logo blog
Selamat Datang Di Info Blog
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Info Blog ini,
Semoga apa yang Info Blog share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Artikel Pilar Penyangga Eksistensi Blog

Info Blog, artikel pilar bannerInfo Blog, pada kesempatan ini ingin sedikit berbagi wawasan tentang "Artikel Pilar Penyangga Eksistensi Blog". Banyak sudah postingan tentang Artikel Pilar ini bertebaran di dunia Internet (ditulis oleh para blogger dengan berbagai latar belakang), namun seringkali pembahasannya hanya bersifat umum (kurang mendalam) dan terkesan ada beberapa hal yang sengaja ditutup-tutupi atau disembunyikan. Untuk membuat sebuah artikal pilar ini tidak selamanya mudah atau dapat berjalan dengan mulus, terkadang sebuah konten blog yang kita promosikan sebagai artikel pilar pada kenyataannya malah menjadi sebuah "artikel sampah" artinya tidak diminati oleh para pengunjung blog (otomatis tidak banyak yang membacanya), namun kadang terjadi pula hal yang sebaliknya. Artikel yang kita anggap biasa-biasa saja malah bisa menjadi artikel pilar dan mampu menyangga eksistensi sebuah blog secara lebih signifikan.

Artikel Pilar ini sebenarnya merupakan sebuah postingan blog yang unik, original dan bukan hasil copy paste, ditulis dengan model gaya bahasa kita sendiri, menarik serta mudah untuk dimengerti oleh para pembaca blog dari berbagai strata atau latar belakang pendidikan. Prinsipnya, sebuah artikel pilar ini tidak perlu harus mempergunakan istilah-istilah "yang setinggi langit" (yang mungkin merupakan modus pribadi kita agar postingan tersebut dinilai berkualitas). Secara lebih mendalam, sifat artikel pilar ini harus mampu bertahan dalam kurun waktu yang lebih lama (dibandingkan dengan artikel-artikel lainnya) pada sebuah search engine result page, semacam Google, Yahoo maupun Bing.

Artikel jenis ini pada dasarnya merupakan sebuah investasi blog jangka panjang, dan akan lebih baik bila dapat bersifat permanen dalam fungsinya untuk meningkatkan eksistensi sebuah blog (terutama blog-blog yang baru semacam Info Blog ini). Kenapa demikian ? Secara logika dapat digambarkan bahwa artikel yang demikian ini selalu mampu menarik minat pembaca dalam kondisi apapun, serta bertahan dari terpaan berbagai macam algoritma search engine yang berlaku (saat ini dan di masa mendatang). Biasanya blog yang memiliki banyak artikel pilar ini akan memiliki pengunjung dalam jumlah yang banyak, karena pengunjung sangat ingin mempelajari sesuatu dari blog anda, dan artikel yang berkualitas tinggi (semacam artikel pilar ini) adalah merupakan jawaban yang paling tepat.

Ada beberapa contoh model artikel pilar yang bisa anda posting ke blog anda:

1. Artikel “How-To”
Ini adalah konsep artikel pilar staple. Pikirkan tentang industri anda dan tulislah sebuah artikel yang mengajarkan bagaimana melakukan sesuatu hal tentang topik yang anda kuasai dan anda mempunyai pengalaman lebih di sana.

Beberapa kemungkinan contoh :
  1. Jika anda seorang konsultan pemasaran, tulislah beberapa saran tentang bagaimana memasarkan sebuah bisnis tanpa mengeluarkan uang.
  2. Jika anda blogging tentang anjing, tulislah bagaimana memilih nama anjing yang sesuai.
  3. Jika anda blogging tentang makanan, tulislah resep untuk menyiapkan hidangan makanan tersebut.
  4. Jika anda blogging tentang kehidupan anda, tulislah panduan how-to dalam pengembangan diri dari pelajaran pengalaman hidup yang sudah anda dapatkan (contohnya Bagaimana anda mendapatkan sebuah pekerjaan, bagaimana anda memutuskan hubungan dengan pacar anda dan lain-lain)

2. Artikel definisi
Beberapa industri mempunyai konsep yang tidak diketahui pembaca baru. Jika sebuah konsep itu rumit, buat sebuah artikel pilar yang menjelaskan konsep itu secara lebih sederhana, memaparkan dengan jelas apa artinya dan bagaimana ini bisa di implementasikan.

Ini mungkin kelihatan sederhana dan membingungkan buat anda, tapi ingatlah bahwa anda adalah seorang yang ahli di bidang anda sendiri, jadi jelaskan ini kepada pendatang baru dengan sederhana dan tentunya cobalah mengetengahkan sebuah cerita sebagai contoh. Sebuah halaman definisi glosary adalah merupakan sebuah artikel pilar yang bagus.

Jika ada beberapa konsep kunci yang menarik di industri anda, tulislah sebuah artikel yang mendaftar konsep-konsep itu dan berikan satu paragraf untuk mendefinisikan setiap konsep. Sebuah resource seperti ini sangat bagus sebagai bagian referensi dan direferensikan balik oleh blog dan website lain.

Anda mungkin bertanya kenapa melakukan hal ini jika kebanyakan istilah itu sudah didefiniskan di tempat lain seperti  Wikipedia ?

Tidak menjadi masalah untuk ngelink ke website lain khususnya untuk istilah pendek ketika anda baru memulai, tapi akan lebih baik jika menuliskan definisi menurut pemikiran anda sendiri. Hal ini akan menjaga pembaca untuk tetap menuju ke blog anda, meningkatkan pageview (jumlah total halaman yang dibaca pembaca blog anda) dan visitor lenght (berapa lama para pembaca tinggal di blog anda).

Anda bisa menjelaskan dengan gaya bahasa anda sendiri, menggunakan cerita dan suara unik anda sendiri. Hal ini cukup signifikan untuk membangun kredibilitas dan kepercayaan audiens blog anda. Lebih cerdas lagi jika mengikutkan versi definisi anda sendiri jika anda berkemampuan untuk menjelaskan sebuah istilah atau konsep dari pada harus ngelink ke situs lain dan serta membagikan trafik blog anda.

3. Presentasikan sebuah teori atau argumen

Jika anda blogging tentang politik, tulislah sebuah artikel yang mendiskusikan teori anda tentang komunisme, demokrasi, kapitalisme atau khilafah yang akan bisa menjadi artikel pilar yang bagus. Hal yang terpenting di sini adalah menyajikan beberapa pemikiran yang unik. Berikan opini anda pada bebeapa isue besar dalam industri anda, atau bahkan pada topik utama yang mungkin pembaca anda akan tertarik.

Cobalah untuk tidak sekadar mengulangi apa yang telah dikatakan dan sajikan dengan jelas apa pendapat anda. Pancing pembicaraan, mungkin juga kontroversi, tentang topik yang seringkali didiskusikan dan tidak bergantung waktu, berikutnya anda akan mengalirkan trafik ke blog anda.

4. Buatlah sebuah resource seperti laporan gratis, whitepaper atau e-course

Hal ini adalah salah satu konsep pilar favorit saya (meskipun hingga saat ini belum saya bagikan). Sebuah dokumen seperti sebuah whitepapper (sebuah dokumen kecil, 2 – 10 halaman, yang mengajarkan bagaimana melakukan sesuatu) atau serial dari artikel yang dikombinasikan untuk membuat sebuah kursus, adalah sebuah pilar yang fantastis. Anda punya beberapa pilihan untuk menyajikan informasi itu :
  1. Buatlah PDF yang bisa di download oleh pembaca anda, seperti apa yang bisa anda baca sekarang. Keuntungan dari cara ini adalah file bisa dibagikan dengan mudah (sebagai contoh diforward lewat email – hint) dan anda akan mendapatkan efek dari viral marketing, utamanya jika anda memproduksi e-book atau report dengan kualitas bagus.
  2. Tuliskan konten dalam beberapa postingan blog dan interlink-kan semua. Anda juga bisa menjadikan mereka highlight serial tersendiri di arsip anda atau halaman artikel blog. 

5. Satu lagi konsep pilar yang popular adalah Daftar artikel.

Anda mungkin sudah melihat di beberapa blog lain. Biasanya judulnya berbunyi “Tujuh cara jitu untuk...” atau “10 tips Untuk Meningkatkan...” dan lain-lain. Pekerjaan ini berjalan baik untuk beberapa alasan.

a. List itu bisa dibuat dengan mudah oleh manusia.

Sudah di tes dan dibuktikan bahwa artikel sejumlah 300 – 700 kata yang banyak dan jelas mengandung daftar dot-point bullet dan kompilasi headline adalah pendorong trafik yang bagus. Dalam kasus ini, semua tentang penyederhanaan konsumsi dari banyak orang dengan sedikit perhatian.

b. List bisa menyediakan pelajaran langsung yang bisa dilaksanakan dan orang senang untuk berbagi list dengan orang lain.

Akibatnya artikel list seringkali di link oleh orang lain dan ditambahkan ke situs bookmarking sosial yang mendatangkan trafik. Artikel list ini disajikan dengan mengikuti seluruh standar aturan konsep artikel pilar – timeless, konten orisinil, ide pemecahan masalah – dan anda bisa membuatnya, bisa diaplikasikan langsung oleh audien anda, kebanyakan artikel list akan menjadi pilar.

Buatlah daftar topik yang dijangkau kebanyakan orang atau konsep yang sederhana. Seperti biasanya semakin banyak anda mengikutkan cerita pemikiran anda dengan gaya unik, semakin besar kemungkinan list anda akan bekerja dengan bagus.

6. Blueprint Teknis.

Sebuah blueprint teknis mirip sekali dengan how-to dan whitepaper, tetapi lebih fokus kepada aspek-aspek teknis dari sebuah masalah. Blogger dengan fokus technolgy sangat tepat untuk membuat pilar blueprint karena mereka senang sekali memakai graph, spreadsheets dan gambar untuk mendemonstrasikan bagaimana cara melakukan sesuatu hal.

Sebuah blueprint teknis adalah artikel panduan langkah-demi langkah yang disertai visualisasi yang mendemonstrasikan bagaimana melakukan sesuatu. Designer dan programmers menggunakan jenis posting ini untuk menunjukkan bagaimana membuat sebuah website, mendesign gambar dengan Photoshop, mengkodekan software, atau pekerjaan lain yang lebih sederhana untuk melampirkan file ke email.

Anda juga bisa menerapkan prinsip ini hampir di semua industri yang kemungkinan merupakan sebuah pekerjaan umum atau merupakan sebuah hal yang komplek untuk dipahami. Dalam hal ini akan lebih banyak menunjukkan gambaran (visual) daripada sebuah cerita.

Secara pribadi, saya lebih mudah menulis cerita daripada harus mengambil banyak screenshoots atau foto (modus visual), tetapi mungkin tidak berlaku bagi anda. Jika anda mempunyai akses ke resource yang dibutuhkan, membuat blog dengan gaya blueprint yang menjelaskan dengan jelas bagaimana melakukan sesuatu dengan konsep visual adalah merupakan konsep artikel pilar yang sempurna.


Sebagai kesimpulan akhir, bagaimanakah sesungguhnya ciri-ciri dari artikel pilar itu sendiri ?

  1. Lengkap dan informatif ( cara penyampaiannya jelas dan real )
  2. Terdiri dari minimal 900 kata ( penyusunan artikel yang baik membutuhkan lebih dari itu )
  3. Memiliki daya tarik dan mampu memberikan nilai tambah yang jelas untuk pembaca.
  4. Artikel tersebut abadi ( karna memiliki fungsi yang baik, artikel pilar akan terus dibutuhkan sampai kapanpun )
  5. Artikel tersebut unik dan original (bukan hasil copy paste).
  6. Mampu menghasilkan banyak backlink dari blog lain.

Demikianlah uraian Info Blog tentang Artikel Pilar Penyangga Eksistensi Blog, semoga bermanfaat.

Enter your email address to get update from Info Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

3 komentar

pilar artinya penyangga..blog dengan banyak artikel pilar di percaya punya kekuatan di SERP.
definisi Artikel pilar (menurut saya) adalah artikel yang memuat secara lengkap tentang sebuah topik tertentu. Batas terbaik minimal 1500 kata (lebih panjang lebih bagus) selama efektif dan terstruktur) dan mudah di pahami pembaca dan robot dengan komposisi keyword yang bervariasi..
Satu artikel pilar bisa menyerap banyak keyword di SE, karena itu posisinya di SERP sangat di perhitungkan dan sulit tergantikan.
Sayangnya, banyak blogger yang tidak bisa membedakan antara artikel panjang dengan artikel pilar. Artikel pilar sudah pasti panjang, namun artikel panjang belum tentu artikel pilar.

itulah sedikit opini dari blogger "nyubi"..maju terus blognya mas hendy ..happy blogging

Balas

Sebuah kehormatan besar bagi saya kedatangan tamu Must Teguh (boleh dibilang blogger kawakan dan sukses), pola-pola pemikirannya sangat menggelitik dan membangkitkan semangat .... Salam persahabatan Must Teguh, terima kasih sudah sudi meluangkan waktu untuk berkunjung.

Balas

Membuat artikel pilar itu seperti mudah, namun ternyata menuntut ketelitian, persiapan, riset, ide, bahkan waktu yg relatif lebih lama dari membuat artikel biasanya. Tetapi keuntungannya itu seperti telah dijelaskan diatas, sangat banyak layaknya generator traffic. Terimakasih, salam kenal sy pemula yg sedang belajar mas.

Balas

Silahkan meninggalkan komentar yang sesuai dengan artikel di atas, komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini di masa-masa mendatang.
Mohon jangan melakukan spam, atau promosi produk atau apapun yang tergolong hal-hal negatif
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.

Copyright © 2015. Info Blog 97 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger