logo blog
Selamat Datang Di Info Blog
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Info Blog ini,
Semoga apa yang Info Blog share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Info Blog, tentang Strategi Content Marketing

Info Blog. Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa pola-pola atau tehnik-tehnik pemasaran tradisional itu sudah tidak efektif lagi saat ini. Iklan yang muncul di TV tinggal di skip oleh penonton dengan mudahnya, begitu juga kejadian yang sama terjadi di majalah-majalah dan bahkan para pengguna internet seudah semakin mahir dalam hal mendapatkan informasi-informasi online tanpa harus terganggu dengan mengurusi banner-banner iklan ataupun jebakan-jebakan link-link dan button-button yang menuju ke sebuah iklan.

Tenaga Pemasaran yang pandai pasti mengerti bahwa pola-pola dan strategi pemasaran tradisional itu sudah tidak efektif lagi untuk dipergunakan, dan harus segera ditemukan cara-cara lain yang lebih baik. Dan saat ini muncullah apa yang disebut dengan "Content Marketing".

Apakah Content Marketing tersebut  ??

Content marketing adalah pendekatan strategi pemasaran yang difokuskan pada pembuatan dan pendistribusian konten yang bernilai, relevan dan konsisten agar bisa menarik dan mempertahankan audiens yang sudah ditetapkan secara jelas, dan secara keseluruhan untuk mendorong tindakan pelanggan yang bisa menghasilkan keuntungan.

Penggunaan strategi content marketing itu memiliki tujuan untuk menarik dan mempertahankan pelanggan dengan cara-cara yang konsisten, membuat dan mendistribusikan konten-konten bernilai dan relevan dengan maksud mengubah atau memperbaiki perilaku konsumen. Ini adalah proses yang berkelanjutan yang terbaik diintegrasikan ke dalam strategi pemasaran Anda secara keseluruhan, dan berfokus pada memiliki media bukan menyewa media.

Pada dasarnya content marketing adalah sebuah seni berkomunikasi dengan pelanggan ataupun calon pelanggan tanpa harus menjual. Ketimbang harus menawarkan produk atau jasa, Anda bisa menyampaikan informasi yang membuat pembeli merasa lebih cerdas. Esensi dari strategi konten yang dilakukan adalah keyakinan bahwa jika kita, sebagai pemilik bisnis menyampaikan informasi secara konsisten dan bernilai untuk para pembeli, maka mereka akan memberikan imbal balik dengan bisnis mereka dan juga dapat berupa sebuah kesetiaan (loyalty).

Content marketing sudah dipergunakan oleh perusahaan-perusahaan besar yang memiliki bagian pemasaran yang terhebat di dunia, termasuk misalnya P&G, Microsoft serta juga Cisco Systems. Bukan itu saja perusahaan-perusahaan dalam skala UKM dan juga perseorangan juga ikut mengembangkan dan melakukan content marketing ini di seluruh dunia.

Konten adalah hari ini dan masa depan dari pemasaran

Coba Anda baca kembali definisi dari Content Marketing sekali lagi, namun kali ini hapuskan kata-kata “relevan” dan “bernilai” maka Anda akan bisa mendapatkan perbedaan antara content marketing dengan informasi-informasi sampah yang Anda dapatkan dari perusahaan-perusahaan yang berusaha menjual “sesuatu” pada Anda. Seringkali perusahaan-perusahaan mengirimkan informasi pada kita, hanya saja hampir semuanya tidak memiliki relevansi ataupun nilai (saya menyebutnya dengan spam, bagaimana dengan Anda?). Itu yang menyebabkan Content Marketing menjadi begitu menarik saat ini ditengah-tengah ribuan pesan pemasaran per orang per hari. Content marketing yang baik akan membuat seseorang akan berhenti, membaca, berfikir, berperilaku, dengan berbeda.

Tambahkanlah berbagai jenis konten

Menambah berbagai tipe konten adalah cara yang lain untuk melebarkan influence Anda dan menaikkan rasio engagement audiens dan tentu saja menaikkan situs anda dari sisi SEO.

Info Blog, content marketing matrix
 Content Marketing

Keefektifan dari konten Anda sangat tergantung pada bagaimana informasi yang ada dalam konten Anda. Visualisasi di atas menggambarkan pilihan jenis konten, positioning yang bisa Anda gunakan. Juga goal dari konten. Lihatlah bahwa tipe konten yang berbeda memiliki tujuan yang berbeda.

Pilihan dalam pembuatan konten Anda harus melihat sumber daya yang tersedia. Menulis buku atau bahkan sebuah whitepaper, umumnya sangat efektif, tetapi itu adalah pilihan yang mahal. Di sisi lain memiliki media sosial dan blog adalah pilihan yang cepat dan murah tetapi memiliki efektivitas yang terbatas.

Banyak konten seperti komik dan kartun yang biasanya mendapatkan banyak share di social media. Cobalah untuk memulainya.  Atau Anda dapat membuat Slideshare presentations untuk membuat presentasi yang lebih menarik.

Dari segi ekonomis, kualitas blog dan feed berita adalah cara yang sangat ampuh untuk menginformasikan dan terlibat dengan audiens Anda, terutama bila digunakan bersama dengan newsletter dan media sosial. Selain itu search engine seperti google sangat menghargai situs yang banyak menambahkan konten. Bahkan banyak ahli search engine yang mengatakan bahwa konten itu seperti kue yang baru keluar dari oven - ‘best when fresh’.

Infographics bagus untuk membantu audience membaca banyak data dengan cara yang menyenangkan. Informasi yang berat dan bervariasi lebih mudah dicerna jika pembuat konten memiliki kreatifitas dalam meramu konten.


Sebarkan konten bernilai, relevan dan konsisten Anda

Pada saat Anda telah membuat konten, tentunya Anda menginkan konten itu segera dapat dibaca oleh sebanyak mungkin pembaca bukan ?

Berikut bagaimana cara melakukan promosi konten Anda dengan cepat :

Promosi internal

Sebelum kita berbicara bagaimana konten Anda disebarkan melalui situs lain, cek lah terlebih dahulu format tulisan Anda, apakah telah teroptimasi dari segi “Onpage” atau belum. Menambahkan internal links dari keyword akan membantu Anda dalam membuat tampilan situs yang bagus dari sisi arsitektur website. Jangan takut membuat link tautan ke situs lain. Dahulu hal ini tentu akan mengurangi ranking situs Anda. Namun, untuk sekarang search engine sudah lebih pintar dalam menghitung pola ranking.

Info Blog, distribusi content

Pastikan Anda selalu menempatkan tombol social sharing di setiap konten Anda dan cek RSS feed Anda, mungkin saja ada error disana.  Jika ada error maka jumlah feed subscriber tentu akan berkurang.

Promosi Eksternal

Tentu saja banyak sekali para marketer yang menggunakan social media untuk melakukan promosi eksternal. Jika Anda membuat konten yang baik tentu akan banyak orang yang melakukan share. Kita bisa lihat di facebook. Hanya dengan gambar yang menarik dan sedikit kata dapat menarik ratusan komentar dan share.

Media social adalah sebuah platform yang sangat kuat untuk mempromosikan konten Anda menggunakan konten menarik.

Dalam pendekatan holistik, Anda dapat mengkoordinasi media sosial Anda, PPC, SEO, public relations dan aktivitas marketing online lainnya sehingga Anda tidak bekerja berulang-ulang untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Itulah strategi yang jika Anda jalankan dengan baik maka Anda dapat meninggalkan pesaing Anda jauh dibelakang.

Pemasaran itu mustahil untuk dilakukan tanpa konten yang baik.

Terlepas dari jenis dan taktik pemasaran yang Anda gunakan, Content Marketing harus menjadi bagian dari sebuah proses, bukan malah terpisah. Konten yang berkualitas adalah bagian dari semua bentuk pemasaran:

  • Social media marketing: Strategi content marketing harus ada sebelum strategi social media
  • Search Engine Optimization (SEO): Mesin pencari akan memanjakan sebuah bisnis yang menerbitkan konten yang berkualitas dan konsisten.
  • Public Relation (Humas): Strategi PR yang sukses adalah mengangkat permasalahan yang dipedulikan oleh para pembaca, bukan tentang bisnis mereka.
  • Pay-Per-Click (PPC): Agar PPC bisa bekerja, Anda membutuhkan konten yang bagus dibelakangnya.
  • Inbound Marketing: Konten adalah kunci untuk mendorong inbound traffic dan leads.
  • Content strategy: Strategi konten itu adalah bagian dari strategi content marketing.

Menurut Roper Public Affairs, 80% dari pembuat keputusan lebih memilih untuk mendapatkan informasi tentang perusahaan dari rangkaian artikel ketimbang dari iklan. 70% menyebutkan content marketing membuat mereka lebih dekat pada keputusan untuk mensponsori sebuah perusahaan, sementara itu 60% mengatakan bahwa konten tentang perusahaan membantu mereka untuk memutuskan dengan lebih baik.

Itulah sekilas tulisan mengenai Content Marketing yang saya ambil dan kumpulkan dari berbagai sumber dan diramu kembali menjadi sebuah artikel blogpost. Mudah-mudahan bisa bermanfaat.


Enter your email address to get update from Info Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

Ilustrasi yang sangat menambah wawasan dan membuka paradigma baru di dunia blogging ...

Balas

Silahkan meninggalkan komentar yang sesuai dengan artikel di atas, komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini di masa-masa mendatang.
Mohon jangan melakukan spam, atau promosi produk atau apapun yang tergolong hal-hal negatif
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.

Copyright © 2015. Info Blog 97 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger