logo blog
Selamat Datang Di Info Blog
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Info Blog ini,
Semoga apa yang Info Blog share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Website Berumur Tidak Selamanya Menang

Info Blog, kemenanganInfo Blog. Website berumur tidak selamanya menang dalam menghadapi persaingan memperebutkan tempat pertama atau setidaknya tempat di halaman pertama daftar hasil pencarian mesin telusur (ex. Google search engine) berdasarkan sebuah kata kunci atau keyword tertentu. Penulis pernah baca dalam salah satu artikel, yang menyatakan bahwa website berumur menguasai keyword-keyword pendek, namun sepertinya tidak selamanya seperti itu.


Silahkan anda simak uraian dalam video di bawah ini  :




Kepala spam pencarian Google, Matt Cutts, menjelaskan dalam video saat menjawab pertanyaan "mengapa beberapa website berumur tua tidak selamanya selalu berperingkat baik".

Matt Cutts menjelaskan bahwa terdapat banyak situs lama yang berusia pada kisaran sekitar 15 tahun, dan sementara hal ini merupakan hal yang baik, namun mereka memiliki desain template asli dan tidak melakukan banyak perubahan untuk memperbaiki situs mereka selama bertahun-tahun.

Mereka tidak pernah mendesain ulang situs, tidak pernah memperbarui antarmuka pengguna, tidak pernah menambahkan fitur baru bagi pengguna mereka, dan sebagainya.

Jika website anda ingin tetap kompetitif, Matt mengatakan bahwa anda perlu mengambil langkah “penyegaran” terhadap situs anda dan menjaga upgrade, tweaking, memperbaiki situs dan pengalaman pengguna.

Jika tidak, situs-situs baru yang memiliki pengalaman pengguna yang lebih baik mungkin mengalahkan situs anda sebagaimana mestinya. Singkatnya, memiliki domain lama tidak berarti website anda akan selalu menang dalam peringkat saat ini dan besok.

Sekali lagi, aku pikir mereka akan men-tweak sedikit untuk peringkat pencarian mobile seluler.

Menarik sekali mengikuti penjelasan Matt Cutts tersebut di atas yang intinya bahwa tidak ada jaminan bagi website-website yang telah berumur untuk selalu menang dalam persaingan memperebutkan posisi pada daftar halaman pencarian Google search engine. Hal ini sepenuhnya tergantung kepada "aktivitas maintenance" website atau blog yang bersangkutan. Atau yang oleh Matt Cutts diistilahkan dengan kata "penyegaran".

Lebih jauh lagi "penyegaran" tersebut dikait-kaitkan dengan masalah upgrade, tweaking, memperbaiki situs atau blog serta meningkatkan pengalaman pengguna.

Baca juga artikel tentang : Meraih sukses dengan berpikir kreatif

Kata upgrade dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai "meninggikan" dan dapat pula dikaitkan dengan istilah meningkatkan kualitas menjadi lebih baik. Dalam kaitannya dengan sebuat website atau blog, kata upgrade ini dapat dimaknai sebagai peningkatan "kualitas" blog tersebut, dan tentu saja hal ini berkaitan dengan "kualitas konten" blog yang bersangkutan. Kualitas konten blog ini secara sederhana dapat dilakukan dengan peningkatan kualitas isi konten (artikel-artikel yang ada di dalam sebuah blog), artinya sebagai blogger kita harus tetap berusaha menjaga originalitas artikel dan menghindari praktek-praktek copy-paste artikel milik orang lain atau blog lain.

Sejalan dengan berlakunya algoritma Mobile Geddon, maka istilah upgrade ini dapat dikaitkan dengan pemakaian model Responsive Template, yang secara otomatis akan memperbaiki situs atau blog serta dapat meningkatkan pengalaman pengguna terutama para pengguna yang mempergunakan perangkat mobile atau smartphone untuk mengakses sebuah situs atau blog.

Selanjutnya, kata upgrade ini dapat pula dikaitkan dengan cara memperoteksi blog atau menghindari terjadinya praktek-praktek spammer yang biasanya dapat dengan mudah dilakukan lewat kotak komentar blog. Praktek-praktek spammer ini mudah terdeteksi yaitu dengan adanya link-link aktif pada sebuah komentar pengunjung blog. Bagi mereka yang menggunakan platform blogger, tidak perlu terlalu risau, karena dalam hal ini blogger telah secara otomatis mengaktifkan program deteksi spam.

Kata tweaking dalam dunia internet atau blogging berarti melakukan perubahan kecil pada sistem elektronik atau pada software untuk mendapatkan peningkatkan performa. Kata kunci dari tweaking ini adalah melakukan sedikit perubahan untuk meningkatkan performa (dalam hal ini performa sebuah situs atau blog). Peningkatan performa situs atau blog ini tentu saja berkaitan dengan peningkatan proses loading atau akses sebuah situs atau blog. Hal ini wajar saja, karena proses loading yang cepat tersebut tentu saja akan banyak membantu mesin-mesin telusur saat melakukan proses crawling atau proses indexing. Di samping itu, proses loading blog yang cepat ini sangat memudahkan pengunjung blog untuk mengeksplore keseluruhan isi atau konten blog dengan lebih mudah dan cepat. 

Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kecepatan loading blog, diantaranya adalah (1)mengurangi pemakaian widget-widget blog yang tidak terlalu perlu atau tidak terlalu dibutuhkan, (2)melakukan proses optimasi HTML Template blog (dengan bantuan HTML Optimizer), (3)tidak menampilkan terlalu banyak artikel/konten blog di halaman homepage, (4)tidak melakukan pemasangan banner iklan yang terlalu berlebihan dan lain-lain.

Baca juga artikel tentang : Meraih sukses dengan blog gratisan.

Memperbaiki situs atau blog ini pada dasarnya berkaitan dengan masalah-masalah terjadinya duplikat konten atau duplikat judul konten. Dengan bantuan Webmaster Google, kita dapat mengurangi atau meminimalisir terjadinya hal-hal tersebut dengan maksimal.

Meningkatkan pengalaman pengguna, dapat diartikan dengan meningkatkan pageview blog, yang dalam hal ini lebih berkaitan dengan masalah kualitas konten blog serta pemakaian fitur-fitur navigasi blog yang dapat dengan mudah diakses oleh setiap pengunjung blog. Fitur-fitur navigasi standart tersebut diantaranya adalah pemakaian navigasi breadcrumb, adanya fitur related article, adanya fitur-fitur sharing article pada setiap postingan blog dan lain-lain.

Baca juga artikel tentang : Merebut tempat pertama di SERP Google.

Demikianlah uraian penulis yang cukup panjang lebar ini, bila ada diantara anda ingin menyumbangkan pemikiran, silahkan menuliskannya pada kotak komentar yang telah tersedia.
Enter your email address to get update from Info Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

4 komentar

Wah ini berita menyenangkan buat aku yang newbie ini .... mulai sekarang harus berani bersaing dengan mempertinggi kualitas konten blog

Balas

lets blog ging jangan takut karna pemula hehehhe

Balas

betul betul betul, harus responsive dalam segala hal

Balas

Thanks sobat ....................

Balas

Silahkan meninggalkan komentar yang sesuai dengan artikel di atas, komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini di masa-masa mendatang.
Mohon jangan melakukan spam, atau promosi produk atau apapun yang tergolong hal-hal negatif
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.

Copyright © 2015. Info Blog 97 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger