logo blog
Selamat Datang Di Info Blog
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Info Blog ini,
Semoga apa yang Info Blog share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Membangun dan Membuat Backlink Berkualitas

Info Blog, backlink bannerSebagus apapun strategi SEO OnPage yang anda lakukan, bilamana tanpa disertai dengan Backlink (SEO OffPage) tidak akan berarti apa-apa bagi perkembangan atau peringkat website/blog anda di mata search engine. Backlink yang berkualitas akan banyak membantu untuk mengarahkan search engine menuju atau melirik website/blog yang anda miliki (dan telah anda optimasi dengan baik). Backlink dalam hal ini adalah bagian dari proses optimasi SEO, tepatnya adalah SEO OffPage, sebuah proses SEO yang dilakukan di luar website atau blog anda dengan cara mengarahkan link-link khusus ke halaman website atau blog milik anda.

Sebelum anda memulai untuk mengetahui apa itu backlink atau anda ingin mencari atau mendapatkan backlink, ada satu hal penting yang harus anda persiapkan terlebih dahulu yaitu suatu Konten atau Posting. Semua praktisi SEO pasti sepakat, mustahil anda bisa mendapatkan backlink berkualitas tanpa memiliki konten yang berkualitas.
Balik lagi ke konsepnya. Backlink adalah suatu bentuk rekomendasi. Sewajarnya, tidak akan ada yang pernah merekomendasikan konten anda apabila tidak menarik, tidak luar biasa, dan tidak berkualitas. Karena itulah konten merupakan pondasi awalnya. Jadi pastikan anda sudah menyediakan minimal 1 konten berkualitas.

Apa itu Backlink ?

Kata Backlink sebenarnya dibentuk dalam dua kata, yaitu "Back" dan "Link", arti dari 2 kata itu berasal dari bahasa Inggris, jika digabungkan akan menjadi "BACKLINK". Back arti dalam bahasa Inggrisnya adalah kembali/balik. Link arti dalam bahasa Inggrisnya adalah alamat suatu web. Jadi Backlink itu adalah Link kembali atau Link balik dari suatu web yang menuju ke website/blog anda. Intinya, backlink ini dikatakan baik untuk SEO (mengoptimasi search engine) karena backlink pada dasarnya suatu signal penting yang mengarah dari web lain ke web anda, karena web lain itulah yang membuat website anda teroptimasi, dan lebih kuat bersaing di Google. Signal yang diberi oleh web lain itu menandakan bahwa blog atau website anda layak untuk dibaca, maupun dikunjungi oleh pengguna internet yang sedang mencari informasi.

Setelah mengenal apa itu Backlink, lalu sebenernya apa saja manfaat dan kegunaan Backlink untuk situs anda ?

Manfaat dan Kegunaan Backlink
  •     Backlink Membantu Meningkatkan Page Rank dan Page Authority situs anda
  •     Backlink Membantu Memaksimalkan serp atau posisi situs anda di Serach Engine
  •     Backlink Membantu Meningkatkan trafik pengunjung situs anda
  •     Backlink Membantu dan mempercepat situs anda agar lebih Populer

Backlink memang sangat berperan penting dalam dunia SEO (mengoptimasi search engine) , Namun untuk memaksimalkan semua ini harus di tunjang dengan teknik menanam Backlik yang benar dan dengan Backlink yang berkualitas.

Getting backlinks – links from other websites to your business’s website – is the most effective way to improve your rankings. Not all backlinks are equal though. Some backlinks won’t improve your rankings at all, and some might even have a negative effect. Therefore, your focus should be on acquiring high quality backlinks.

What makes a backlink high quality is subjective, and every SEO consultant will have at least a slightly differing opinion on the topic, however, most would agree that a good quality backlink would be comprised of several of the factors listed below, and that a backlink that ticks all of these boxes would be the perfect backlink.

Ciri-ciri Backlink yang Berkualitas

Backlink yang Berkualitas artinya berasal dari website yang Aktif dan Reputasinya baik,

Backlink dengan OBL yang Rendah - OBL ( Outbound Link) atau sering disebut juga dengan Eksternal Link merupakan link dalam sebuah situs yang mengarah keluar atau mengarah ke link situs lain. Jadi jika Outbound link (link keluar) atau bisa juga disebut External linknya sedikit, maka boleh dikategorikan sebagai Web yang layak untuk anda tanami backlink.

Backlink dengan Page Authority Tinggi - Baclink yang diletakan dalam homepage sebuah situs dengan domain atuhority tinggi memiliki peranan penting dalam mempengarhi peringkat sebuah halaman dimata mesin pencari.

One Way Link - Backlink satu arah yang menuju situs anda, tanpa ada respond dari anda sendiri untuk menanam link (backlink) ke situs yang memberi anda backlink.

Baclink dari Situs Berpagerank tinggi - Backlink yang kita tempatkan di situs dengan pagerank tinggi adalah salah satu bentuk dari backlink berkualitas yang dapat meningkatkan peringkat halaman di hasil pencarian mesin pencari.

Backlink dari situs yang satu Niche - Baclink yang bersumber dari blog atau situs yang memiliki relevansi atau topik yang sama lebih berukualitas jika dibandingkan backlink yang bersumber dari blog diluar topik.

Backlink dengan Komentar yang Relevan - Usahakan berkomentar yang relevan atau sesuai dengan topik artikel yang sedang dibahas, karena komentar asal-asalan bisa menjadi bumerang untuk situs anda, situs anda bisa dianggap sebagai spam karena komentar-komentar yang tidak relevan.

Letak Backlink Dalam Artikel - Sebuah backlink yang diletakan di awal permulaan sebuah artikel itu lebih baik dari pada lokasi lainnya, sebaiknya ketika meletakan backlink, disarankan untuk meletakannya di paragraf pertama artikel.

Backlink dari situs .EDU dan .GOV - Backlink dari situs .edu dan .gov adalah salah satu bentuk backlink yang sangat berkualitas dimata mesin pencari, baclink dari situs tersebut di sinyalir mendapatkan tempat khusus pada algoritma mesin pencari sehingga sangat diprioritaskan

Backlink dari Blog Dofollow - Backlink yang berkualitas bisa Anda dapatkan dari blog yang memasang script dofollow pada blognya. Hampir semua blog yang dofollow sering di index oleh search engine. Jadi berkomentar pada blog dofollow akan semakin memudahkan Anda untuk mendapatkan backlink yang berkualitas.

Teknik Menanam backlink yang Benar
Ingatlah jangan asal-asalan untuk mencari atau mendapatkan backlink, dan jangan sering-sering atau melakukanya secara brutal untuk mendapatkan backlink dengan teknik Black Hat, karena itu akan berakibat fatal untuk keberlangsungan situs anda, situs anda bisa dianggap buruk oleh google dan bisa dikenakan pinalty. Agar tidak terjebak dengan teknik Black Hat, jangan lakukan teknik-teknik link building seperti di bawah ini :

  •     Private blog network
  •     Redirect 301
  •     Guest blog secara massal di website berkualitas rendah
  •     Submit artikel ke direktori & Press Release
  •     Web 2.0 yang hanya berisi 1-2 post
  •     Linkwheel, pyramid, dan tiered link
  •     Spam di forum
  •     Spam komentar blog
  •     Submit ke social bookmarking secara massal

Bingung dengan istilah Black Hat diatas ? Anda tidak perlu paham istilahnya sekarang. Sebenarnya tidak ada yang melarang anda untuk melakukan hal-hal dengan teknik di atas, saya terkadang juga melakukan beberapa teknik tersebut, namun jangan keseringan saja atau melakukanya secara brutal. Intinya nanti ketika anda bertemu istilah di atas, anda paham bahwa teknik tersebut dikategorikan sebagai black hat. 

Enter your email address to get update from Info Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan meninggalkan komentar yang sesuai dengan artikel di atas, komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini di masa-masa mendatang.
Mohon jangan melakukan spam, atau promosi produk atau apapun yang tergolong hal-hal negatif
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.

Copyright © 2015. Info Blog 97 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger