logo blog
Selamat Datang Di Info Blog
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Info Blog ini,
Semoga apa yang Info Blog share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Tentang Seputar Pengertian Backlink Blog

Info Blog, backlink logo
Info Blog. Backlink adalah sebuah script link yang disusun berisi alamat suatu web/blog, yang dipasangkan kedalam suatu situs/blog tertentu. Kenapa kita harus membangun sebuah backlink? Karena backlink sendiri memiliki manfaat untuk menaikkan page-rank blog kita di dalam suatu mesin pencari seperti Google, Yahoo, Ask dan lain-lain.

Jaringan internet di dunia sering disebut “the web” atau istilahnya jaring laba – laba. Jaring laba – laba ini terbentuk oleh benang – benang yang di buat oleh Sang laba-laba. Bila semakin besar lebar luas jaring laba – laba tersebut, maka jumlah mangsa yang akan diperoleh semakin besar.

Gambaran itulah yang bisa saya jadikan ilustrasi bagai mana system backlink bekerja di internet. Misalkan website/blog kita di ibaratkan sebagai jaring laba – laba. Sedangkan backlink, kita asumsikan benang – benang jaring. Dengan jaringan backlink yang luas maka berbanding lurus dengan status page-rank blog kita. Semakin luas jarinagn backlink kita maka semakin tinggi page-rank blog yang kita dapatkan.

Untuk mendapatkan page-rank blog tertentu kita membutuhkan backlink dari page-rank blog tertentu sejumlah [ ... ] backlink. Misalkan kita ingin mendapatkan pagerank 5. Untuk Mendapatkan pagerank 5 membutuhkan backlink dari page rank 3 sebanyak 555 backlink. Untuk Mendapatkan pagerank 5 membutuhkan backlink dari pagerank 6 sejumlah 3 backlink.

Backlink sendiri dibedakan ke dalam 3 jenis :

a. Backlink satu arah : dimana link yang didapat dari sebuah web atau blog sementara situs kita tidak memberikan link ke web atau blog tersebut. Misalnya Anda memberikan komentar di web atau blog lain, membuat signature di forum diskusi, backlinks dari iklan baris gratis, dan lain-lain.

b. Backlink dua arah : atau istilahnya saling ngelink, atau tukeran link. Dimana situs/blog kita memberikan link ke situs orang lain, dan situs orang lain itupun memberi link ke situs kita.

c. atau Three Way Links, dimana links terbentuk dari tiga buah situs. Misalnya situs A memberikan link ke situs B, situs B ini memberi links ke situs C, situs C memberi link ke A. Backlink seperti ini agak sulit didapat, kecuali kita menggunakan jasa SEO atau membuat suatu ikatan antar pemilik web atau blog untuk menciptakan links tiga arah ini. Atau bisa saja dengan dummy blog, Anda buat 3 blog, terus ciptakan link tiga arah ini.

Dari ketiga jenis backlink di atas manakah yang terbaik ? Jawabnya tentunya adalah backlink satu arah tetapi yang berkualitas. Yang saya maksud berkualitas disini adalah backlink satu arah yang diperoleh dari web atau blog yang pageranknya tinggi dan dofollow. Yang terpenting disini adalah dofollow, kenapa ? Karena link dari situs yang dofollow inilah yang dianggap/diperhatikan oleh mesin pencari, kalau link dari situs nofollow percuma saja kita dapat banyak sekalipun dan pagerank situs tersebut tinggi tetapi tidak memberikan manfaat yang berarti bagi blog kita.


Cara membangun backlink yang berkualitas.

Backlink adalah salah satu cara meningkatkan pengunjung blog, backlink merupakan salah satu SEO yang banyak dipakai backlink atau linkback adalah tautan atau link dari sebuah website menuju website lain, dengan kata lain sebuah website memberikan rekomendasi kepada usernya untuk mengunjungi website lain.

Jutuan dalam membacklink adalah agar website atau blog kita lebih populer di mesin pencarian Google, contohnya Google.com. Website atau blog yang memiliki banyak backlink berkualitas biasanya akan mendapat perhatian khusus dari mesin pencari, dan mesin pencari akan menempatkan website/ blog tersebut di halaman utama hasil pencarian untuk kata kunci tertentu dengan Backlinks Berkualitas.

Saya akan mencoba menjelaskan beberapa cara membangun backlinks berkualitas untuk blog atau website kita agar potingan kita dapat berada di halaman pertama Google, ada banyak cara yang dapat kita lakukan, contoh backlink yang saya lakukan di salah satu situs saya ada sebagai berikut, anda hanya perlu mempraktikannya di website atau blog anda.

1. Melalui Social Media
Backlinks dari situs-situs #social media adalah backlinks yang sangat berkualitas, contohnya backlinks dari Twitter, Google plus, dan Facebook. Walaupun biasanya backlinks dari situs-situs social media ini adalah Nofollow, mesin pencari seperti google tetap memperhitungkannya.
Selain backlink tentunya kita juga akan mendapatkan visitor dari teman atau followers kita di social media tersebut. Karena itu, sebaiknya setiap web/ blog yang kita bangun harus memiliki akun social media tersendiri, misalnya fans page Facebook dan juga akun twitter. Dengan memiliki banyak teman atau followers di situs-situs social media tentunya akan sangat mudah untuk membuat web/ blog kita menjadi populer, tentunya kita juga harus aktif di social media tersebut.

2. Melalui Web 2.0
Selain untuk membuat blog dengan gratis, Web 2.0 juga sering digunakan untuk kegiatan membangung backlinks. Dan tentu saja backlinks dari Web 2.0 ini sangat efektif dalam kegiatan SEO kita karena rata-rata Web 2.0 adalah high authority di mesin pencari, dengan kata lain Web 2.0 sudah dipercaya oleh mesin pencari.

3. Melalui Forum Signature
Saat ini banyak sekali forum-forum yang bisa kita temukan di internet, mulai dari forum para gamers, publisher, sampai forum para pengusaha. Salah satu forum yang sangat terkenal adalah kaskus.co.id, berbagai topik dibahas di forum ini. Selain kaskus.co.id, forum yang sudah sangat terkenal adalah ads-id, yaitu forum para publisher di Indonesia.

Di forum Ads-id.com para member yang verified dan donatur diberikan fasilitas untuk memasang signature dimana signature tersebut akan terlihat di setiap post yang kita kirimkan di forum tersebut. Memasang link menuju web/ blog kita di bagian signature tentunya akan memberikan keuntungan buat kita, yaitu backlink berkualitas dan juga visistor dari forum tersebut.

4. Melalui Artikel Direktori
Artikel direktori seringkali digunakan untuk kegiatan marketing dan membangun backlink. Kita dapat membangun backlinks dari situs artikel direktori dengan cara membuat artikel berkualitas lalu disubmit ke situs-situs artikel direktori. Banyak artikel direktori yang sudah sangat terkenal saat ini, untuk bahasa Inggris seperti Ezinearticles.com, Articlebase.com, dan lain-lain, sedangkan untuk bahasa Indonesia seperti cuitcuit.com, artikeloke.com, dan lain-lain.

5. Melalui Blogwalking
Blogwalking adalah kegiatan mengunjungi blog-blog lain lalu meninggalkan komentar dan kita bisa meninggalkan URL website kita dihalaman komentar tersebut. Ada 2 keuntungan dari kegiatan blogwalking, yang pertama adalah kita mendapatkan backlink, dan yang kedua adalah kunjungan langsung dari pemilik blog dan juga orang lain yang berkomentar di blog tersebut.

Yang sangat penting kita ingat adalah memberikan komentar yang baik dan tidak asal-asalan agar tidak dianggap spam oleh pemilik blog. Sebelum meninggalkan komentar sebaiknya baca artikel di blog tersebut, lalu berikan komentar yang memang berhubungan dengan artikel tersebut. Jangan memberikan komentar yang asal, seperti “Artikelnya bagus, thanks ya”, “pertamax gan”, “Waw baru tau nih”, dan komentar-komentar lain yang terlalu singkat.

6. Melalui Situs Social Bookmarking
Ide awal situs social bookmarking adalah agar memudahkan user untuk menyimpan URL atau link dari situs yang mereka sukai agar mudah di cari ketika ingin membuka kembali. Pada perkembangannya, situs social bookmarking banyak sekali digunakan oleh pelaku SEO untuk membantu mempopulerkan sebuah halaman website di mesin pencari.

Mesin pencari seperti Google juga menjelajahi halaman-halaman social bookmarking ini untuk mengetahui halaman-halaman website yang sering disimpan oleh pengguna internet.  Dan tentu saja ini akan mempengaruhi hasil pencarian di search engine tersebut.

7. Menjadi Guest Blogger
Menjadi guest blogger di sebuah blog yang sudah mapan adalah salah satu cara yang sangat ampuh untuk membuat blog kita cepat populer. Kita bisa menjadi penulis di blog orang lain – tentunya atas ijin si pemilik blog – lalu kita memposting artikel yang baik dan sesuai dengan topik yang ada di blog tersebut. Pada bagian biografi penulis kita bisa memeperkenalkan diri dan juga memasang link menuju web/ blog kita, 2 keuntungan sekaligus; backlink dan juga visitor.

8. Melalui Press Release
Backlinks dari situs-situs pres release adalah backlinks yang berkualitas, selain itu press release sangat berpotensi memberikan trafik pada web/ blog kita. Kalau saya perhatikan di Indonesia belum begitu populer dalam menggunakan press release untuk promosi website dan untuk kegiatan membangun backlinks, biasanya hanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar. Berbeda dengan di luar negeri, situs-situs press release ini sangat sering digunakan untuk kegiatan promosi dan membangun backlinks website, baik itu untuk perusahaan kecil, menengah, dan perusahaan besar.

Enter your email address to get update from Info Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

3 komentar

thanks informasinya gan, sangat membantu buat kita yang masih newbie
barubatu.blogspot.com

Balas

Sama-sama mas bro, mudah-mudahan bisa tambah wawasan

Balas

Thanks min infonya jadi ane udh agak ngerti , kunjung balik ya min
http://www.ilmi30.com/

Balas

Silahkan meninggalkan komentar yang sesuai dengan artikel di atas, komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini di masa-masa mendatang.
Mohon jangan melakukan spam, atau promosi produk atau apapun yang tergolong hal-hal negatif
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.

Copyright © 2015. Info Blog 97 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger