logo blog
Selamat Datang Di Info Blog
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Info Blog ini,
Semoga apa yang Info Blog share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Merebut tempat pertama di SERP Google

Info Blog, persaingan
Info Blog. Merebut tempat pertama di SERP Google bukanlah merupakan suatu perkara yang mudah untuk dilakukan, terutama dengan berlakunya algoritma Hummingbird yang didukung dengan algoritma baru Google MobileGeddon dewasa ini. Banyak faktor yang ikut berperan di dalamnya terutama berkaitan dengan pola-pola SEO modern yang wajib diterapkan dalam rangka optimasi sebuah blog (apalagi blog yang baru dibentuk semacam Info Blog ini).

Tulisan ini sebenarnya merupakan pengalaman pribadi penulis dalam mengelola Info Blog ini, dalam hal mana harus melalui pergerakan yang merangkak dari hari ke hari, bulan ke bulan untuk dapat sampai pada posisinya yang sekarang (halaman pertama hasil pencarian Google search engine, meskipun belum sampai pada posisi pertama). Proses merangkak tersebut sangat terasa melelahkan dan pula menguras pikiran untuk menciptakan strategi-strategi jitu mengalahkan kompetitor-kompetitor yang lainnya (yang nota bene telah lebih dahulu muncul dalam hasil SERP). Tidak mudah memang, semuanya itu membutuhkan kerja keras, disiplin, konsisten dan tidak mudah patah arang.

Hal tersulit yang penulis alami adalah "bagaimana cara mengalahkan blog-blog pesaing" yang jumlahnya ribuan, jutaan, ratusan juta dan bahkan milyaran. Blog-blog pesaing tersebut telah lebih dahulu "terpandang" di mata Google sebagai acuan search engine blogger-blogger dunia yang ada dewasa ini. Ditambah lagi penulis dalam hal ini bukanlah seorang blogger yang terkenal di mata Google, namun lebih bersifat blogger newbie atau blogger pendatang baru. Semua hal tersebut berakumulasi menjadi satu kesatuan dan menciptakan "tingkat kesulitan" tersendiri yang mau tidak mau harus diatasi, dipecahkan dengan suatu solusi yang tepat dan efektif. Dalam artian harus menempuh strategi-strategi yang dapat berhasil guna dan berdaya guna dengan tidak melanggar TOS Google.

Banyak cara telah dibahas oleh beberapa blogger profesional untuk merebut tempat pertama di SERP Google ini, dan dalam hal ini penulis hanya akan menuturkan hal-hal yang berkaitan dengan pengalaman penulis saja, diantaranya :

1. Mengoptimalkan Template Blog yang dipergunakan.
Optimalisasi Template Blog yang dipergunakan setidaknya mampu mendongkrak eksistensi blog yang bersangkutan. Optimalisasi template blog tersebut tidak dapat dilepaskan dari pemakaian model Responsive Template yang memiliki kecepatan loading di atas rata-rata blog-blog pesaing, sehingga dengan demikian diharapkan akan mampu meraup jumlah kunjungan yang lumayan besar, karena hal ini didasarkan kepada pemikiran sederhana, semakin cepat akses sebuah blog, maka akan semakin suka para pengunjung untuk mengaksesnya. Logika lainnya adalah, dengan mempergunakan model Responsive Template, kita kan mendapatkan deversifikasi kunjungan dari pengunjung-pengunjung yang mempergunakan perangkat-perangkat mobile semacam iPad dan Smartphone.

Dengan mengoptimalkan template blog yang kita pergunakan, maka secar otomatis proses-proses SEO OnPage telah kita jalankan sebagaimana mestinya, dan tinggal mengandalkan pola-pola SEO OffPage (yang akan dibahas belakangan).

2. Membuat Konten-konten yang Original dan Berkualitas.
Esensi dasar sebuah blog adalah terletak pada konten-konten blog yang biasanya berupa sebuah artikel blog yang menginformasikan tentang banyak hal dan belum terlalu diketahui oleh sekalian pengunjung blog. Pembuatan konten-konten yang original dan berkualitas inilah pada dasarnya yang merupakan proses SEO Modern di tengah berlakunya algoritma-algoritma Google yang semakin pandai dan peka terhadap berbagai macam pelanggaran yang sering dilakukan oleh para blogger.

Ciri-ciri konten berkualitas itu sendiri pada dasarnya adalah merupakan sebuah konten yang original (bukan hasil copy-paste), membahas suatu hal atau topik bahasan secara mendalam dan menyeluruh yang mampu membedakannya dengan artikel-artikel sejenis lainnya yang telah lebih dahulu ada di internet. Selanjutnya konten yang berkualitas tersebut pada dasarnya tidak mudah out-of-date alias tidak mudah ketinggalan jaman, serta tidak bersifat berita bombastis yang sementara sifatnya.

3. Promosi Blog dan artikel.
Tahapan berikutnya yang penulis lakukan adalah promosi blog (homepage) dan artikel blog (konten-konten unggulan yang ada). Proses promosi ini pun penulis lakukan secara wajar dan tidak terlalu menggebu-gebu, dan penulis lakukan dengan cara submit url ke berbagai search engine termasuk Google Webmaster untuk proses crawling.

Tahapan promosi selanjutnya adalah dengan mempergunakan berbagai macam situs media sosial semacam Google Plus, Facebook dan Twitter, namun dalam hal ini penulis lebih konsentrasi untuk submit artikel ke produk-produk Google Plus, semacam komunitas-komunitas Google Plus yang ada.

Langkah berikutnya, masih dalam tahapan promosi blog dan artikel, penulis dalam hal ini aktif di berbagai forum yang ada semacam forumku.com, republika.co.id dan berbagai forum lainnya. Hal ini semata-mata penulis lakukan untuk sharing artikel blog sekaligus mendapatkan backlink dari berbagai forum tersebut.

Dengan tiga langkah tersebut di atas, saat ini Info Blog telah berhasil masuk pada halaman pertama daftar pencarian Google search engine. Bagaimana dengan anda .... ???

Baca juga : Kiat-kiat Sukses Promosi Blog Gratisan

Enter your email address to get update from Info Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

9 komentar

Merebut tempat pertama pada sebuah hasil pencarian (SERP) memang terkesan melelahkan, namun sekaligus menyenangkan bilamana kita telah berhasil mendapatkannya ... teruslah berusaha, suatu saat nanti pasti akan tercapai ..............

Balas

Thanks for sharing, artikel ini sangat membantu aktivitasku sebagai blogger newbie

Balas

Sukses buat adminnya, teruslah berusaha untuk merebut tempat pertama pada SERP Google, hasilnya pasti akan menaikkan eksistensi blog anda .....

Balas

Terima kasih atas dukungan anda, salam blogger

Balas

Semoga dapat bermanfaat mas bro

Balas

Terima kasih banyak atas motivasi anda

Balas

Bagiku merebut tempat pertama pada hasil pencarian Google itu masih merupakan masalah yang belum terpecahkan, namun dengan adanya artikel ini aku jadi bertambah wawasan berpikir ..........................

Balas

Suatu kepuasan dan kebanggaan tersendiri ketika sudah mampu merebut kasta 10 besar laman SE. Meski berawal dari long tail keyword tidak masalah, seiring waktu belajar, pengalaman bertambah sampai akhirnya mampu bertengger dengan kata kunci pendek. Itulah proses pembelajaran. Salam blogger

Balas

Dalam setiap aktivitas blogging yang aku lakukan, dalam hal ini aku selalu berorientasi untuk dapat menempatkan blog ataupun konten blog pada posisi yang teratas dari daftar hasil pencarian oleh search engine. Dan artikel ini kembali meneguhkan semangat aku. Thanks for sharing.

Balas

Silahkan meninggalkan komentar yang sesuai dengan artikel di atas, komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini di masa-masa mendatang.
Mohon jangan melakukan spam, atau promosi produk atau apapun yang tergolong hal-hal negatif
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.

Copyright © 2015. Info Blog 97 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger