logo blog
Selamat Datang Di Info Blog
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Info Blog ini,
Semoga apa yang Info Blog share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Facebook Fanspage tenggelamkan Blog Utama

Blog Info, fanspage logoBlog Info. Kejadian aneh telah penulis alami saat mencoba browsing dengan kata kunci Blog Info 12, dan hasilnya adalah sebuah daftar halaman pencarian yang menyimpulkan bahwa "Facebook Fanspage berpotensi menenggelamkan eksistensi Blog Utama". Hal ini sungguh mengagetkan bagi penulis yang nota bene seorang Blogger Pemula dan baru belajar di dunia blogging.

Facebook Fanspage ini pada dasarnya digunakan hanya sebagai sarana untuk berbagi artikel-artikel blog dengan tujuan utama untuk menarik pengunjung blog (sedapat mungkin dalam jumlah yang besar). Namun fakta yang terjadi justru sebaliknya, hal mana eksistensi Blog Utama menjadi tenggelam, sementara Facebook Fanspage-nya (yang sedianya merupakan alat bantu) justru melejit menempati urutan pertama dari daftar hasil pencarian (SERP) Google.

Berikut gambar daftar hasil pencarian tersebut  :

Blog Info, hasil SERP Google

Keterangan Gambar :
- Angka 1 menunjukkan posisi Facebook Fanspage (yang seharusnya menjadi alat bantu)
- Angka 2 menunjukkan posisi Blog Utama (yang menggunakan Facebook Fanspage sebagai alat bantu)

Pertanyaan yang muncul adalah : "Kenapa hal tersebut bisa terjadi ?".

Berikut uraian sebab-sebab terjadinya hal tersebut  :

1. Kesenjangan Tingkat Popularitas.
Siapa yang tidak tahu tentang popularitas Facebook (Fanspage) sebagai suatu media social ? Lalu-lintas kunjungan atau traffik Facebook (dalam satu hari) bisa mencapai jutaan pengunjung. Sebaliknya Blog Utama (dalam hal ini adalah Blog Info 12) adalah sebuah blog yang baru dibentuk dengan jumlah konten atau artikel yang belum begitu banyak. Tentu saja lalu lintas traffik yang dimilikinya pun kalah jauh bila dibandingkan dengan traffik Facebook (Fanspage).

Dari analisa kasus ini dapat ditarik kesimpulan bahwa kuantitas traffik (bisa jadi berkaitan dengan masalah popularitas) sebuah situs atau blog tetap menjadi bahan pertimbangan bagi Google untuk mengatur urut-urutan posisi pada daftar hasil pencarian search engine (SERP) yang dimilikinya. Situs atau blog yang mampu meraup kuantitas traffik paling banyak (bisa jadi paling populer), tentu akan memiliki potensi yang besar untuk dapat menempati urutan pertama dari sebuah daftar hasil pencarian (berdasarkan sebuah keyword atau kata kunci tertentu).

Selanjutnya dari hasil analisa kasus tersebut dapat pula diambil suatu kesimpulan (sementara), bahwa agar dapat merebut posisi terbaik (masuk dalam 10 besar daftar hasil pencarian Google search engine), maka sebuah situs atau blog harus mampu meningkatkan jumlah kunjungan (lalu lintas traffik) melebihi kuantitas jumlah kunjungan situs atau blog-blog pesaingnya. Dalam hal ini kualitas konten blog dan upaya promosi blog yang komprehensif menjadi sebuah aktivitas blogging yang wajib untuk diutamakan.

Silahkan baca artikel yang penting : Jangan gunakan Facebook Fanspage dulu ..

2. Faktor Umur sebuah situs atau blog.
Faktor umur sebuah situs atau blog dalam hal ini memegang peranan yang tidak kecil untuk menentukan peringkat sebuah situs atau blog dalam sebuah daftar hasil pencarian search engine. Dalam kasus di atas jelas-jelas kita ketahui bahwa umur Facebook tentu lebih tua bilamana dibandingkan dengan umur Blog Utamanya (Blog Info 12). Dengan demikian sangatlah sulit bagi Blog Utama untuk menggeser kedudukan Facebook Fanspage (yang sedianya akan dipakai sebagai alat untuk sharing artikel-artikel blog).

Facebook Fanspage dalam hal ini selain telah memiliki "umur", juga selalu mengalami proses update secara berkala tiap hari, tiap jam bahkan tiap menit dengan banyaknya member yang mempergunakan situs tersebut untuk berbagai macam kepentingan aktualisasi diri. Sebaliknya (dalam kasus ini), Blog Utama (Blog Info 12) ini bisa jadi hanya mengalami proses update blog maksimal satu hari satu artikel. Tentu saja hal ini akan berpengaruh pada peringkat daftar hasil pencarian search engine.

Demikianlah kiranya uraian tentang Facebook Fanspage tenggelamkan Blog Utama, bilamana ada diantara rekan-rekan yang berpendapat lain, silahkan untuk menuliskannya pada kolom kotak komentar di bawah ini.

Enter your email address to get update from Info Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 komentar

Wah .., kalau begitu mesti hati-hati dalam mempergunakannya ... trims atas informasinya

Balas

Waduh ........ terlalu riskan juga bagi sebuah blog yang baru bilamana terlalu banyak mempergunakan Fanspage untuk upaya-upaya optimasi ....

Balas

Silahkan meninggalkan komentar yang sesuai dengan artikel di atas, komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini di masa-masa mendatang.
Mohon jangan melakukan spam, atau promosi produk atau apapun yang tergolong hal-hal negatif
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.

Copyright © 2015. Info Blog 97 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger