logo blog
Selamat Datang Di Info Blog
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Info Blog ini,
Semoga apa yang Info Blog share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Memanfaatkan Google Plus Menjaring Visitor

Blog Info, jaring visitorBlog Info dalam artikel kali ini akan sedikit membahas perihal Memanfaatkan Google Plus untuk Menjaring Visitor Blog, berdasarkan pengalaman mengelola Blog Info ini sejak dua bulan yang lalu.  Google+ (dibaca Google Plus, kadang-kadang disingkat G+) adalah layanan jejaring sosial multibahasa dan identitas yang dimiliki serta dioperasikan oleh Google Inc. Sejak diluncurkan pertama kali pada tanggal 28 Juni 2011, telah memiliki total 500 juta pengguna terdaftar di antaranya 235 juta aktif secara bulanan (per Desember 2012).

Google Plus sebagai sebuah situs Jejaring Sosial dari Google (Google’s Social Network) yang konon adalah upaya Google untuk menyaingi jejaring Facebook dan membuktikan bahwa Google tidak hanya menjadi Raja di bidang Network Searching (dunia pencarian di internet) tapi juga dibidang sosial media. Namun pada kenyataannya Google+ tidak dimaksudkan untuk menjadi pembunuh jejaring gaek seperti Facebook. Mungkin, jika Google mendapat kesempatan, mereka pasti akan mencoba untuk mengalahkan Facebook (atau setidaknya mencuri hati Facebook Fans). Namun dalam hal ini Google+ secara lebih jauh berbicara tentang data, identitas dan berbagi, hal inilah yang menjadi bagian serta identitas dari produk Google tersebut.

Petinggi Google Plus seperti Vic Gundotra dan Bradley Horowitz tidak suka jika orang selalu membandingkan Google+ dengan jejaring sosial Facebook padahal sang pencipta Google+ menganggap bahwa Google+ bukan sekedar jejaring sosial, namun lebih dari itu.
“Google+ adalah upgrade dari Google. Orang memiliki pemahaman yang sulit dengan menganggap Google+ jejaring sosial yang selalu dibanding-bandingkan dengan pesaing sosial lainnya.”

“Mereka melihat kami dari sudut pandang jejaring sosial dan bukan melihat dari apa yang terjadi. Google adalah produk yang luar biasa dengan membawanya secara bersama-sama, maka akan membuat Google+ lebih dahsyat,” kata Vic Gundotra, VP Social Bussines Google.

Google Plus berintegrasi dengan layanan Google Profile, dan juga diintegrasikan ke dalam proses pembuatan account untuk layanan Google lainnya, seperti Google Mail. So, jika ingin bergabung dengan Google+ itu berarti Anda harus mempunyai akun Google Mail.


Berikut ini akan saya coba gambarkan secara garis besar apa yang dapat kita lakukan dengan memanfaatkan Google Plus dalam rangka menjaring visitor blog.

1. Mencari Komunitas Google Plus yang sesuai dengan thema blog yang kita angkat.
2. Bergabung dengan komunitas-komunitas Google Plus tersebut.
3. Menjadi member aktif di dalam tiap-tiap komunitas.
4. Membangun 'circles' di akun kita sesuai dengan yang kita inginkan.
5. Share dahulu hal-hal yang bermanfaat sebelum kita melakukan sharing artikel blog.

Blog ini saya bangun sekitar dua atau tiga bulan yang lalu dengan jumlah backlink yang masih sangat-sangat minim. Dalam hal ini saya hanya memaksimalkan fitur-fitur Google Plus Communities untuk sharing artikel, dan hasil data empirisnya sesuai dengan gambar statistik di bawah ini  :

Blog Info, search analytics
Analisa Search Analytics dengan fasilitas Google Webmaster


Dari kedua data statistik tersebut menunjukkan suatu perkembangan blog yang cukup signifikan, mengingat Blog Info ini baru seumur jagung, namun telah berhasil mengumpulkan 1.784 clicks dengan CTR 4.45%.

Sebagai sarana untuk mempromosikan blog berikut konten-konten yang ada di dalamnya, media Google Plus ini sungguh sangat efektif serta berdaya guna, karena langsung dimiliki oleh pihak Google sendiri sebagai primadona search engine di dunia.

Enter your email address to get update from Info Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan meninggalkan komentar yang sesuai dengan artikel di atas, komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini di masa-masa mendatang.
Mohon jangan melakukan spam, atau promosi produk atau apapun yang tergolong hal-hal negatif
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.

Copyright © 2015. Info Blog 97 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger