logo blog
Selamat Datang Di Info Blog
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Info Blog ini,
Semoga apa yang Info Blog share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Alexa-Rank naik turun tidak jelas

Info Blog, alexa banner
Info Blog, pada artikel ini akan berkisah tentang "Alexa-Rank naik turun tidak jelas", maksudnya peringkat Alexa naik turun dalam hitungan hari tanpa sebab yang jelas (yang tidak aku mengerti). Terkadang sungguh menjengkelkan mendapati kondisi Alexa-rank yang berperilaku sedemikian ini, kalau boleh saya ibaratkan dengan "anak kecil", maka peringkat Alexa ini tergolong anak cengeng dan kolokan, serta senantiasa mencari perhatian. Makanya saya bingung juga bila memikirkan peringkat Alexa ini menjadi sebuah tolok ukur untuk menentukan popularitas sebuah blog.

Dalam artikel tentang Memahami Alexa-rank telah penulis kupas dua hal penting yang mempengaruhi peringkat Alexa ini, yaitu Alexa Traffic (reach) dan Alexa Pageviews, hal mana kedua faktor tersebut sangat-sangat bergantung kepada dua hal, pertama : ada tidaknya Alexa Toolbar pada browser pengunjung blog, dan yang kedua : ada tidaknya Alexa Widget dalam sebuah blog. Alexa Traffic berkaitan dengan total jumlah pengunjung blog yang tercatat dalam server Alexa. Namun jumlah pengunjung yang tercatat tidak real-time, artinya pengunjung blog yang datang dari browser tanpa instalasi Alexa Toolbar kemungkinan besar tidak akan diperhitungkan sebagai pengunjung. Alexa Pageviews berkaitan dengan pola tingkah pengunjung blog, seorang pengunjung blog yang membuka halaman sebuah alamat url postingan secara berulang-ulang akan tetap dianggap sebagai satu kali kunjungan, dan bilamana ia membuka dua alamat url postingan yang berbeda, baru dihitung 2 kali kunjungan.

Kedua hal tersebut di atas lah yang pada akhirnya memunculkan fenomena cukup aneh di mata penulis, yaitu ada sebuah blog dengan jumlah postingan lebih dari 100 buah namun peringkat Alexanya masih berada di atas 1 jutaan, namun sebaliknya ada pula sebuah blog yang memiliki jumlah postingan di bawah 100 buah (masih sekitar 30 buah) namun telah memiliki peringkat Alexa di bawah 1 juta. Dengan demikian memunculkan pertanyaan, Apa yang menjadi sebad fenomena ini terjadi ? Jawaban yang penulis peroleh dari hasil blogwalking adalah sebagai berikut ini  :

1. Jarang Update Artikel
Sebuah situs web atau blog yang tidak pernah atau jarang diupdate dengan artikel atau konten yang baru dan berkualitas akan sangat terganggu dengan Alexa ranknya. Jarang update artikel merupakan faktor utama penyebab turunnya ranking Alexa dan akan menyebabkan faktor-faktor lainnya yang bisa menurunkan rank Alexa (menurunnya Alexa Pageviews).

2. Traffic Blog Turun
Dari faktor utama yaitu jarang update artikel maka akan mengakibatkan faktor baru yaitu traffic blog akan menurun, dengan traffic blog yang turun dan sedikit maka akan menghambat rank Alexa blog Anda. Oleh sebab itu rank Alexa akan sulit naik, bahkan dengan turunnya trafik blog Anda rank Alexa juga akan ikut turun.

3. Sering Ganti Template
Suatu blog yang terus menerus mengganti templatenya setiap hari atau setiap minggu akan sangat mengganggu terhadap rank Alexa, tidak hanya rank Alexa saja, SERP dan PageRank juga akan ikut terganggu, oleh sebab itu gunakanlah template yang benar-benar Anda suka dan tidak terus menerus mengganti template blog Anda.

4. Tidak Melakukan Blogwalking
Semua blogger pasti sering melakukan Blogwalking, tujuan melakukan blogwalking sangat banyak sekali salah satunya yaitu untuk mendapatkan Backlink dan Visitor. Melakukan blogwalking memang tidak harus dilakukan oleh para blogger, blogwalking ini sangat cocok dilakukan oleh blog yang masih baru di buat untuk memperkenalkan blog barunya dan mendapatkan visitor yang banyak dari blogwalking. Namun jika visitor Anda sudah banyak maka hal ini tidak terlalu wajib untuk Anda lakukan.

5. Blog Tidak Berkualitas
Suatu blog memiliki kualitasnya masing-masing, alangkah baiknya blog membahas satu hal saja jadi Anda harus bisa memilih thema blog yang paling cocok. Ada saja blog yang memiliki ratusan atau bahkan hingga ribuan artikel namun rank Alexa masih besar, maka perlu dipertanyakan darimana asal artikel tersebut, jika artikel tersebut hanyalah artikel hasil copy paste maka akan sangat berpengaruh dan menghabat rank Alexa.

6. Kebanjiran Pengunjung tanpa instalasi Alexa Toolbar pada browsernya
Di bagian atas telah penulis uraikan tentang pentingnya instalasi Alexa Toolbar pada browser (terutama) pengunjung blog. Dapat anda bayangkan sendiri bilamana kita kebanjiran traffic yang berasal dari sebuah perangkat mobile, yang nota bene tidak terpasang Alexa Toolbar pada browsernya. Apa jadinya dengan peringkat Alexa blog kita ? Akankah peringkat tersebut akan menurun ? Terus terang dalam hal ini saya tidak yakin, karena robot Alexa tidak akan pernah bisa mencatatnya.


Bagaimana cara mengatasi peringkat Alexa yang turun ?

Berikut ini cara mengatasi peringkat Alexa yang terus menurun  :

1. Bikin postingan yang banyak
Bikin postingan yang banyak dan teratur dengan intensitas yang cukup sering. Misalkan jika kita sebelumnya hanya bikin postingan seminggu sekali maka kita bikin postingan sehari sekali, bilamana perlu postinglah sehari 3 kali. Untuk artikelnya terserah kita, mau bikin postingan tentang Alexa atau hal-hal lainnya juga bisa. Pokoknya intinya bikin artikel baru.

2. Banyak blogwalking
Perbanyak blogwalking ke situs lainnya, selain menambah teman dan wawasan, blogwalking juga manjur untuk mengatasi Alexa rank yang menurun. Karena Alexa menghitung rank blog kita berdasarkan link yang menuju blog kita. Semakin banyak link maka semakin baik. Yang bagus sih jika blogwalking ke blog lain yang  Alexa ranknya dibawah sejuta. Tak perlu banyak kunjungi blog, cukup 5-10 blog saja tiap hari yang penting rutin tiap hari. Kalau tak ada ya 3 blog juga tak masalah, yang penting ada link yang menuju blog kita. 

3. Perbanyak bikin Thread di forum-forum
Bila anda termasuk anggota suatu forum yang aktif, maka lakukan penulisan thread-thread baru dengan menambahkan link menuju ke halaman utama blog atau bisa juga link yang menuju ke halaman postingan sebuah blog.


Demikianlah uraian penulis tentang "Alexa-Rank naik turun tidak jelas", semoga bermanfaat bagi kita semua.

Enter your email address to get update from Info Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

Silahkan meninggalkan komentar yang sesuai dengan artikel di atas, komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini di masa-masa mendatang.
Mohon jangan melakukan spam, atau promosi produk atau apapun yang tergolong hal-hal negatif
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.

Copyright © 2015. Info Blog 97 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger