logo blog
Selamat Datang Di Info Blog
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Info Blog ini,
Semoga apa yang Info Blog share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Mobil Tempur buatan Anak Negeri

Blog Info, mobil tempur
Blog Info, pada posting artikel IndoTek ini akan mengetengahkan informasi yang berkaitan dengan "Mobil Tempur buatan Anak Negeri (Indonesia)". Tehnologi Anak Negeri ini tidak kalah dengan tehnologi kendaraan tempur buatan luar negeri.

Siapa bilang produk Indonesia tidak bisa bersaing dengan negara lain? Salah satu produk  buatan Anak Negeri yang berkelas dunia adalah mobil tempur (rantis) yang bernama Komodo. Mobil ini memiliki spesifikasi yang melampaui saingan-saingannya seperti Humvee buatan Amerika dan juga Sherpa buatan Perancis. Padahal kedua mobil ini disebut-sebut sebagai kendaraan tempur yang paling bagus dalam memberikan perlindungan kepada tentara saat berada di medan perang.

Mobil tempur berbasis All Wheel Drive (AWD) ini diproduksi oleh produsen senjata, PT Pindad (Persero) yang pabriknya terletak di  Bandung, Jawa Barat. Tidak hanya tangguh, kendaraan perang ini memiliki berbagai macam keunggulan dibandingkan dengan berbagai mobil tempur lainnya yang ada di negara-negara lain. Karena itu mobil tempur ini bisa dibilang menjadi incaran negara-negara di dunia.

Blog Info, interior kabin

Komodo diperkenalkan sejak tahun 2012 lalu dan sudah dipesan oleh pasukan elit Indonesia seperti Kopassus, TNI AD, pasukan elit Kepolisian, serta Brimob.  Terdapat tujuh varian berbeda dari mobil ini. Salah satu varian yang sangat dibanggakan adalah varian Battering Ram atau varian pendobrak. Desainnya dibuat sangar namun ringan dan mampu menabrak dinding dengan ketebalan hingga 30 cm tanpa tulang.

Mobil Tempur Komodo juga memiliki tangga yang kuat untuk dinaiki lima personel sekaligus saat mobil dalam kondisi sedang berjalan. Tangga tersebut berfungsi untuk memudahkan pasukan agar mudah naik ke kabin mobil.  Komodo hadir dengan berbagai macam persenjataan seperti Cannon Towing, Rocket launcher dan lainnya yang tentunya disesuaikan dengan spesifikasinya.

Hebatnya lagi mobil ini dilengkapi dengan fitur night vision yang memudahkan proses pengintaian pada malam hari. Dengan begitu pasukan akan bisa dengan mudah melihat dalam gelap meski tanpa ada pencahayaan sedikitpun. Ditambah lagi dengan fitur yang mampu mendeteksi suhu panas  sehingga memungkinkan pasukan melakukan penyergapan secara taktis dan efisien.

Bagian dalam kabin memiliki ukuran yang luas sehingga bisa menampung 10 anggota pasukan bahkan lebih. Bahkan ruangan kabin bisa digunakan untuk melakukan koordinasi sebelum akhirnya melakukan penyergapan.  Kursi yang digunakan juga sangat nyaman dan sesuai standar sehingga anggota pasukan yang menggunakannya bisa nyaman dalam menjalankan tugasnya. Hal ini tentu tidak serupa dengan mobil perang lainnya yang tidak menyajikan kenyamanan layaknya berkendara di mobil sedan.

Walaupun ukurannya tidak sebesar kendaraan tempur lain seperti Panser Anoa, kendaraan taktis ini tetap akan tangguh di medan tempur, karena dalam proses produksinya tetap memperhatikan tiga hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan kendaraan tempur.

Pertama adalah mobility, yaitu kemampuan pergerakan untuk menghindari serangan musuh dan juga kemampuan pergerakan di medan yang berat. 

Kedua adalah survivability yaitu kemampuan untuk bertahan dari serangan musuh dengan mengandalkan badan kendaraan yang bulletproof (anti peluru). 

Terakhir adalah fire power, yaitu kekuatan untuk menyerang musuh, dengan cara menembak balik.

Mobil Tempur Komodo dibandrol dengan harga mulai dari Rp 2 hingga 3 milliar rupiah.  Hasil perancangan tim Pengembangan Produk Divisi Kendaraan Khusus pun menghasilkan sambutan yang baik dari lingkungan industri pertahanan.  Banyak pihak yang tertarik pada kondisi fisik kendaraan ini yang ukurannya tidak terlalu besar, namun tetap terkesan kuat dan gagah.


Spesifikasi Mobil Tempur Komodo.
Komodo yang menggunakan sistem penggerak ban 4x4 ini memiliki berat 4 ton. Komodo menggunakan engine diesel turbo intercooler dengan power kendaraan 215 ps @ 2500 rpm sehingga tercapai rasio berat terhadap kendaraan 25 hp/ton. Mesin komodo sendiri memiliki kapasitas 5.193 cc. Transmisi yang digunakan adalah transmisi manual dengan 6 maju 1 mundur dan memiliki diferensi lock sehingga memiliki kemampuan offroad yang baik. Kendaraan perang ini juga telah dilengkapi dengan body dan kaca anti peluru. Pindad mengklaim daya tahannya bisa sampai dengan peluru berukuran 7.62 mm.


Varian Mobil Tempur Komodo.

Mobil Komodo ini sejatinya juga memiliki 7 varian yang berbeda untuk tujuan yang berbeda pula. Tentunya varian ini disesuaikan dengan kebutuhan pasukan keamanan yang memerlukan spesifikasi mobil yang berbeda-beda untuk tujuan yang berbeda. Berikut ini ketujuh varian mobil Komodo ini :
  1. V1 atau varian Intai
  2. V2 varian APC (Armored Personal Carrier)
  3. V3 varian Komando
  4. V4 varian angkut rudal
  5. V5 varian Battering Ram (pendobrak)
  6. V6 varian mobil ambulance
  7. V7 varian Cannon Towing

Blog Info, varian rantis komodo

Rantis Komodo, versi Pengangkut Rudal

Rantis Komodo, versi Battering Ram (pendobrak)

Itulah spesifikasi lengkap mengenai Mobil Tempur (rantis) buatan PT. Pindad Bandung. Prestasi yang membanggakan memang memerlukan dukungan dan apresiasi penuh dari berbagai kalangan. Demi kemajuan bangsa, sudah sepatutnya jika pemerintah memberikan dukungan penuh mengenai proyek mobil tempur ini, dengan pengembangan yang mendalam, pastilah mobil ini dapat menjunjung nama Indonesia menjadi lebih gemilang di mata dunia.

Enter your email address to get update from Info Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

Wah mantap informasinya mas bro ..., aku bangga jadi anak Indonesia, aku semakin bangga dengan negeri tempat aku dilahirkan .... Salam Blogger

Balas

Silahkan meninggalkan komentar yang sesuai dengan artikel di atas, komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini di masa-masa mendatang.
Mohon jangan melakukan spam, atau promosi produk atau apapun yang tergolong hal-hal negatif
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.

Copyright © 2015. Info Blog 97 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger