logo blog
Selamat Datang Di Info Blog
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Info Blog ini,
Semoga apa yang Info Blog share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Rahasia Sukses mengelola Toko Online

Info Blog. Mengelola sebuah toko online yang sukses, sukses mendapat ranking tinggi di Google, sukses memiliki backlink network luas dan dan sukses mendapatkan trafik pengunjung yang tinggi setiap harinya adalah merupakan dambaan setiap pemilik bisnis toko online di dunia maya

Bisnis toko online adalah sebuah cara promosi atau menawarkan barang atau jasa yang dilakukan dengan menggunakan jaringan internet, untuk mudahnya pengertian bisnis online adalah "menjual atau promosi yang dilakukan dengan cara online atau menggunakan internet dengan saling berkomukasi". Hal ini sangat berbeda sekali dengan bisnis offline, dimana jika ingin mendapatkan barang kita harus pergi ke tempat penjual barang tersebut. Namun dengan menggunakan bisnis online hal itu tidak lagi digunakan karena dengan menggunakan gambar dan artikel sebagai bukti akan bisa terjadi transaksi. Jadi kesimpulannya menggunakan bisnis online itu sangat mudah, akan tetapi jika Anda memilih cara bisnis online, hal yang pertama harus Anda tanamkan adalah kejujuran dalam berbisnis. Sebab orang akan percaya pada Anda dan begitu sebaliknya.

Sebagai pemilik bisnis toko online, pastilah Anda ingin setiap harinya terjadi transaksi bisnis lewat toko online yang Anda miliki. Semakin tinggi terjadinya proses transaksi bisnis, maka semakin besar pula omzet sekaligus profit yang Anda dapatkan. Hal sebaliknya, bilamana toko online kita sepi pengunjung, pastilah transaksi bisnisnya akan kecil, otomatis profit yang diperoleh juga kecil.

Baiklah kita simak penggalan kisah Berry Kitchen berikut ini  :

Berry Kitchen adalah sebuah startup online catering dengan konsep yang unik dan sukses menjalankan bisnisnya di Indonesia. Ordernya telah mencapai 1000-1200 pax/hari. Total karyawannya mencapai sekitar 65 orang. Tidak seperti catering biasa, dapur Berry Kitchen dikelola secara profesional dan higienis, dikepalai oleh seorang Chef yang merupakan partner bisnis Cynthia.

Menariknya model bisnis Berry Kitchen ternyata tidak mudah untuk dikelola. Ada 3 aspek sulit yang harus dikelolanya sekaligus : Logistik, Dapur dan Teknologi. Meskipun hampir menyerah dalam menjalankannya, ia tetap teguh untuk trial & error hingga akhirnya berhasil menemukan celah dan merapikan sistem bisnisnya.

Bagaimana Berry Kitchen mengelola bisnisnya? Seperti apa cerita & kesulitan yang dihadapi Berry Kitchen ? Bagaimana cara Cynthia sukses mengelola karyawannya ? Bagaimana Berry Kitchen mempertahankan loyalitas pelanggannya di tengah persaingan harga Catering yang demikian ketat ? Temukan jawabannya pada pembahasan berikut ini :

Info Blog, berry kitchen
Cynthia memulai Berry Kitchen sejak akhir 2012. Sebelumnya Cynthia bekerja di berbagai perusahaan seperti Groupon, YCAB Foundation, RCTI. Dulu pada saat bekerja di kantor, Cynthia selalu mendapatkan makan siang. Namun ia agak pemilih soal makanan dan kurang cocok dengan makanan yang didapatkannya dari kantor. Jadi, makanannya sering tidak habis dan terbuang sia-sia, kebetulan teman-temannya juga demikian. Cynthia ingin mencari catering di luar kantor, namun sulit untuk menemukan yang menunya cocok, tidak ada minimum order dan juga tidak ada delivery fee.

Kebetulan sebelumnya Cynthia bekerja di Groupon dan ingin membuat bisnis online karena merasa peluangnya besar. Selain itu, Cynthia saat itu melihat kategori makanan masih hijau pasarnya, pemainnya belum ada dan dengan modal yang dimilikinya paling mungkin adalah membuat bisnis makanan. Itulah awalnya muncul ide membuat Berry Kitchen.

TIDAK ada Delivery Fee dan TIDAK ada Minimum Order, Apakah tidak rugi ?

“Jika ada yang pesan 1 box dikirim ke kantor, kita rugi, tapi ruginya tidak terlalu besar. Paling hanya 1-2rb per box, dan kita anggap sebagai biaya marketing. Karena ternyata, dari satu box di kantor bisa bertambah hingga 5-10 box di kantor tersebut. Teman-temannya juga ikut memesan.”

Siapa target market Berry Kitchen ?

Siapapun yang bekerja dan internet Savvy. Banyak customernya adalah karyawan personal dan perusahaan-perusahaan startup yang jumlah karyawannya tergolong sedikit.

Apa diferensiasi BerryKitchen dari Catering lainnya ?

Catering di Indonesia biasanya didominasi oleh ibu-ibu yang memasak sendiri di rumah. Namun Cynthia belum menemukan yang dikelola secara profesional dan dengan teknologi yang baik.

Cara pemesanannya unik, menggunakan sistem point. Customer perlu membeli point di Berry Kitchen yang akan mereka gunakan untuk memesan makanan.

Rahasia Sukses Mengelola Toko Online.

1. Mempraktekkan tehnik-tehnik Marketing.
Setelah kita memiliki sebuah website toko online, langkah berikutnya adalah mempraktekkan tehnik-tehnik marketing yang memadai. Meskipun kita telah memiliki sebuah website toko online yang menarik, namun mustahil akan mendapatkan kunjungan bilamana kita tidak pandai-pandai memanfaatkan tehnik-tehnik marketing.

Proses marketing di sini adalah merupakan proses memperkenalkan website toko online tersebut ke berbagai macam kalangan yang memang berniat untuk membeli produk atau jasa yang kita tawarkan dalam sebuah website toko online.

Untuk mempraktekkan tehnik-tehnik marketing ini memang membutuhkan pola-pola kreativitas yang tinggi agar memperoleh hasil yang maksimal. Pemakaian tehnik-tehnik SEO Onpage maupun SEO Offpage pun perlu dilakukan secara seimbang. Proses SEO OffPage dilakukan dalam rangka merangkul berbagai search engine untuk melirik website toko online tersebut, sedangkan proses SEO OffPage dilakukan dalam rangka mendapatkan backlink dan dalam kaitannya pemasangan advertisting. Kedua proses SEO tersebut diperlukan untuk menarik pengunjung, sehingga dapat menghasilkan trafik yang tinggi, sehingga membuka peluang terjadinya transaksi.

Baca juga : Meraih Sukses dengan berpikir kreatif.


2. Desain website toko online yang menarik dan profesional.
Apapun yang didesain secara menarik dan profesional pasti akan menarik perhatian orang lain, demikian halnya dengan desain toko online Anda, agar bisa meraih sukses atau berbeda dengan yang lain, maka desain website toko online tersebut haruslah terlihat profesional dan menarik. Ingatlah, sudah menjadi kebiasaan pengunjung untuk melakukan penilaian pada pandangan yang pertama, bilamana seorang pengunjung mendatangi website toko online kita, maka 10 detik pertama adalah merupakan masa penentuan baginya untuk menyukai website toko online Anda atau tidak. Desain website yang menarik, pastilah akan membuat ia jatuh hati. Oleh karenanya, janganlah Anda ragu untuk membeli template toko online yang premium agar lebih terlihat profesional.

3. Mempergunakan Iklan Premium.
Tidak ada yang melarang Anda untuk memanfaatkan produk-produk iklan gratisan sebagai sarana untuk mengiklankan website toko online Anda, namun dalam hal ini perlu anda pertimbangkan juga : untuk menjangkau target promosi yang lebih luas, maka dalam hal ini Anda membutuhkan produk Iklan Premium. Oleh karenanya, Anda perlu untuk menyediakan budget (semampu Anda) untuk memperoleh layanan Iklan Premium ini.

4. Jangan membeli Like Illegal.
Bilamana Anda mempergunakan fitur-fitur Facebook Fanspage maupun Google Plus dalam rangka mempromosikan website toko online, usahakan jangan membeli "Like Illegal", karena biasanya fitur tersebut tidak tertarget, sehingga akan membuang-buang biaya promosi. Dapatkan "like" ini secara tertarget, natural dan alami. Dalam hal ini Anda dapat membuat konten-konten yang original dan berkualitas untuk melengkapi website toko online Anda.

Baca juga : Rahasia Konten yang berkualitas.

5. Selalu melakukan Cek kesiapan Stok.
Kita telah melakukan semua langkah-langkah dalam ke-empat point di atas, namun pada saat terjadi transaksi pembelian kita tidak dapat memenuhi permintaan konsumen dengan alasan tidak ada stok, hal ini tentu saja akan menurunkan kredibilitas Anda dan website toko online yang bersangkutan. Apalagi bilamana Anda menjalankan bisnis toko online dengan sistem dropship yang sangat bergantung kepada supplier, maka Anda wajib pula untuk mengecek kualitas produk yang akan kita kirim, jangan sampai terjadi kualitas yang berbeda dengan yang kita tawarkan dalam website toko online, atau memiliki perbedaan wujud dengan gambar yang telah kita pasang dalam website toko online.


Demikianlah uraian penulis tentang rahasia sukses mengelola toko online, semoga bermanfaat.


Enter your email address to get update from Info Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

Bikin online shop masih ribet? Kamu bisa mencoba buat Toko Online dengan Jejualan.com Aman, Cepat & Mudah. Hanya 20 Detik!

Balas

Silahkan meninggalkan komentar yang sesuai dengan artikel di atas, komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini di masa-masa mendatang.
Mohon jangan melakukan spam, atau promosi produk atau apapun yang tergolong hal-hal negatif
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.

Copyright © 2015. Info Blog 97 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger