logo blog
Selamat Datang Di Info Blog
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Info Blog ini,
Semoga apa yang Info Blog share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Sejarah Algoritma Google Search Engine

Info Blog, algoritma googleInfo Blog 97. Sejarah Update Algoritma Google, Google sekali lagi memperbaharui algoritmanya, beberapa Algoritma pencarian Google yang pernah saya temui semenjak mengenal Internet di tahun 2008 lalu saya menjumpai beberapa Algoritma Google yang kadang ter-update sekali dalam setahun, hah sahabat pembaca dan pengunjung blog Info Blog 97 pada postingan seputar dunia blogging kali ini saya akan mencoba berbagi mengenai Sejarah Update Algoritma Google antara lain sebagai berikut :

1. Google 1.0 1998 Sampai Tahun 2003
Pada waktu ini hasil pencarian Google dikuasai oleh alamat website yang mempunyai lebih banyak inbound links yang berkualiti. Pemilik halaman yang peka akan keadaan ini dan lebih menumpukan kepada pembinaan jaringan inbound links akan memenangi hasil pencarian pada Google search engine.

2. Google 2.0 2003 Sampai Tahun 2006
Pada 18 Jun 2003 Google melancarkan program Adsense. Adsense ialah program yang memberikan kesempatan kepada pemilik halaman web untuk menayangkan iklan yang disetujui oleh Google. Hal Ini untuk menggalang para pemilik halaman web untuk membuat atau menciptakan konten original pada halaman web agar dapat ditayangkan iklan Adsense.

3. Pencarian Google 450 kali tahun lalu 2007
Sebuah wawancara Popular Mechanics dengan Udi Manber, VP Google yang bertanggung jawab atas kualitas pencarian di Google, salah satunya adalah fakta bahwa mereka mengubah algoritma pencarian Google 450 kali tahun lalu. Apabila kami menemukan, untuk sebuah pencarian, hasil nomor 4 seharusnya berada di posisi 1, kami tidak memiliki kemampuan mengubahnya. Kami harus menemukan kelemahan di algoritma yang menyebabkan kelemahan ini dan mencari solusi umum untuk masalah ini, menganalisa apakah solusi ini benar – benar bekerja dan apabila lebih baik, kemudian meluncurkan solusi ini-jelas Manber.

4. Pagerank Bukan faktor penting dalam algoritma google 2008 – 2009
Suatu hal yang luar biasa yang diberikan oleh hasil pencarian Google kepada pagerank rendah di posisikan di halaman pencarian tertinggi melebihi pagerank di atasnya. Hal ini akan menampilkan pagerank bukan merupakan faktor penting di mesin pencari. Kenapa bisa begitu? Dan banyak orang yang kecewa dengan pagerank Google, dengan rangking halaman web mereka yang kalah saing dengan pagerank rendah di suatu keyword tertentu. Pagerank adalah salah satu faktor yang digunakan untuk menentukan ranking yang real posisi atau penempatan yang berada pada halaman hasil pencarian dari pencarian query yang diberikan.

5. Google Caffeine 2010
Proyek rahasia ini pertama kali datang ke diskusi pada bulan Agustus 2009, ketika software engineer Google Public Webmaster diundang untuk mencoba versi yang lebih baru dari mesin pencari dan memberikan umpan balik mereka. Namun, Google kemudian membuka halaman setelah menyelesaikan umpan balik. Berikut pernyataan penuh Google :

Based on the success we’ve seen, we believe Caffeine is ready for a larger audience. Soon we will activate Caffeine more widely, beginning with one data centre. This sandbox is no longer necessary and has been retired, but we appreciate the testing and positive input that webmasters and publishers have given.


6. Algoritma Google Panda 2011
Perubahan algoritma ke Google Panda ini bertujuan untuk ‘menurunkan’ website dengan konten rendah dari SERP (Search Engine Result Page), seperti artikel tulisan yang didapat dari hasil copy-paste, plagiat, dan lainnya. Google ingin memperbaiki hasil indeks pada setiap keyword yang dicari oleh user. Memperbaiki dalam artian menyingkirkan website-website tertentu yang masuk dalam kategori copy-paste. Google juga ingin mengurangi spammer, website-website yang mengikuti kontes dengan kata kunci tertentu (Kontes SEO), dan para penjual link, dan sebagainya.

7. Google Penguin 2012
Page layout algorithm, Google memberlakukan varibel penilaian terhadap komposisi tampilan blog, jika banyak iklan pada bagian atas fold page (bagian halaman yang tampil saat dibuka sebelum scroll di geser ke bawah) maka akan memberikan efek negatif terhadap optimasi seo. Update Google fresh , Google memberlakukan konten yang fresh yaitu konten yang selalu terupdate dan mengikuti perkembangan trend infornasi terkini. Duplicate content , semakin banyak terdeteksi postingan yang mirip di dalam sebuah blog /website maka semakin berimbas negatif terhadap optimasi seo.

8. Algoritma Dinosaurus Filter Effect 2013
Perubahan algoritma Google secara berkala dilakukan untuk user experience yang lebih baik agar pengguna dapat menemukan situs yang mereka cari dengan tepat, dan bukan situs dengan low quality content atau situs sampah. Apa efek langsung dari Algoritma Dinosaurus Filter Effect ? Pada algortima AFDE ini mengakibatkan posting lebih lama terindex di search engine result page (SERP) Google disebabkan sebelum terlisting harus melalui filter terlebih dahulu. Posting-posting berkualitas yang bertujuan untuk pembaca, bukan dibuat untuk kepentingan robot, akan mendapatkan ranking yang baik.

Jika anda baru membangun sebuah situs affiliate, publisher bahkan dengan puluhan atau ratusan konten, anda akan melihat posting anda lambat terindex. Bahkan ada yang sampai seminggu lebih belum juga terindex. Namun algoritma baru biasanya akan normal setelah satu sampai dua bulan di luncurkan. Beberapa waktu bahkan ada tool yang dinamakan Google URL Fetcher untuk memaksa Google mengindex posting dengan cepat.

Biasanya setiap habis posting satu sampai sepuluh menit langsung terindex tapi sekarang harus menunggu lebih lama karena untuk setiap postingan Google akan menyaring artikel tersebut, dan menempatkannya di SERP sesuai dengan kualitas artikel. Setiap kali posting, artikel anda akan diseleksi dulu sebelum terindeks oleh Google. Google akan menempatkan posisi artikel anda di SERP tergantung kekuatan penulisan artikel anda, dengan fresh dan unique content.

9. Algoritma  Hummingbird   2013
Google akhir akhir ini sudah mempublikasikan algoritma terbaru yang dikenal dengan mana hummingbird, yaitu sebuah perubahan algoritma yang sangat besar karena mempengaruhi sampai 90% dari hasil pencarian dan ini merupakan perubahan besar.

10. Algoritma Google MobileGeddon.
Algoritma Google terbaru ini telah diluncurkan per tanggal 21 April 2015 lalu, dengan penekanan kepada kemampuan situs atau blog untuk menyesuaikan diri dengan berbagai ukuran layar yang dipergunakan untuk membukanya, khususnya perangkat mobile atau seluler. Dengan berlakunya algoritma terbaru ini, satu-satunya jawaban jitu adalah mengganti template blog yang lama dengan Responsive Template.

Demikianlah uraian penulis tentang sejarah algoritma Google Search Engine.

Enter your email address to get update from Info Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

Sejarah Algoritma Google yang sangat lengkap, sukses mas bro

Balas

Silahkan meninggalkan komentar yang sesuai dengan artikel di atas, komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini di masa-masa mendatang.
Mohon jangan melakukan spam, atau promosi produk atau apapun yang tergolong hal-hal negatif
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.

Copyright © 2015. Info Blog 97 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger