logo blog
Selamat Datang Di Info Blog
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Info Blog ini,
Semoga apa yang Info Blog share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Nilai-nilai positif kegiatan blogging

Info Blog 97, blogger positifInfo Blog 97. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman dalam kegiatan blogging, rasanya tidak terlalu berlebihan bilamana saya merenungi perjalanan kegiatan blogging ini terutama yang bermakna buat diri sendiri, tentang apa nilai positif atau hikmah yang terkandung dalam kegiatan blogging tersebut. Hasil dari perenungan tersebut rupanya membuahkan hasil.  Setidaknya ada beberapa catatan pribadi tentang nilai-nilai positif yang dirasakan bermanfaat dari kegiatan blogging tersebut, diantaranya:

1. Belajar membuat tulisan/artikel/karangan dalam bentuk postingan. 
Pengalaman ini merupakan suatu hal yang penting dalam hidup seorang blogger atau dalam sebuah kegiatan blogging.  Bila selama ini saya hanya membuat status pendek-pendek di berbagai media-media sosial, maka di dalam sebuah blog saya harus bisa membuat suatu deskripsi karangan (tulisan panjang) tentang berbagai hal yang dialami ataupun yang berasal dari beberapa diskusi sesama blogger.

Dengan berlatih menulis, setidaknya kita dapat menuangkan apa yang ada dalam pikiran kita (tentang suatu hal) secara sistematis dan terstruktur, dengan tujuan agar apa yang kita tuangkan dalam bentuk tulisan menjadi enak dibaca serta mudah dimengerti oleh orang lain. Pengalaman menulis yang demikian ini, pada akhirnya akan membawa kita kepada kebiasaan untuk berpola pikir secara sistematis dan terstruktur terhadap suatu masalah.

2. Melatih kejujuran. 
Kok bisa...? Banyak blog yang dipenuhi dengan tulisan-tulisan yang merupakan hasil copy-paste dari blog-blog lainnya terkena "BANNED" oleh Google.  Hal ini berarti bahwa kita harus belajar untuk dapat menghargai milik (dalam arti buah karya) orang lain dan sudah seharusnya kita mulai berkarya (dalam arti membuat tulisan/artikel) dengan kekuatan pemikiran diri sendiri. Meskipun tulisan kita belum sebagus tulisan blogger-blogger yang memang sudah ahli dalam menulis, namun bilamana hal tersebut merupakan hasil sendiri (tulisan sendiri), tentunya akan memberikan kebanggaan tersendiri bagi kita.

Perolehan backlink blog secara natural alami juga merupakan suatu wujud kejujuran seorang blogger. Meskipun banyak tersedia situs-situs penghasil backlink blog secara instan, namun hendaknya sebagai blogger kita mesti jujur terhadap perolehan backlink ini (agar blog yang kita miliki dapat bertahan lama). Apa yang kita dapatkan, hendaknya sesuai dengan apa yang kita lakukan dan kita perjuangkan.

3. Media pembelajaran terhadap banyak hal.
Bila kita ingin membuat suatu tulisan (artikel), tentunya kita harus memiliki banyak referensi dan atau pengetahuan tentang berbagai hal yang terkait dengan topik artikel yang akan kita bahas tersebut.  Inilah manfaatnya harus banyak-banyak membaca, baik materi bacaan offline maupun online.  Dengan demikian membuktikan kepada kita bahwa sebenarnya blog tersebut merupakan sebuah media pembelajaran terhadap banyak hal.

Tidak hanya dalam hal membuat tulisan (artikel) blog saja, namun sebagai pemilik blog, kita wajib pula untuk memperhatikan tata ruang serta estetika penampilan blog yang kita miliki. Kita harus pandai mengatur lay-out blog agar kelihatan profesional serta mudah diakses oleh para pengunjung dan dapat membuat pengunjung betah berlama-lama mengunjungi blog kita.  Lebih jauh lagi, sebagai pemilik blog kita juga wajib memikirkan cara dan strategi untuk membuat blog kita menjadi berkembang serta mendapatkan banyak kunjungan atau visitor, yang pada akhirnya nanti dapat menumbuhkan sifat kewirausahaan pada diri kita sendiri.

Sebelum blog kita mendapat banyak kunjungan atau visitor, maka kita wajib pula untuk melakukan langkah-langkah optimasi sebuah blog agar artikel-artikel blog yang kita miliki dapat terindeks dengan sempurna oleh minimal Google search engine. Langkah-langkah optimasi blog ini secara spesifik tentu memberikan pembelajaran baru bagi kita, terutama blogger-blogger pemula.

4. Menumbuhkan sikap kewirausahaan. 
Setelah blog yang kita miliki menjadi berkembang serta dipercaya oleh banyak pengunjung, maka blog kita akan mendapatkan traffic dalam jumlah yang cukup banyak. Pada saat inilah kita dapat mulai berpikir tentang bagaimana caranya dapat menghasilkan suatu nilai ekonomis dari kegiatan dalam dunia blogger (blogging) yang kita lakukan. Prinsip-prinsip sikap kewirausahaan mulai muncul di sini. Kita mulai dengan memilih dan memilah iklan-iklan mana saja yang sesuai dengan blog kita serta dapat mendatangkan suatu nilai ekonomis buat kita sebagai pemilik blog.

Tidak saja dengan konteks pemasangan iklan, dengan memiliki blog yang sudah berkembang dan menjadi terkenal, maka kita dapat membantu mengembangkan blog-blog lain yang juga ingin ikut berkembang. Kegiatan ini tentu saja akan menghasilkan suatu nilai ekonomis tertentu. Contoh konkritnya adalah kita dapat memanfaatkan blog kita yang telah berkembang dan terkenal tersebut untuk memberikan backlink kepada blog-blog yang baru dengan menetapkan sejumlah harga yang wajar dan pantas.

5. Menumbuhkan sikap mau berbagi kepada sesama.
Menjawab pertanyaan-pertanyaaan yang masuk lewat modus komentar blog adalah merupakan cikal-bakal tumbuhnya sikap berbagi kepada sesama (dalam hal ini sesama blogger dan bisa juga dengan orang biasa). Tidak jarang terjadi bahwasanya jawaban-jawaban yang kita berikan dapat menjadi sebuah solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang dialami oleh para pengunjung blog. Berbagi kepada sesama tidak selamanya harus berbentuk materi atau suatu barang yang bernilai, jawaban sebuah pertanyaan yang kadang kala merupakan sebuah solusi juga tergolong sikap rela berbagi kepada sesama.

Lebih jauh lagi, kegiatan blog walking adalah merupakan sarana berbagi antar sesama blogger, dengan kita rela mengunjungi blog-blog yang lain, maka kita otomatis rela bertindak sebagai pengunjung blog serta membagikan kunjungan kita. Dan adalah merupakan hal yang lebih baik bilamana kita sudi untuk membagikan komentar-komentar kita untuk perkembangan blog-blog yang lain. Dalam kegiatan blogwalking ini kita dapat juga sharing berbagai informasi terbaru dan lain sebagainya.

Nach, itulah nilai-nilai positif yang terkandung dalam kegiatan blogging versi Info Blog 97.

Enter your email address to get update from Info Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

Dunia Blogging memang memiliki banyak faktor positif bila dipergunakan dengan sebaik-baiknya. Trims mas bro.

Balas

Silahkan meninggalkan komentar yang sesuai dengan artikel di atas, komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini di masa-masa mendatang.
Mohon jangan melakukan spam, atau promosi produk atau apapun yang tergolong hal-hal negatif
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.

Copyright © 2015. Info Blog 97 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger