logo blog
Selamat Datang Di Info Blog
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Info Blog ini,
Semoga apa yang Info Blog share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Aktif di forum online sebagai upaya optimasi SEO

Info Blog. Aktifitas seorang blogger di forum-forum online terkadang menjadi sebuah hal yang dipandang tidak terlalu penting. Hal ini pada dasarnya merupakan sebuah kesalahan yang boleh dikata cukup mendasar. Aktifitas di forum-forum online ini pada hakekatnya bertujuan untuk menaikkan popularitas sebuah web/blog termasuk menaikkan reputasi blogger (selaku pemilik blog atau website). 

Dahulu atau beberapa tahun silam, aktifitas di forum-forum online ini sempat penulis abaikan dan sama sekali tidak pernah tersentuh. Namun, belakangan ini, aktifitas tersebut menjadi aktifitas utama penulis (terlebih lagi setelah membuat sebuah postingan baru). Dalam banyak hal aktifitas di forum-forum online ini membawa keuntungan yang cukup signifikan terutama berkaitan dengan upaya mendapatkan backlink yang berkualitas dengan cara senatural mungkin. Anda bisa perhatikan gambar di bawah ini sebagai buktinya  :

Info Blog, Forum Backlink

Dari gambar tersebut di atas jelas memperlihatkan kontribusi forum-forum online dalam menyumbangkan sejumlah backlink untuk kepentingan eksistensi sebuah web atau blog. Data dalam gambar tersebut diambil dari situs Alexa.com. Sumbangan backlink dari berbagai forum-forum online ternyata tidak dapat dipandang sebelah mata. Forum-forum semacam kompas.com, republika.co.id dan forumku.com ternyata memberikan sumbangsih yang tidak sedikit untuk mendongkrak aspek kualitas sebuah blog.

Pola aktifitas di forum-forum online.

Aktivitas di forum-forum online pada dasarnya dapat dibedakan menjadi dua bagian penting (yang masing-masing memiliki nilai kompetensi yang berbeda), yaitu :

1. Berkomentar pada sebuah Thread.
Menuliskan sebuah komentar pada thread tentu saja akan berdampak penerimaan backlink yang berkualitas, sepanjang kita dapat menanamkan link aktif yang bisa dilakukan dalam bentuk signature.

2. Menulis sebuah Thread Baru.
Menulis sebuah thread baru pada forum-forum online pada dasarnya membawa dampak ganda yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Backlink yang kita peroleh dapat menuju langsung ke halaman homepage web/blog (melalui signature) atau bahkan langsung menuju ke artikel-artikel tertentu (melalui kontekstual link).

Dengan memaksimalkan kedua aktifitas tersebut di atas, dalam hal ini penulis merasa yakin bahwa kredibilitas web/blog termasuk pemiliknya (pihak blogger) akan ikut terangkat naik secara signifikan dan terukur. Semakin kita aktif dalam sebuah forum, secara otomatis kita akan memiliki reputasi yang baik pula. Lebih-lebih bilamana kita mampu membuat thread-thread yang menarik, original, berkualitas serta disukai oleh member-member yang lainnya.

Pola optimasi SEO dengan cara aktif di forum-forum online ini pada dasarnya merupakan cara yang bijaksana dibandingkan dengan pola-pola blogwalking. Pola-pola blogwalking ini sering kali terkendala dengan adanya penerapan sistem moderasi komentar yang tentu saja sedikit menghambat perolehan link balik. Belum lagi aspek penerbitan komentar yang terkadang tidak dapat dilakukan secara otomatis dan serta merta.

Satu keuntungan yang cukup signifikan adalah, dengan keaktifan kita pada forum-forum online, maka secara otomatis kita telah pula melakukan upaya-upaya promosi untuk meningkatkan popularitas web/blog yang kita miliki. Terutama melalui thread-thread yang kita buat langsung memiliki kontekstual link menuju ke halaman-halaman postingan blog tertentu yang memang kita ingin optimasikan.

Demikian uraian sederhana penulis, semoga bermanfaat.

Enter your email address to get update from Info Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 komentar

thx gan infonya sangat bermanfaat bagi ane buat naikin traffic jualan ane www.gudangcombed.com

Balas

Silahkan meninggalkan komentar yang sesuai dengan artikel di atas, komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini di masa-masa mendatang.
Mohon jangan melakukan spam, atau promosi produk atau apapun yang tergolong hal-hal negatif
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.

Copyright © 2015. Info Blog 97 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger