logo blog
Selamat Datang Di Info Blog
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Info Blog ini,
Semoga apa yang Info Blog share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Info Blog, tentang dan seputar Internet Marketing

Info Blog, internet marketingInfo Blog. Pemasaran Internet atau pemasaran elektronik (bahasa Inggris: Internet marketing, e-marketing, atau online-marketing) adalah merupakan segala upaya yang dilakukan untuk melakukan kegiatan pemasaran suatu produk atau jasa dengan melalui atau menggunakan media elektronik atau Internet. Huruf 'e' dalam e-marketing ini berarti elektronik yang artinya kegiatan pemasaran yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik melalui sebuah jaringan Internet. Dengan terciptanya teknologi Internet, banyak istilah baru yang menggunakan awalan huruf e, seperti halnya : e-mail, e-business, e-gov, e-society, dan lain-lain.

Banyak orang beranggapan bahwa pemasaran Internet adalah segala hal yang berhubungan dengan mencari uang di Internet, yang sebetulnya hal ini tidak sepenuhnya benar. Perlu diketahui bahwa sebagian besar program mencari uang di Internet adalah kegiatan yang dilarang dan merupakan kecurangan alias penipuan yang hanya menguntungkan untuk orang atau badan tertentu saja.

Mungkin buat yang masih awam dengan yang namanya internet marketing (pemasaran internet) akan menebak kalau internet marketing ini adalah merupakan sebuah kegiatan menjual di internet, sebenarnya istilah ini benar adanya. Namun lebih detailnya lagi kalau internet marketing itu adalah merupakan sebuah kegiatan pemasaran secara online melalui jaringan internet. Kalau kita sudah bicara tentang hal pemasaran, berarti hal itu bukan hanya berkaitan dengan penjualan namun juga termasuk kegiatan promosi, branding, dan membina hubungan yang baik dengan pelanggan yang dilakukan secara online. Inilah sebenarnya yang dinamakan internet marketing atau pemasaran internet tersebut.

Terus kalau kita pikir buat apa internet marketing ? Jawabannya setiap pebisnis baik itu pemilik bisnis offline maupun pemilik bisnis online pasti ingin meningkatkan hasil penjualan mereka atau ingin membuat brand atau produk mereka agar lebih terkenal lagi. Maka dari itu media internet adalah salah satu media yang paling baik untuk memberikan informasi kepada pengguna internet (atau publik) tentang bisnis atau produk mereka dan juga sebagai media untuk menjual produk yang mereka miliki.

Lingkungan pemasaran Internet

Kegiatan pemasaran Internet umumnya meliputi atau berkisar pada hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek atau pencarian pembeli dan penulisan kalimat-kalimat pemasaran untuk menjual produk atau jasa. Pemasaran Internet ini secara umum meliputi kegiatan jasa digital, produk digital, dan periklanan dengan menggunakan spanduk digital. Periklanan dengan menggunakan spanduk digital seperti promosi melalui:
  • Mesin pencari
  • Surat elektronik
  • Afiliasi

Kegiatan pemasaran Internet yang efektif meliputi banyak strategi dari optimisasi mesin pencari, jejaring sosial, dan iklan berbayar per klik. Dengan beragamnya strategi tersebut maka pembelajaran yang berkelanjutan untuk hal ini sangat penting.

Manfaat pemasaran online
  • Tidak terbatas dengan waktu karena bisa diakses 24 jam.
  • Menjagkau pasar yang lebih luas, bahkan sampai ke manca negara.
  • Mengurangi biaya pemasaran karena tidak perlu membuat outlet secara phisik dan juga tidak perlu brosur, spanduk, dan sebagainya.
  • Memudahkah pelaku usaha untuk menjalin hubungan dengan konsumen melalui komunikasi interaktif dengan memanfaatkan ruang diskusi chatting atau email
  • Strategi pemasaran lewat internet bisa memberikan nilai lebih dalam menghadapi persaingan.

Supaya memudahkan kita untuk lebih mengerti tentang internet marketing, sederhananya Bentuk internet marketing itu bisa dikelompokan menjadi 2 bagian, yaitu sebagai Sumber Penghasilan dan Cara Promosi. sederhananya seperti itu namun sebenarnya masih banyak sekali kelompok-kelompok lainnya. berikut ini penjelasan yang sederhana dari kelompok diatas tentang Internet Marketing :

1. Source of Income atau Internet Marketing Untuk Penghasilan

Internet merupakan salah satu gaya hidup masyarakat kita, terutama bagi mereka yang memiliki ponsel dengan teknologi terbaru contohnya smartphone, tablet, dan laptop. hampir semua orang sudah punya smartphone atau ponsel yang canggih lainnya, bukan hal yang aneh masyarakat kita sudah mempunyai ide atau gagasan untuk menjual produk di media sosial, bisa kita lihat facebook dan twitter sering kita menjumpai produk yang dijual online oleh mereka berarti ini sudah bisa dikatakan internet marketing. selain diatas kita juga bisa menjalankan internet marketing dilakukan dengan beberapa type bisnis diantaranya adalah PPC (Pay Per Click), PPS (Pay Per Sale), PPL (Pay Per Lead), menjual produk sendiri dan bisnis secara online.

2.Traffic Generation atau Internet Marketing Untuk Promosi Online

Internet marketing promosi online adalah salah satu bentuk dari internet marketing. definisinya sangatlah luas sekali karena menyangkut promo bisa dikatakan kalau ini menyangkut produk, brand, jasa dan banyak lagi, dengan cara ini akan membuat si promo akan lebih dikenal di masyarakat pengguna internet, tentu harapannya ingin lebih dikenal lebih luas. tapi satu hal biasanya promo online ini si pemilik membuat website. Ada banyak cara untuk mempromosikan bisnis melalui media internet, diantaranya adalah melalui SEO (Search Engine Optimization), melalui PPC Advertising (Beriklan PPC), Email Marketing dan Social Media Marketing. sebenarnya cara-cara ini banyak dilakukan oleh kita yang bermain di website.

Itulah Cara sederhana saya untuk mendefinikan tentang Apakah Sebenarnya yang diMaksud Internet Marketing, semoga artikel ini bisa menjawab pertanyaan di benak anda yang mungkin masih awam atau belum mengetahui sebenarnya apa itu internet marketing. jadi sekarang lebih sedikit tahu manfaat dan tujuan dari internet marketing


(dikumpulkan dari beberapa sumber)

Enter your email address to get update from Info Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

3 komentar

Sangat bermanfaat informasinya memang ada banyak hal tentang internet yang belum ane ketahui

Balas

Teruslah belajar, sampai saat ini sayapun terus belajar dari banyak orang.

Balas

Influencer marketing juga salah satu internet marketing, sekarang banyak orang pakai cara ini. Bahkan di Indonesia platform website untuk usaha yang ingin menggunakan influencer marketing juga sudah ada, jadi produknya akan dipromosikan oleh Buzzer di sosial media mereka, setau saya salah satunya mamorae.com , bisa dilihat websitenya bagi yang punya usaha

Balas

Silahkan meninggalkan komentar yang sesuai dengan artikel di atas, komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini di masa-masa mendatang.
Mohon jangan melakukan spam, atau promosi produk atau apapun yang tergolong hal-hal negatif
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.

Copyright © 2015. Info Blog 97 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger