logo blog
Selamat Datang Di Info Blog
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Info Blog ini,
Semoga apa yang Info Blog share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Kenapa Takut pakai Blog Gratisan .... ??

Blog Info. Tulisan "Kenapa Takut pakai Blog Gratisan .." ini pada dasarnya merupakan pembuka wawasan bagi para blogger untuk tidak takut mempergunakan blog gratisan dengan platform blogger manakala sedang menciptakan sebuah blog dan sekaligus mewadahi aktivitasnya di dunia blogging. Banyak blogger-blogger yang dengan sengaja meremehkan platform blogger ini dengan berbagai macam alasan yang terkesan dilebih-lebihkan karena ada motif-motif tertentu, dan selanjutnya pada artikel ini akan penulis kupas satu persatu, dengan didasarkan pada fakta-fakta tertentu sebagai penguatnya.

Menarik membaca ulasan dari sebuah website TLD yang menuliskan tentang kenapa kita harus dan wajib mempergunakan webhosting agar lebih sukses di dunia blogging, berikut ini cuplikannya  :

5 Alasan Mengapa Penulis Perlu Web Hosting Sendiri

1. Anda bebas memilih dan menggunakan nama domain
Anda bebas memilih kata kunci untuk domain yang ditargetkan selama itu masih available. Contohnya namaanda.com, penulisfiksitop.com, atau editorhandal.com.

Domain unik seperti contoh diatas memudahkan pembaca mengingat anda.

Sebagai penulis, anda perlu merek yang membedakan anda dari penulis lain. Menggunakan domain sendiri berarti anda mempromosikan merek anda, bukan merek pemilik layanan blog gratis.

2. Anda bebas mendesain tampilan blog
Anda bisa mendesain atau memodifikasi theme blog sesuai selera. Kontrol penuh atas kode blog berada di tangan anda.

Blog gratisan memang banyak menyediakan pilihan tema jadi. Anda bebas memakainya, begitu pula blogger lain. Akibatnya tampilan blog gratisan cenderung generik (mirip satu sama lain).

Bagaimana jika anda ingin tampilan blog yang mencerminkan genre tulisan anda ?

Mungkin anda ingin background atau header yang senada dengan sampul buku terbaru anda?

3. Anda leluasa menginstal plugin
Salah satu manfaat plugin bagi blog penulis yaitu membantu pelaksanaan taktik pemasaran. ..(dan ada ribuan plugin [gratis] yang bisa Anda pergunakan).

Contohnya plugin open hook (jika anda pengguna framework Genesis seperti saya).

Plugin open hook memudahkan penulis memasang banner iklan buku di semua tempat yang diinginkan. Anda tinggal pilih mau pasang di area before & after header, footer, atau before & after posting.

Anda tidak perlu menjadi desainer web jika menggunakan plugin. Yang perlu Anda lakukan hanya copy paste kode banner, klik, dan selesai.

4. Pembaca/penggemar Anda cepat mengakses blog
Anda bisa menyesuaikan disk space dan bandwidth seiring pertambahan konten dan pengunjung blog.  Anda bebas memilih layanan web hosting murah yang menyediakan kecepatan loading maksimum.

Semakin cepat pengunjung membuka blog anda semakin baik. Menurut penelitian Dr. Jakob Nielsen, pengunjung blog akan pergi setelah menunggu 10 detik.

Apakah anda ingin calon pembeli buku anda pergi karena kesal menunggu ?

5. Konten Anda tersimpan aman
Anda bisa melakukan back up database secara teratur  Semua berkat cadangan file melalui FTP (file transfer protocol).

Tidak menutup kemungkinan blog anda di-hack orang.  Bayangkan bila itu terjadi saat anda berencana membukukan tulisan-tulisan di blog anda…

Anda tidak perlu khawatir bila menggunakan web hosting sendiri. Jika sesuatu terjadi, Anda dapat mengembalikan file-file anda kapan saja. Termasuk jika anda ingin pindah tempat hosting.

Mari kita simak penjelasan di bawah ini sebagai tanggapan atas petikan artikel di atas   :

1. Alasan pertama : Anda bebas memilih dan menggunakan nama domain (sendiri)
Memang salah satu kekurangan platform blogger adalah nama website atau situs/blog selalu berakhiran dengan xxx.blogspot.com pada setiap situs yang mempergunakannya. Hal ini dipandang kurang menunjukkan sebuah profesionalitas oleh sebagian kalangan. Satu hal yang patut kita renungkan adalah : Apakah profesionalitas sebuah blog sepenuhnya bergantung kepada sebuah nama blog ? Saya jawab dengan tegas di sini : TIDAK ... !. 

Tingkat profesionalitas sebuah blog pada dasarnya bergantung pada seberapa banyak konten-konten original dan berkualitas yang berhasil disediakan atau diterbitkan. Percuma saja kita mempergunakan website TLD (sewa hosting) bilamana konten-kontennya mayoritas berisi konten bajakan atau hasil copy-paste (berikut modifikasinya) dari blog-blog tetangga, termasuk blog-blog gratisan (semacam Info Blog ini).

Sekali lagi perlu saya pertegas di sini bahwa profesionalitas sebuah website atau blog sama sekali tidak tergantung kepada nama website atau blog yang bersangkutan.

2. Alasan kedua : Anda bebas mendesain tampilan blog
Mendesain tampilan blog dalam sebuah platform blogger pada dasarnya lebih mudah untuk dilakukan baik bagi mereka-mereka yang bukan profesional sekalipun. Banyak model-model template blogger (baik yang gratisan maupun yang berbayar) yang tersedia di dunia internet dan dapat kita pergunakan secara mudah termasuk saat melakukan modifikasi tampilan agar sesuai dengan keinginan kita. Dan ada satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah : Banyak website-website TLD (sewa hosting) di dunia internet yang mempergunakan model template-template blogger ini, dan bilamana anda cukup jeli, maka anda akan bisa membuktikannya sendiri.

Kelebihan platform blogger (blog gratisan) ini adalah sangat mudah menyesuaikan diri dengan berbagai macam model-model template blog (hingga model template yang profesional sekalipun), dan masalah modifikasi templatenya dapat dengan mudah anda lakukan sendiri, asalkan anda memiliki sedikit pengertian tentang kode-kode HTML dan kode-kode CSS blog. Anda tidak perlu membayar orang lain dalam hal ini. Bahkan, template-template bawaan blogger pun sudah otomatis responsive.


3. Alasan ketiga :  Anda leluasa menginstal plugin
Platform blogger tidak membutuhkan plugin untuk menempatkan berbagai macam fitur banner maupun fitur-fitur navigasi blog. Dengan menambahkan berbagai widget yang ada, maka anda dapat mengatur penempatannya baik di sidebar, footer, di bawah artikel blog, di bawah header dan lain-lain, sesuai dengan selera anda. Widget-widget yang tersedia untuk platform blogger ini sangat banyak beredar di internet, tinggal anda kembangkan kreatifitas anda sendiri untuk menempatkannya pada blog anda. 


4. Alasan keempat : Pembaca/penggemar Anda cepat mengakses blog
"Semakin cepat pengunjung membuka blog anda semakin baik. Menurut penelitian Dr. Jakob Nielsen, pengunjung blog akan pergi setelah menunggu 10 detik".  

Dalam hal ini saya pribadi telah berhasil meningkatkan kecepatan akses Blog Info ini tidak sampai 10 detik, bahkan hanya berkisar 1,1 detik, untuk itu perhatikan gambar di bawah ini.

Blog Info, performa blog

Dalam hal meningkatkan kecepatan loading sebuah blog ini, kita dapat meningkatkan performa blog gratisan yang kita miliki, asalkan kita memiliki kreativitas untuk itu. Dalam hal ini aku telah membuktikannya sesuai dengan gambar di atas, Page Load Time : 1,1 s.


5. Alasan kelima : Konten Anda tersimpan aman
Fasilitas blog gratisan terutama platform blogger, juga memiliki fitur penyimpanan konten yang aman, bahkan dalam hal ini blogger juga telah menyediakan fitur-fitur anti spam otomatis untuk mengamankannya.

Platform Blogger lebih Aman, karena langsung dimiliki oleh Google, sebagai sebuah raksasa search engine dunia. Google hampir 99,99% anti hacker. Google dapat menjamin Anda bahwa setiap situs web host di dalamnya tidak dapat hacked sampai dan kecuali Anda membocorkan informasi login Anda. Setiap akun di Google dilindungi dengan berbagai cara, dengan email cadangan juga dengan menggunakan nomer Handphone pribadi pemiliki akun. Jika Anda meng-host blog Anda di perusahaan web hosting lain, masih ada peluang  blog anda di hack oleh orang lain. 


KELEBIHAN PLATFORM BLOGGER

Buat  sobat yang ingin memulai aktivitas blogging gratis mungkin bingung untuk memilih mana yang lebih baik antara blogspot, wordpress atau Multiply maupun situs penyedia blog gratisan lainnya. Referensi di bawah ini paling tidak bisa memberikan bayangan sebelum kita memutuskan untuk memilih diantara semuanya. Yuk Kita simak sama-sama bagaimana kira-kira perbandingan antara blogspot / blogger dengan wordpress dan blog gratisan lainnya.

1. Blogger dimiliki oleh Perusahaan TI terkemuka, Google
Blogger/Blogspot sebenarnya pertama kali diperkenalkan oleh Pyra Labs pada tahun 1999. Kemudian Google membelinya dengan kepemilikan penuh. Selain itu Google juga menjadi pemilik sistem operasi Android yang semakin pesat perkembangannya dimana jelas search engine defaultnya tentu saja memakai Google.

2. Dijamin Murah
Murah karena Anda tidak perlu untuk mencari dan menyewa hosting, Google memiliki ruang web dan bandwidth yang cukup besar untuk mengalokasikan data blog Anda di server mereka. Kecuali dari subdomain gratis di blogspot.com, Anda juga dapat membeli domain sendiri yang biaya tidak lebih dari $ 10. Bila Anda menggunakan situs web Wordpress dengan custom domain (.com .net .info dll), web hosting yang terpisah diperlukan.

3. Blogger dijamin lebih Aman
Google hampir 99,99% anti hack. Mereka dapat menjamin Anda bahwa setiap situs web host di dalamnya tidak dapat hacked sampai dan kecuali Anda membocorkan informasi login Anda. Setiap akun di google dilindungi dengan berbagai cara, dengan email cadangan juga dengan menggunakan nomer Handphone pribadi pemiliki akun. Jika Anda meng-host blog Anda di perusahaan web hosting lain, mungkin ada peluang untuk blog sobat di hack.

4. Tidak perlu khawatir tentang memperbarui Platform Blog
Setiap kali ada upgrade WordPress, dengan fitur barunya, berarti sobat harus upgrade ke versi baru secara manual. Tapi di Blogger Anda tidak perlu khawatir tentang itu, fitur baru akan tersedia untuk dashboard Anda segera setelah mereka diluncurkan.

5. Kemudahan dalam mendesain Template blog.
Untuk desainer WordPress membutuhkan lebih dari satu desain halaman, yaitu untuk Home page, halaman Post, halaman Arsip, dll halaman kustom Sementara di Google Blogger, halaman web saja sudah cukup. Dalam kasus jika Anda ingin desain terpisah maka Anda dapat menggunakan tag kondisional untuk mengubah template, misalnya tampilan yang berbeda antara halaman homepage dan postingan.

6. Jangan khawatir bahkan jika domain Anda berakhir.
Jika seorang blogger yang sebelumnya memakai blogspot kemudian membeli domain dan custom domainnya berakhir, maka kita dapat segera beralih kembali ke subdomain gratis dari blogspot.

7. Login terpadu dengan Akun Google Anda.
Seperti saya katakan sebelumnya, Blogger menjadi produk Google, semua aplikasi Google dan produk-produknya dapat dengan mudah diintegrasikan ke Blog Anda. Banyak fitur yang berguna untuk situs Web yang ditawarkan oleh Google, termasuk AdSense, AdWords, Google Analytics dan alat Webmaster untuk pengindeksan Google. Alih-alih menambahkan kode ke template Anda, sesuatu yang dapat dengan cepat menjadi membingungkan dan menghasilkan situs yang rusak, Blogger memungkinkan Anda untuk hanya mengklik sebuah tombol dan mengintegrasikan alat ini ke blog Anda.

8. Mudah dan Cepat dalam hal proses indexing.
Segera setelah Anda mempublikasikan artikel Anda dari Blogger Blog, Google langsung bereaksi ! Posting Blog Anda dengan mudah diindeks di mesin pencari mereka. Selain itu, Google adalah salah satu mesin pencari terkemuka dan Blogger adalah salah satu layanan yang disediakan oleh mereka.

9. Satu akun Gmail bisa untuk banyak akun blog.
Dengan platform Blogger/Blogspot, Anda dapat memiliki tidak terbatas jumlah account Blog dari satu Akun Google. Anda dapat menjalankan beberapa blog sekaligus hanya dengan satu akun gmail. Proses setelan  untuk blog baru pun sangat mudah sehingga seorang anak-anak pun bisa melakukannya.

10. Mudah untuk digunakan
Instalasi Blogger adalah "permainan anak" jadi Anda tidak perlu repot tentang pengaturan database, mengamankan file-file konfigurasi, dan lain-lain.

11. Loading Dashboard blogger lebih cepat.
Sebelum memakai blogspot saya pernah memakai wordpress dimana loading untuk menuju dasbornya lebih lama karena saya cuma memakai modem berkecepatan rendah. Bagi kita yang tidak sabar... tau dech akibatnya. Dengan alasan itulah saya beralih ke blogspot.

Pada akhirnya, Blogger adalah solusi ideal bagi siapa saja yang baru memulai blog pertama mereka. Ini juga merupakan platform yang besar untuk mereka yang serius dalam blogging, tetapi tidak ingin dan tidak sanggup mempekerjakan seorang teknisi untuk mengatur blog dan membuat penyesuaian berkala untuk blog mereka.


Berikut ini adalah bukti nyata bahwa platform blogger (blog gratisan) pun mampu memenangkan persaingan dalam memperebutkan posisi strategis (halaman pertama) dari daftar hasil pencarian search engine.

Blog Info, hasil serp-01

Blog Info, hasil serp-02

Kesimpulan akhirnya adalah : Kenapa Takut pakai Blog Gratisan ..... ???
Enter your email address to get update from Info Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

3 komentar

Aku jadi semakin suka dengan mempergunakan platform blogger ..., mudah untuk dimodifikasinya ............ Salam blogger.

Balas

Aku masih setia dengan platform Blogger ini, mudah untuk menembus halaman pertama SERP Google ..............

Balas

Kalau saya lebih suka membuat blog gratis dengan menggunakan control panel CPANEL pada webhosting gratis, saya biasanya menggunakan hosting gratis untuk pembuatan website pada beberapa tempat, misalnya: webhosting.web.id atau di sentorahost.com, atau bisa juga di ppnz.org. Semoga bermanfaat

Balas

Silahkan meninggalkan komentar yang sesuai dengan artikel di atas, komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini di masa-masa mendatang.
Mohon jangan melakukan spam, atau promosi produk atau apapun yang tergolong hal-hal negatif
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.

Copyright © 2015. Info Blog 97 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger