logo blog
Selamat Datang Di Info Blog
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Info Blog ini,
Semoga apa yang Info Blog share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Strategi SEO lengkap di tahun 2016

Info Blogger. Pada artikel tentang aktivitas di forum online telah penulis bahas salah satu praktek optimasi SEO blog yang masih relevan untuk dilakukan di tahun 2016 ini. Berbicara tentang SEO atau Search Engine Optimization ini tidak akan pernah berhenti dan akan selalu berkembang dari tahun ke tahun. Hal-hal pokok yang harus menjadi pegangan utama setiap berbicara tentang SEO ini adalah hal-hal seperti di bawah ini : 

Info Blog, SEO Banner

1. SEO merupakan sebuah proses untuk membuat situs web atau halaman web Anda berada pada halaman pertama di SERP berdasarkan kata kunci yang ditargetkan. SEO juga bisa berarti profesi dan penerang kata benda.

2. SEO merupakan sebuah bidang atau bagian dari internet marketing. Bidang internet marketing lain yang utama adalah iklan Pay-Per-Click (PPC) dan sosial media. Dan bidang internet marketing lainnya adalah Web Analytics, Conversion Rate Optimization (CRO), mobile marketing, content marketing, dan display marketing.

3. Istilah-istilah umum dalam SEO misalnya kata kunci (keyword), halaman hasil mesin pencari / search engine result page (SERP), posisi atau peringkat (ranking), lalu-lintas kunjungan ke situs (traffic), alami (natural), berbayar dan tidak-berbayar (paid dannon-paid), organik dan non-organik (organic dan non-organic), optimisasi (optimization).

4. SEO adalah hasil pencarian utama dan non-SEO adalah hasil pencarian tambahan atau sementara (walaupun keuntungan Google bisa dikatakan adalah dari non-SEO yang berbayar).

5. Tidak ada “SEO non-organik” karena semua SEO adalah organik atau alami (tumbuh dan berkembang dari kecil menjadi besar).

6. SEO memiliki tujuan dasar, tujuan utama, manfaat, dan keuntungan yang bernilai tinggi. Keberhasilan SEO diukur dengan rasio Total Biaya SEO / Total Keuntungan SEO. Jika nilai rasio keberhasilan SEO ini di bawah 1, berarti aktifitas SEO-nya belum optimal.

7. Mesin pencari web atau sering disebut mesin pencari (search engine) adalah program komputer yang digunakan untuk mencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia di web. Contoh mesin pencari utama adalah Google, Yahoo, Bing, Yandex, dan Baidu.

8. Jenis penargetan SEO bisa berupa pencarian web, gambar, video, berita, lokal, dan akademik. Tersedia juga operator pencarian tingkat lanjut untuk berbagai mesin pencari utama.

9. Jenis-jenis optimisasi pada SEO yang utama adalah:
        Optimisasi Halaman (SEO On-Page)
        Optimisasi Luar-Situs (SEO Off-Page)

Setelah kita memahami ke sembilan point tersebut di atas, maka diharapkan kita mampu untuk memilih sekaligus memilah aspek-aspek SEO mana sajakah yang akan kita terapkan pada website/blog yang kita miliki saat ini.

Strategi SEO lengkap di tahun 2016.

Berbicara tentang strategi SEO yang dapat dijalankan dalam upaya mengelola sebuah blog (platform blogger khususnya) merupakan sebuah hal yang cukup sulit untuk diprediksi karena selalu mengalami perubahan dan berkembang sesuai dengan ritme tuntutan jaman serta perkembangan tehnologi komunikasi (spesifiknya pada algoritma search engine) yang ada. Salah satu bukti nyatanya adalah penerapan algoritma Google MobileGeddon (yang dilansir di tahun 2015 lalu) yang menitik beratkan pemeringkatan sebuah web atau blog pada aspek kemampuannya untuk menyesuaikan diri (secara otomatis) dengan berbagai macam perangkat device (terutama perangkat mobile) yang dipergunakan untuk mengaksesnya (membuka web/blog). Dengan demikian strategi SEO untuk saat ini telah mengalami pergeseran aktivitas serta wajib untuk lebih fokus kepada pengunjung blog yang berasal dari para pengguna perangkat mobile semacam smartphone dan lain-lain. Pemakaian Responsive Template (sudah barang tentu) menjadi sebuah tuntutan utama dan menjadi fokus perhatian untuk diupayakan pertama kalinya (bagi setiap pemilik blog/blogger).

Setidaknya dalam hal ini penulis telah berhasil memetakan beberapa aktivitas SEO yang masih cocok (atau masih relevan) untuk diterapkan di tahun 2016 ini, sebagai berikut :

1. Konten yang Original dan Berkualitas
Sampai saat ini konten yang original dan berkualitas masih menjadi raja untuk semua strategi SEO yang ada. Sebab Google sendiri telah mengatakan bahwa konten yang di tulis berdasarkan kaedah SEO dan kaya dengan informasi selalu menjadi prioritas utama bagi mesin pencari, jadi jangan heran bilamana ada blog-blog dengan konten yang berkualitas bisa langsung melejit ke halaman pertama hasil pencarian (SERP Google - sebagai acuan) dalam tempo yang lebih singkat. Konten yang original dan berkualitas bukan dibangun dengan beberapa kesalahan, dengan memperbanyak keywords, serta konten berkualitas tersebut tidak dibangun hanya untuk kepentingan mesin pencari saja, namun harus lebih fokus pada informasi-informasi untuk pengalaman pengguna (artinya harus lebih fokus untuk kepentingan pengunjung blog). Inilah yang menjadi sebab kenapa konten yang original dan berkualitas akan selalu mampu meraih kedudukan yang lebih tinggi pada hasil pencarian (SERP Google).

Sebagai seorang praktikkan pemasaran online sudah semestinya kita berpikir bagaimana untuk menghadapi strategi SEO di tahun 2016 ini. Sebab sudah bisa dipastikan bahwa pada tahun 2016 ini akan banyak sekali web dan blog bakal muncul dengan niche yang terbilang sangat banyak. Mulai dari blog pribadi, toko online, dan banyak lagi. Munculnya mereka bukan tidak mempunyai alasan yang kuat, sebab untuk saat ini dunia internet mempunyai potensi yang sangat subur dan menjanjikan sebagai lahan verifikasi profesi dengan bekal modal yang tidak begitu besar.

Untuk menghadapi kemungkinan pemasaran konten yang bermunculan di tahun ini yang mungkin tidak bisa kita bayangkan sebelumnya, maka sudah semestinya kita memperbarui sikap yaitu fokus pada strategi SEO yang sudah terbukti berdampak baik untuk menghadapi persaingan dan algoritma Google. Strategi SEO yang harus kita terapkan adalah dengan membangun beragam konten yang original dan berkulitas. Ini salah satu cara dan sudah terbukti dari tahun ke tahun selalu mendapat respon positif dari mesin pencari (semacam Google search engine) serta para pengguna lainnya, dan tentu saja mampu mengalahkan pesaing-pesaing di dunia internet.

2. Mengoptimalkan traffic dari perangkat mobile
Sekedar flashback ke tahun 2012, Score.com pernah meramalkan jika organic traffic yang datang dari perangakat mobile seperti smartphone akan seimbang bahkan mampu melebihi pengguna yang datang dari desktop. Dan ternyata ramalan tersebut benar adanya. Terbukti di tahun 2014, hampir semua website bisnis telah membuat tampilan halaman website mereka responsif (liquid) yang artinya akan secara otomatis menyesuaikan dengan besar-kecilnya layar perangkat yang digunakan oleh pengguna (pengunjung web/blog). Google pun pernah mengatakan jika tampilan website yang responsif ini memiliki kesan yang lebih "ramah" dan terbukti mampu memberikan pengalaman yang terbaik bagi para visitornya. Teori tersebut diambil berdasarkan data dari CTR yang tinggi dan prosentase bounce rate (pentalan) yang rendah. Selain user friendly, tampilan web responsif juga terbukti search engine friendly (ramah search engine).

Bukti lainnyapun adalah dengan diterapkannya algoritma Google MobileGeddon pada tanggal 21 April 2015 lalu yang menitik beratkan peringkat blog pada kemampuannya untuk menyesuaikan diri dengan berbagai macam ukuran device yang dipergunakan untuk mengakses blog atau web tersebut. Algoritma ini membawa dampak yang tidak kecil, disamping tingkat responsivitas yang memadai, faktor kecepatan loading blog juga menjadi faktor pendukung tersendiri.

3. Bangun Otoritas Domain
Sampai saat ini strategi SEO ini masih mempunyai nilai yang sangat baik, semakin tinggi otoritas domain yang kita bangun maka semakin tinggi pula nilai web dan blog kita. Sebenarnya bisa saya bilang bahwa otoritas domain ini menjadi salah satu ukuran atau barometer web dan blog kita setelah di hapusnya Page rank Google. banyak pengamat SEO mengatakan bahwa ukurun dari popularitas situs, kini bisa dilihat dari otoritas domain mereka setelah Google resmi menghapus Pagerank, yang artinya tidak ada pilihan lain untuk ukuran seberapa baik situs tersebut hanya bisa di lihat dari DA (domain authority) dan PA (page authority).

Untuk membangun otoritas domain tidak lain dengan menerapkan beberapa cara, salah satunya dengan menerapkan link building yang aman serta lebih banyak menarik visitor dari mesin pencari. Dengan penerapan ini tentu anda sudah menerapkan strategi SEO di tahun 2015. Ini tidak akan sulit namun butuh kesabaran untuk bisa menerapkan strategi SEO kali ini.

4. Optimalkan channel sosial media
Media sosial dulunya hanya sebuah platform untuk berbagi konten dan konten yang menarik akan mendapatkan viral dari follower yang turut pula menyebarkannya. Namun saat ini, media sosial telah bergeser menjadi saluran pemasaran yang cerdas dan efektif bahkan banyak perusahaan telah menggunakan sosial media untuk berinteraksi dengan konsumennya. Gunakanlah sosial media seefektif mungkin selain menggunakan channel lain seperti SEO dan SEM (Adword). Menggunakan sosial media juga bisa menjadi salah satu strategi marketing online yang murah namun efektif.

5. Optimalisasi Schema Markup
Setelah Google resmi menghapus author markup dari hasil pencarian. kini strategi SEO melirik pada penerapan schema markup yang di usung oleh schema.org yang menjadi salah satu organisasi rujukan beberapa mesin pencari di internet. Untuk itu bila web atau blog anda yang belum menerapkan schema markup dengan benar untuk strategi SEO 2015 ini, sudah waktunya untuk membenahi semua kesalahan data struktur yang berada di halaman web atau blog anda. Karena mesin pencari atau search engine untuk sekarang ini akan menampilkan website kita di hasil pencarian berdasarkan hasil tangkapan mereka. Semakin baik struktur yang terdapat pada web atau blog anda maka akan semakin baik juga hasil indeks dari mesin pencari. Inilah kenapa schema markup menjadi salah satu strategi SEO di tahun ini.

Selain kita menerapkan beberapa aturan schema markup, tidak kalah pentingnya kita harus menerapkan juga pedoman dari webmaster. Beberapa waktu yang lalu Google menambahkan beberapa tool yang tujuannya adalah untuk mengetahui bahasa situs dan usefulness Mobile. Kedua tool yang di tambahkan oleh Google ini jangan anda anggap remeh, sebab bila anda tidak bisa untuk menerapkan kedua tool ini kemungkinan besar Google akan memberikan pengecualian pada web atau blog anda. Lantas apa yang harus kita lakukan untuk mengatasi masalah ini ?
  1. Terapkan Tag hreflang : ini salah satu aturan webmaster untuk menerapkan lokasi dan bahasa dalam situs kita, untuk caranya bisa lihat di halaman cara menambahkan tag hreflang.
  2. Terapkan Template Responsive : bagi anda yang belum menggunakan template responsive sudah seharusnya anda terapkan untuk strategi SEO di tahun 2015. Sebab sudah kita ketahui dengan adanya tool usefulness Mobile di webmaster membuktikan bahwa Google selalu memperhatikan pengalaman pengguna. Jika web atau blog anda tidak bisa dimuat oleh semua browser mobile kemungkinan web atau blog anda akan mendapatkan pengecualian di hasil pencarian.

6. Content marketing
Mendapatkan backlink secara natural adalah lebih baik daripada membangun backlink. Kelihatannya hampir sama, akan tetapi sesungguhnya keduanya memiliki perbedaan. Mendapatkan backlink dengan natural adalah ketika visitor menganggap suatu konten yang mereka temukan di sebuah website memiliki nilai informasi yang bermanfaat. Dikemas dengan gaya bahasa semenarik mungkin adalah nilai plusnya yang membuat mereka dengan senang hati dan tanpa ragu menyebarkannya secara viral melalui sosial media kepada follower ataupun rekan-rekannya. Inilah yang disebut dengan content marketing. Keuntungan membangun bisnis di Indonesia adalah karena salah satu perilaku konsumen di Indonesia yang bisa menjadi konsumen sekaligus marketing Anda secara gratis dimana saat konsumen Anda merasa puas, maka mereka pun tak akan segan-segan untuk merekomendasikannya kepada orang lain.

7. Aktif di forum-forum Online
Aktivitas kita di forum online setidaknya membuka peluang positif untuk meningkatkan popularitas blog maupun blogger (pemilik blog) dengan upaya memaksimalkan signature maupun penulisan thread-thread baru yang positif dan bermanfaat (bukan hanya sekedar berkomentar pada thread orang lain). Ada banyak forum-forum online yang dapat kita manfaatkan, seperti kompas.com, forum.viva.co.id dan masih banyak yang lainnya.

Praktek-praktek SEO yang wajib untuk ditinggalkan.

1. Mengisi konten/artikel blog dengan dominasi kata kunci (keyword) yang dibidik.
2. Hanya fokus pada pencarian backlink dan konten.
3. Pencarian backlink dengan sistem membabi-buta.
4. Persepsi yang salah tentang : Posisi SERP = Traffik blog.

Uraian lebih detil tentang hal ini, silahkan berkunjung ke STRATEGI SEO 2016.

Demikian tulisan ini, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Enter your email address to get update from Info Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

sangat bermanfaat sekali "strategi seo lengkap di tahun 2016"

Balas

Silahkan meninggalkan komentar yang sesuai dengan artikel di atas, komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini di masa-masa mendatang.
Mohon jangan melakukan spam, atau promosi produk atau apapun yang tergolong hal-hal negatif
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.

Copyright © 2015. Info Blog 97 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger