logo blog
Selamat Datang Di Info Blog
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Info Blog ini,
Semoga apa yang Info Blog share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Pembangkitan Motivasi Kerja Pribadi

Info Blog, motivasi banner
Adakalanya suatu saat kita sedang merasa sangat bersemangat. Rasanya diri ini seperti ingin melakukan banyak hal yang terbaik! Tetapi bagi kebanyakan orang, menumbuhkan motivasi memang sepertinya lebih mudah dibandingkan mempertahankannya. Ya, semangat atau motivasi itu sifatnya sementara. Makanya kita terkadang sering sekali merasa ‘galau’, karena tiba-tiba rasa semangat dan motivasi kita menguap habis! Baru saja termotivasi, eh 3 atau 5 hari kemudian rasa malas itu sudah kembali lagi.

Untuk mengetahui bagaimana cara menumbuhkan semangat, kamu bisa melihat artikel saya yang berjudul Cara Sukses Memotivasi Diri Sendiri. Nah, untuk artikel ini khusus untuk mempertahankan semangat yang sudah kamu bangun agar tidak mudah galau. Bagaimana caranya? Silakan baca artikel ini selengkapnya!

Baik, berikut ini adalah cara yang bisa dicoba untuk mempertahankan motivasi Anda, yaitu:

1. Meditasi, Bermimpi, Visualisasi
Merasa kehilangan semangat dan motivasi, maka berhenti sebentar dari apa yang Anda kerjakan. Istirahat sebentar, tenangkam pikiran. Cari tahu mengapa muncul perasaan membosankan dalam diri Anda? Carilah tempat yang tenang, kemudian mulailah untuk menenangkan pikiran.

    Setelah pikiran tenang, bayangkan ketika Anda berhasil mencapai cita-cita Anda
    Bayangkan saat-saat paling bahagia dan menyenangkan dalam hidup Anda
    Bayangkan ketika Anda mampu menyelesaikan pekerjaan tepat pada waktunya
    Bayangkan saat Anda mendapat penghargaan karena mampu memberikan kinerja terbaik

Tips: Biasanya meditasi yang ampuh adalah ketika shalat bagi umat Islam. Cobalah cari apa arti shalat Anda agar Anda selalu dapat termotivasi. Pembagian waktu shalat itu sudah sangat tepat sekali, dengan waktu 5 kali sehari, masing-masing 15 menit sangat bermanfaat untuk me-recharge kembali semangat yang hilang. Tips lainnya adalah saat meditasi, cobalah sambil dengarkan musik-musik gelombang alfa yang mampu menenangkan pikiran, seperti suara alam, aliran sungai, deburan ombak, dan lain sebagainya.

2. Membaca Buku-Buku Motivasi
Membaca buku motivasi menurut saya merupakan sarana ampuh untuk selalu menjaga stabilitas motivasi kita. Buku-buku motivasi saat ini sudah beredar sangat banyak dan sangat luas cakupannya. Buku-buku motivasi memang mungkin tidak bekerja untuk semua orang, tetapi tidak ada salahnya jika Anda mencobanya karena memang ada beberapa buku motivasi yang bagus. Beberapa buku yang suka saya baca ketika sedang turun:

    Super Muslim, karya Imam Munadi
    Fight Like a Tiger, Win Like a Champion, karya Imam Munadi dan Darmadi Dharmawangsa
    ESQ for Teens 1, 2, 3, karya Ary Ginanjar Agustian dan Ridwan Mukri
    Champion! karya Darmadi Dharmawangsa
    Unlimited Happiness, karya Imam Munadi
    Pattern of Success, karya Darmadi Dharmawangsa dan Sunardi

Dapat dilihat sebenarnya Mas Imam Munadi lah yang pertama kali memperkenalkan saya ke dunia motivasi dan dari situlah saya kemudian bercita-cita menjadi seorang trainer. Kemudian saya belajar di ESQ, Sinergi Fitrah, MHMMD, bahkan Kubik Leadership dari Pak Jamil Azzaini. Anda bisa menyusun sendiri daftar buku Anda, tetapi daftar buku di atas adalah buku best seller yang layak Anda baca juga.

3. Mendengarkan/Menonton Materi Motivasi
Masih ingat dengan produksi Rahmawan Digital Media (RDM) One Stop Motivation? Silakan klik Cara Mengelola Stress dan The Science of Luck, tetapi inilah hal yang kadang saya lakukan untuk mempertahankan motivasi:

    Menonton acara Mario Teguh Golden Ways
    Mencari video motivasi di Youtube dari Pak Jamil Azzaini, Pak Mario Teguh, Pak Ary Ginanjar
    Mendengarkan audio motivasi dari Mas Imam Munadi setiap pagi

Dengan seperti itu, semangat sepertinya terus mengalir setiap harinya. Walaupun sesibuk apapun, tetapi seperti ada pengingat yang terus memotivasi untuk memberikan yang terbaik.

4. Jalan-Jalan di Situs Motivasi
Oke, internet sekarang ini memang menyediakan apa saja. Mulai dari bacaan paling negatif hingga situs yang paling positif! Kalau situs motivasi ini bisa kamu temukan banyak sekali di dunia maya. Untuk yang versi dalam negeri (Indonesia), kamu bisa jalan-jalan ke websitenya Pak Andrie Wongso atau Blog BeraniGagal, yang merupakan situs motivasi sederhana paling konsisten yang pernah saya kenal. Tetapi kalau kamu terlanjur jatuh hati sama blog ini, juga boleh kok. Silakan berkunjung kemari secara rutin karena insyaAllah akan ada artikel setiap minggunya. :)

5. Diskusi dengan Seorang Sukses dan Inspiratif
Ini merupakan salah satu cara yang sering saya lakukan ketika sedang jatuh. Saya memiliki mentor motivasi saya di tahun 2012, yang setiap hari selalu mengadakan pertemuan rutin. Untuk mentor motivasi, saya ada Pak Bahroin Suryantara (Master Trainer Guru Hebat Indonesia) dan mentor entrepreneurship saya, Pak Subekhi. Nah, selain memiliki mentor ini, beberapa hal yang bisa dilakukan antara lain:

    Menghadiri seminar-seminar motivasi yang memiliki IMPACT
    Menghadiri dialog tokoh-tokoh besar dan sukses
    Menghadiri pelatihan dan training motivasi

Banyak hal yang bisa dilakukan lagi yang lainnya. Tetapi inilah yang biasanya saya lakukan. Semoga bermanfaat dalam mempertahankan motivasi Anda. Salam Indonesia Produktif!


Sumber   :
http://arryrahmawan.net/cara-membangkitkan-dan-mempertahankan-motivasi-kerja/

Enter your email address to get update from Info Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

4 komentar

Terima kasih atas informasinya, ayo kembali semangat dalam bekerja demi kepentingan pribadi masing-masing

Balas

terkadang motivasi belum bisa menutup masalah....

Balas

Yah namanya juga Motivasi mas bro...., jadi bukan SOLUSI masalah .....

Balas

Motivasi memang mampu mendorong seseorang untuk menemukan Solusi terhadap setiap permasalahan yang dihadapinya .................

Balas

Silahkan meninggalkan komentar yang sesuai dengan artikel di atas, komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini di masa-masa mendatang.
Mohon jangan melakukan spam, atau promosi produk atau apapun yang tergolong hal-hal negatif
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.

Copyright © 2015. Info Blog 97 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger