (missing author, missing update), HTML Improvements (Duplicate meta descriptions, Duplicate title tags), Crawl errors (Page not found/error 404), Security Issues (Malware di browser).

3. Sering update artikel,tetapi artikel lama (atau telah banyak dibahas di internet).
Google (sebagai salah satu search engine yang berpengaruh) sangat menyukai konten atau postingan yang fresh, baru serta informatif, hal ini berdasarkan pengalaman saya saja, trafik pengunjung blog anda tidak akan naik jika anda hanya memposting artikel yang sudah banyak di bahas orang, apalagi dengan kata kunci artikel tersebut yang sudah padat. Hanya buang-buang waktu saja. Untuk mencapai halaman pertama pada 10 besar Google SERP juga akan sulit, karena artikel semacam itu sudah berjubel. Nah untuk itu diperlukan sebuah inovasi baru, sehingga meskipun artikel-artikel tersebut tergolong artikel lama, namun bilamana dibahas dengan mempergunakan pola bahasa dan bahasan yang baru, maka hasilnya akan lain.

4. Penerapan pola SEO yang salah.
Untuk hal ini saya tidak bisa menjelaskan secara lebih detail, sebab saya sendiri bukan seorang yang ahli SEO. Banyak pelajaraan SEO yang anda bisa terapkan untuk blog anda, selama ini saya hanya melakukan optimasi SEO on Page dan SEO offpage seperlunya saja dan tidak terlalu berlebihan.

Baca juga artikel ini : Pemetaan SEO untuk meningkatkan ranking blog.

5. Jarang update artikel
Yang ini termasuk salah satu penyakit blogger kambuhan,obatnya ada pada diri anda sendiri. Memang untuk menjadi seorang blogger yang sejati diperlukan sikap disiplin dan konsisten terutama dalam hal update artikel, minimal satu minggu satu artikel fresh dan berkualitas (dalam hal ini saya sendiri belum mampu untuk melaksanakannya, dan terkadang masih membaca artikel-artikel blog lain kemudian menuliskannya dengan gaya bahasa saya sendiri).

6. Banyak mengandung link spam
Terdapat banyak link yang mengarah keluar dari blog anda dan menuju ke situs lain, terkadang Google tidak begitu suka terhadap link blog atau website tersebut, karena bukan merupakan situs yang terpercaya, buatlah link keluar hanya kepada situs-situs atau mitra Google saja demi keamanan blog anda di mata search engine.

7. Banyak mengandung komentar spam
Jangan bangga dengan banyaknya jumlah komentar pada blog anda yang menautkan link secara sembarangan, ini salah satu faktor yang menjadi penyebab menurunnya jumlah pengunjung blog atau website, sekali lagi Google sangat tidak menyukai praktek-praktek spam, bilamana dirasa perlu buatlah moderasi kotak komentar anda untuk mengatasi hal ini.

8. Penerapan keyword stuffing
Menuliskan kata kunci yang berulang-ulang dan meletakkan dalam beberapa kalimat postingan tanpa di imbangi kosa kata lain yang relevan akan di anggap spam oleh Google, hal ini memiliki resiko terburuk adalah artikel anda akan mengalami proses de-index (tidak terindex oleh Google), hal ini berlaku juga untuk penerapan blackhat SEO lainnya.

9. Jumlah backlink yang banyak dalam waktu yang singkat
Hati-hati dalam mencari backlink, apalagi backlink otomatis atau didapatkan dengan cara membeli backlink yang banyak tersedia di dunia internet, sebaiknya mencari backlink dari situs-situs  yang telah berumur dan berkualitas. Atau, bilamana mungkin carilah backlink-backlink yang langsung berasal dari pihak Google, semacam Google Plus, Google Plus Community dan lain-lain.

10. Blog kurang melakukan tindakan-tindakan promosi
Faktor lain adalah berkaitan dengan masalah promosi blog anda, baik secara online maupun offline, hal ini tidak perlu saya jelaskan lagi, banyak cara untuk mempromosikan blog ada, mulai dari mendaftar ke blog directori, social media maupun forum-forum yang se-Niche dengan blog anda.

11. Update algoritma Google
Pengunjung bisa saja turun secara drastis ketika Google melakukan update algoritma terbaru, hal ini wajar dan bisa terjadi pada situs atau web yang besar sekalipun, perubahan ini biasanya mempunyai dampak terhadap artikel di mesin pencarian, posisi SERP dan rangking blog secara global.

Baca juga : Kiat-kiat Sukses Promosi Blog Gratisan


Demikianlah uraian tentang hal-hal yang dapat menjadi penyebab turunnya jumlah visitor atau pengunjung blog yang secara otomatis akan berpengaruh terhadap peringkat blog tersebut pada hasil pencarian (SERP).

Bilamana ada di antara teman-teman yang ingin menambahkan, silahkan kita diskusikan bersama pada kolom komentar di bawah ini.

Enter your email address to get update from Info Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan meninggalkan komentar yang sesuai dengan artikel di atas, komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini di masa-masa mendatang.
Mohon jangan melakukan spam, atau promosi produk atau apapun yang tergolong hal-hal negatif
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.

Copyright © 2015. Info Blog 97 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger