logo blog
Selamat Datang Di Info Blog
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Info Blog ini,
Semoga apa yang Info Blog share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Jangan gunakan Facebook Fanspage dulu

Blog Info, Jangan gunakan Facebook Fanspage dulu untuk mengoptimasi (sharing artikel/konten) sebuah blog yang baru dibuat atau dibentuk, adalah judul artikel ini yang sebenarnya. Petunjuk ini tentu saja berdasarkan pengalaman penulis saat mengelola sebuah blog baru beberapa waktu yang lalu.

Facebook Fanspage ini sedianya penulis gunakan untuk promosi sekaligus berbagi artikel-artikel atau konten blog yang baru ditulis, serta penulis lakukan untuk menarik pengunjung blog dalam jumlah yang banyak. Namun fakta yang terjadi justru sebaliknya, pada daftar hasil pencarian search engine (SERP) blog penulis jadi tenggelam (kalah posisi) dengan Facebook Fanspage. Artinya, blog penulis berada pada posisi di bawah Facebook Fanspage tersebut. Perhatikan hasil tersebut seperti gambar di bawah ini.

Blog Info, hasil SERP Google

Dari gambar tersebut di atas menunjukkan bahwa blog penulis yang asli berada di urutan ke empat, sedangkan Facebook Fanspagenya berada di urutan pertama dan kedua. Artinya blog penulis yang asli kalah posisi dengan Facebook Fanspage. Kenapa bisa demikian jadinya ? Bukankah seharusnya Facebook Fanspage bertindak sebagai pendukung blog asli .... ??

Satu kesalahan fatal yang dibuat adalah : Baik blog yang asli maupun Facebook Fanspagenya memiliki nama yang sama, yaitu Blog Info 12. Tentu saja hal ini membuat blog aslinya kalah dalam jumlah traffic (pengunjung) bila dibandingkan dengan Facebook sebagai sebuah media social. Satu pelajaran yang amat berharga untuk memenangkan persaingan merebut posisi pada SERP Google (khususnya). Banyak sedikitnya pengunjung yang datang ke sebuah situs atau blog ternyata juga merupakan salah satu faktor yang menentukan posisi pada hasil SERP (search engine result page).

Dari fakta tersebut di atas, akhirnya muncul sebuah pertanyaan : "Bagaimana cara mengatasinya ?".

Untuk itu, baiklah kita simak uraian di bawah ini :

1. Jangan menggunakan judul atau nama yang sama.
Gunakanlah judul atau nama yang berbeda antara Blog yang akan dioptimasikan (milik kita) dengan judul atau nama Facebook Fanspage sebagai sarana optimasi blog atau tempat kita sharing artikel. Logika berpikirnya adalah terletak pada jumlah kunjungan, hal mana secara jelas Blog (milik kita) sudah barang tertu kalah kuantitas kunjungan bila dibandingkan dengan Facebook sebagai sebuah media social.

2. Hentikan sharing artikel untuk sementara waktu.
Langkah berikutnya yang dapat kita lakukan adalah menghentikan sharing artikel ke Facebook Fanspage untuk sementara waktu, dan kita maksimalkan fasilitas Google Plus berikut berbagai fasilitas Google Plus Communities untuk sharing artikel sekaligus promosi blog. Lakukan hal ini hingga Blog (milik kita) telah berada pada urutan di atas Facebook Fanspage.

3. Aktiflah di berbagai Forum.
Untuk mendukung posisi Blog (milik kita) maka sudah seharusnya kita aktif dalam berbagai Forum media social yang ada dengan membuat backlink-backlink khusus yang mengarah ke halaman homepage maupun langsung menuju halaman artikel blog yang sangat ingin kita optimasikan. Backlink-backlink tersebut dapat kita lakukan dengan membuat thread-thread yang berkualitas, serta berbagai macam signature yang langsung mengarah ke homepage blog.

4. Jangan gunakan Facebook Fanspage.
Untuk blog-blog yang baru dibuat atau dibentuk hendaknya tidak terlalu memaksakan diri sharing artikel ke Facebook Fanspage sebagai sarana untuk merebut pengunjung blog (traffic blog), lebih baik anda gunakan fasilitas Google Plus berikut dengan berbagai fasilitas Google Plus Communities dan berusaha aktif di berbagai Forum social yang ada.

5. Gunakan Facebook Fanspage setelah blog benar-benar kuat.
Menggunakan Facebook Fanspage (dalam upaya memperbanyak jumlah pengunjung blog) dapat kita lakukan setelah Blog (milik kita) telah benar-benar kuat dalam artian telah memiliki "pengunjung organik" dalam jumlah yang banyak dan telah stabil.

6. Perbanyak upaya blogwalking.
Untuk memperkuat posisi Blog (milik kita), ada baiknya kita melakukan upaya-upaya blogwalking secara lebih intens dengan meninggalkan komentar-komentar yang berkualitas ke berbagai blog-blog yang berthema sama.

7. Kumpulkan backlink yang berkualitas.
Backlink yang berkualitas dalam banyak hal masih sangat dibutuhkan dalam rangka memperkuat posisi SERP sebuah situs atau blog. Oleh karenanya, untuk memperkuat posisi Blog (milik kita), cari dan kumpulkan backlink yang berkualitas ini secara natural dan alami, jangan pernah mempergunakan cara-cara black-hat SEO.

8. Perbanyak konten-konten yang berkualitas.
Untuk memenangkan posisi pada SERP, sebaiknya kita perbanyak artikel-artikel blog yang original dan berkualitas dalam Blog (milik kita). Hindari pekerjaan-pekerjaan copy-paste artikel milik blog tetangga.

Demikianlah uraian penulis, bilamana ada teman-teman yang ingin urun rembug, silahkan menuliskannya pada kotak komentar di bawah ini.

Enter your email address to get update from Info Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

Mantap Kang ....., kalau begitu aku mau pakai Google Plus aja lah biar aman

Balas

Silahkan meninggalkan komentar yang sesuai dengan artikel di atas, komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini di masa-masa mendatang.
Mohon jangan melakukan spam, atau promosi produk atau apapun yang tergolong hal-hal negatif
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.

Copyright © 2015. Info Blog 97 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger