logo blog
Selamat Datang Di Info Blog
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Info Blog ini,
Semoga apa yang Info Blog share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Info Blog, Konsistensi Struktur Blog/Web

Info Blog pada artikel kali ini ingin sedikit mengupas tentang Konsistensi Struktur Blog/Web dalam rangka meningkatkan posisi SERP. Sebuah blog/web bila kita analogikan, tak ubahnya sebagai bentuk bangunan rumah yang memiliki bentuk penataan dan struktur-struktur tertentu di dalamnya. Mulai dari sturktur pondasi hingga struktur atap dan model bangunan rumah itu sendiri. Semuanya itu sudah pasti terrencana dengan baik dan maksimal.

Demikian halnya dengan sebuah Blog/Web, bilamana kita amati secara seksama,secara umum akan menunjukkan struktur seperti gambar di bawah ini  :

Info Blog, struktur blog/web

Penjelasan  :

Angka 1 biasa disebut dengan "Header" atau kepala halaman. Kepala halaman ini biasanya berisi logo, judul blog, deskripsi blog dan dapat pula berisi sebuah banner iklan dan lain-lain sesuai dengan keinginan pemilik blog untuk mengembangkan blog yang dimilikinya.

Angka 2 biasa disebut dengan "Menu Navigasi" sebuah blog yang biasa berisikan berbagai link-link utama untuk menjelaskan kepemilikan dan gambaran umum sebuah blog. Biasanya pada menu navigasi ini akan memuat hal-hal yang berkaitan Home (back to homepage), About (tentang pemilik blog), Kontak (fasilitas untuk menghubungi di pemilik) dan masih banyak yang lainnya lagi.

Angka 3 biasa disebut dengan "Main Body" sebuah ruang yang biasanya berisi tentang konten atau artikel-artikel yang dimiliki oleh sebuah blog. 

Angka 4 biasa disebut dengan "Sidebar" yang biasanya dipergunakan untuk meletakkan fitur-fitur tambahan blog semacam Popular Post, Media Social, Recent Comment dan bisa jadi dipergunakan untuk menempatkan iklan-iklan blog.

Angka 5 biasa dikenal dengan "Footer" yang umumnya berisikan tentang Hak Cipta, Informasi Template dan Pembuatnya dan lain-lain. Bahkan pada bagian ini juga sering dikembangkan dengan beberapa link banner iklan yang menunjang keberadaan blog/web.


Struktur blog/web yang terencana dengan baik dapat meningkatkan ranking blog yang bersangkutan pada hasil pencarian Google.  Kali ini kita akan belajar bagaimana mengatur struktur situs anda agar search engine dapat menemukan konten yang terbaik dan profitable dari situs kita dan pengunjung pun memiliki pengalaman yang menarik selama mereka berkunjung ke situs kita.

Kenapa struktur situs sangat penting bagi kesuksesan anda  ?

Saya ingin anda membayangkan bahwa anda akan memulai membangun rumah impian anda. Boleh dengan style apapun yang anda suka, dengan banyak ruang seperti yang anda inginkan. Anda dapat memiliki kolam renang indoor yang besar, perpustakaan yang keren dan bioskop indoor dengan ukuran yang besar pula.

Bagaimana anda memulai project tersebut? Dari mana anda akan memulainya?

Sepertinya tidak mungkin anda langsung memulai membangun fondasi sebelum membuat rencana arsitekturnya. Anda pasti ingin rumah ini terasa nyaman, mudah untuk berkeliling di dalamnya, dan tata letaknya yang logis, namun intuitif. Ini sama seperti situs anda.

Merencanakan struktur blog/web anda, mulai dari navigasinya, logika, dan mengetahui keyword yang anda targetkan adalah hal yang sangat penting bagi kesuksesan situs anda tersebut untuk menarik traffic kunjungan yang maksimal.

Faktanya, struktur situs anda, seperti bagaimana page anda dapat terhubung satu sama lain adalah kunci dari bisnis plan anda yang merupakan hal yang sangat penting.

Namun, struktur suatu situs itu ditentukan oleh disainer dari situs itu sendiri. Sebagian besar desainer web yang saya kenal itu sangat kreatif, mereka memiliki ide yang hebat, dan biasanya mereka menghasilkan situs dengan tampilan yang indah. Tetapi, hanya sedikit dari desainer web yang memiliki pengetahuan yang baik tentang SEO, jadi apa yang sering kami temukan adalah situs dengan tampilan yang indah, tetapi tidak memiliki banyak traffic.

Anda dapat memperbaikinya apabila anda memiliki budget marketing yang besar. Jika tidak maka situs anda akan menjadi tempat yang sepi.

Kenapa struktur situs sangat penting ?

Struktur situs dan navigasi sangatlah penting untuk tiga alasan berikut (Semuanya adalah hal yang  fundamental bagi SEO ):

Indexing – membantu search engine untuk menemukan page/halaman situs anda. Hanya page yang diindex Gooole  yang dapat muncul di halaman hasil pencarian Google.

Link Power – Mendistribusikan semua link anda ke semua page/halaman anda. Link Power berasal dari situs lain yang terhubung dengan situs anda. Dan tentunya dengan kompetisi keyword. Ini adalah faktor yang penting untuk memutuskan dimana page/halaman anda akan muncul di hasil pencarian search engine/Google.

Usability – mambantu user menemukan konten apa yang mereka ingin dengan cepat (dengan klik yang sedikit mungkin).


Halaman mana yang sangat penting dari situs anda ?

Sebelum anda merencanakan internal linking, anda perlu mengetahui halaman mana yang sangat penting di situs anda. Jadi, bagaimana untuk menemukan halaman yang penting tersebut ? Jika anda menjual produk, anda dapat melacak penjualan anda di Google Analytics. Anda dapat menemukan halaman yang mana yang menghasilkan pendapatan dan keuntungan.

Jika anda seorang blogger yang menghasilkan uang lewat iklan, anda pasti ingin mempromosikan halaman anda agar dapat menghasilkan banyak traffic dan klik pada iklan anda. Anda juga dapat mencarinya di Google Analytics.Jika anda belum memiliki akun Google Analytics, buatlah sekarang juga!!

 
Menghubungkan halaman yang paling penting di situs anda

Saat anda telah menemukan halaman yang penting tersebut atau yang menghasilkan banyak keuntungan , anda harus memastikan struktur situs anda dapat membantu anda untuk mempromosikan halaman tersebut.

Mari lihat contoh situs “bead” ini. Ini adalah model yang sangat simple, hanya ada tiga kategori, dan tiga halaman konten di setiap kategori. Dalam kenyataannya, anda akan memiliki lebih banyak dari ini. Bisa kita lihat bahwa struktur situsnya flat (ini merupakan hal yang bagus).

Info Blog, struktur link


Konsistensi Struktur Blog/Web.

Sebuah blog/web yang bagus tentu akan berusaha dan selalu berupaya untuk tetap mempertahankan struktur blog/web yang telah dimilikinya dengan baik tersebut. Hal ini tentu saja berkaitan dengan upaya untuk tidak membuat bingung mesin-mesin telusur atau search engine.

Ditinjau dari perspektif Google, mesin telusur ini akan sangat sulit untuk dapat memahami apa sebenarnya isi sebuah blog/web yang terlalu sering berganti-ganti strukturnya, Google dalam hal ini akan kehilangan patokan yang pasti terhadap blog/web tersebut.

Dengan demikian, janganlah kita terlalu mudah untuk mengganti, merubah atau menambahkan struktur blog/web yang ter-index oleh Google bilamana dirasa tidak terlalu penting.
 
Enter your email address to get update from Info Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan meninggalkan komentar yang sesuai dengan artikel di atas, komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini di masa-masa mendatang.
Mohon jangan melakukan spam, atau promosi produk atau apapun yang tergolong hal-hal negatif
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.

Copyright © 2015. Info Blog 97 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger