logo blog
Selamat Datang Di Info Blog
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Info Blog ini,
Semoga apa yang Info Blog share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Pengertian dan Struktur Template Blog

INFO BLOG 97 kali ini akan sedikit membahas seputar pengertian dan struktur template blog (sesuai dengan kemampuan yang penulis miliki), dimana pengertian dan struktur template blog ini seharusnya menjadi bekal utama bagi seseorang (blogger) untuk dapat meraih sukses di dunia blogging. Template blog ini merupakan hal pertama dan yang paling utama untuk diperhatikan, karena di dalam template blog inilah tersimpan dengan sistematis dan terstruktur semua informasi-informasi yang ada dalam sebuah blog atau situs, mulai dari postingan blog (artikel-artikel), widget blog, iklan-iklan dan lain sebagainya, yang merupakan satu bagian utuh sebuah blog atau situs web.

Info Blog 97, struktur template

Bagaimana sebenarnya kualifikasi atau standart sebuah template blog yang bagus itu ? Pertanyaan ini bagus, namun sulit untuk dijawab. Bentuk atau model sebuah template blog tersebut sepenuhnya merupakan hak prerogatif pemilik blog (blogger), oleh karenanya sangat sangat bersifat individualistis. Namun ada beberapa patokan dasar yang perlu diperhatikan, yaitu hendaknya template blog tersebut cukup responsif dan SEO Friendly, serta termasuk dalam kategori  "fast-loading" (sesuai dengan kemauan beberapa search engine termasuk Google dan menarik minat pengunjung).

Apa sih sebenarnya definisi atau pengertian dari template blog itu sendiri ? Template blog atau website adalah desain-desain halaman blog ataupun website beserta seluruh komponennya (misal : gambar, stylesheet, dsb) baik berupa file statis maupun file dinamis yang berupa program atau aplikasi yang berjalan sebagai aplikasi web. Seperti yang anda lihat saat ini di blog ini, bahwa terlihat sebuah tatanan gambar serta tulisan di layar monitor anda, itulah yang dinamakan tampilan dari sebuah template blog yang merupakan gabungan dari berbagai macam script-script CSS maupun Javascript.

Berikut ini adalah struktur dasar sebuah template blog.

Perhatikan Struktur Dasar Template Blogger berikut ini yang penulis ambil dari template Minima versi 1.0 (sebagai contoh) :

<?xml version="1.0" encoding="UTF-8" ?>
..............
<head>
. . . . . . . . .
<b:skin><![CDATA[/*
. . . . . . . . . .
]]></b:skin>
</head>
. . . . . . . . .
<body>
. . . . . . . . . .
</body>
</html>
Perhatikan kode-kode yang berwarna merah.

# Antara Kode <head> dan <b:skin><![CDATA[/*
Disini adalah tempat meletakan kode-kode trik SEO semacam meta description, meta keywords, meta language dan lain sebagainya.

# Antara Kode <b:skin><![CDATA[/* dan ]]></b:skin>
Adalah tempat untuk meletakkan rangkaian  kode CSS blog yang berfungsi sebagai fungsi pengaturan dari tampilan sebuah blog, mulai dari warna, huruf, ukuran, lebar, tinggi dan lain sebagainya.

# Antara Kode ]]></b:skin> dan </head>
Dalam contoh ini, tidak terdapat kode apapun. Tapi ini penting untuk diketahui bahwa jika nanti template blog akan menggunakan kode Javascript maka di sini tempat untuk meletakkannya. Dan diantara kode ini juga kita bisa meletakkan perintah untuk menampilkan atau menyembunyikan bagian-bagian dari sebuah blog, misalnya bagian sidebar tertentu selain langsung pada kode perintah yang berada di bagian body.

# Antara Kode <body> dan </html>
Perintah untuk menampilkan bagian-bagian sebuah blog berada di sini dan jika diperhatikan, perintah tersebut berurutan mulai dari header blog, halaman posting, sidebar, widget-widget blog, footer dan lain sebagainya.

Demikianlah uraian penulis tentang pengertian dan struktur template sebuah blog atau situs, semoga bermanfaat.

Enter your email address to get update from Info Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

Trims, jadi tambah pengertian tentang struktur template blog mas bro ...

Balas

Silahkan meninggalkan komentar yang sesuai dengan artikel di atas, komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini di masa-masa mendatang.
Mohon jangan melakukan spam, atau promosi produk atau apapun yang tergolong hal-hal negatif
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.

Copyright © 2015. Info Blog 97 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger