logo blog
Selamat Datang Di Info Blog
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Info Blog ini,
Semoga apa yang Info Blog share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Kelebihan dan Kekurangan Alexarank (review)

Info Blog, banner alexaInfo Blog kali ini akan mereview tentang Alexarank sebuah blog, artinya penulis akan menuturkan beberapa hal yang berkaitan dengan kelebihan maupun kekurangan Alexarank yang pada dasarnya penulis peroleh dari hasil pengamatan serta pengalaman mengelola beberapa blog lainnya. Dalam banyak hal, peringkat Alexa ini seperti di-dewa-dewakan sebagai ukuran popularitas sebuah website atau blog, padahal pada kenyataannya dapat saja terjadi hal yang sebaliknya.

Pada artikel tentang Memahami Alexarank blog telah penulis uraikan tentang dua faktor utama yang menjadi dasar penghitungan peringkat Alexa ini, yaitu Alexa Traffic (Reach) yang berkaitan dengan total jumlah pengunjung (visitor) blog kita yang tercatat di dalam server Alexa, tetapi jumlah pengunjung yang tercatat tidak sepenuhnya sama dengan pengunjung yang secara real (nyata) telah mengunjungi blog kita, dan Alexa Pageviews yang berkaitan dengan rata-rata jumlah halaman yang dibuka oleh pengunjung (visitor) website/blog, tentunya hal ini tetap berkaitan dengan pengunjung (visitor) yang tercatat di dalam server Alexa melalui Alexa Toolbar ataupun Alexa Widget.

Baik Alexa Traffic maupun Alexa Pageviews sangat bergantung pada keberadaan dua tool utama yaitu Alexa Toolbar yang terpasang pada browser pengunjung maupun pemilik blog atau situs maupun bergantung kepada Alexa Widget yang dipasang pada masing-masing halaman blog atau situs. Dengan pola berpikir terbalik (tanpa memasang Alexa Toolbar maupun Alexa Widget) apa yang terjadi dengan peringkat Alexa sebuah situs atau blog ? Pasti hasilnya akan nihil artinya tidak akan mendapatkan peringkat Alexa alias peringkatnya berada pada kondisi "No Data". Padahal sudah barang tentu tidak semua pengunjung blog atau situs yang kita miliki memasang Alexa Toolbar pada browsernya. Hal inilah yang menjadi salah satu kelemahan dari proses perolehan peringkat Alexa ini.

Kegunaan dan Kelebihan Alexa

1. Komersial (Monetize)
Inilah tujuan utama bagi kebanyakan bloggers atau webmasters. Bila berkaitan dengan meraih "penghasilan" melalui iklan dan program marketing, memang Alexa Rank ini sangat penting. Semakin bagus ranking Alexa suatu situs, maka akan semakin besar peluang untuk memperoleh penghasilan yang besar pula. Kebanyakan para pengiklan dan program afiliasi (marketing) bergengsi akan lebih tertarik pada situs yang sudah populer.

2. Pribadi
Bila hasil karya dan hasil kerja kita di hargai dan di sukai oleh orang lain, pasti akan sangat membanggakan. Dengan peringkat Alexa yang bagus, itu artinya banyak orang yang gemar akan konten dan informasi yang kita bagikan. Sudah pasti akan menambah semangat tersendiri dalam diri kita kan.

3. Persaingan
Alexa rank akan menempatkan situs atau blog kita dalam jajaran peringkat dunia bersama trilyunan website besar lainnya, ini membuat situs pribadi / bisnis kita akan terlihat bergengsi bilamana memiliki peringkat Alexa yang ramping.


Kekurangan Alexa Rank

1. Kenyataan bahwa data Alexarank hanyalah berupa sebuah hitungan kasar dan tidak relevan.
  • Alexa hanya akan menghitung data secara akurat apabila pengunjung (visitors) telah menginstall alexa toolbar. Banyak website yang sebenarnya mempunyai jumlah pengunjung dan pembaca yang lumayan banyak tetapi Rangking alexa-nya tidak begitu bagus. Ini di karenakan banyak sekali pengguna internet yang tidak menginstall alexa toolbar di browser mereka, jadi kemungkinan terindeksnya kunjungan mereka ke web kita akan kecil / lama.
  • Apabila sebuah situs web mendapatkan satu pengunjung yang datang mengunjungi halaman (homepage) dan membaca banyak artikel (page views) dalam sehari, maka hitungan data yang disimpan tetap satu kali.
  • Site linking / backlinks, semakin banyak situs lain yang mengarah ke website kita maka akan semakin bagus ranking alexa kita. Untuk mendapatkan hal itu memang sangat butuh kerja keras, (ya memang harus sih), tetapi yang ironi adalah apabila sebuah website mempunyai tingkat traffic tinggi namun jumlah links yang terhubung ke situs web-nya lebih sedikit dari website lain yang sejenis, maka bisa saja ranking alexa situs yang banyak backlink itu akan lebih bagus, walaupun trafficnya tidak terlalu banyak.
  • Hanya domain utama yang punya peluang terindeks secara akurat / cepat. Alexa akan melakukan tracking pada website utama sebagai prioritas. Sementara untuk sub-domain atau sub-page, seperti blogspot dll, membutuhkan usaha super keras agar mudah dan cepat menghasilkan ranking terbaik, hufhhhh.
  • Ada beberapa tawaran pro account di samping free account pada web Alexa, dimana pengguna bisa upgrade account dan membayar dengan credit card atau paypal. Setelah itu kita bisa memperoleh sertifikat dan segala blablabla-nya. Anda bisa lihat dan check di www.alexa.com/plans. Bagaimana untuk blogger / webmaster yang hanya tertarik pada free account? Atau hanya mampu punya free account? Apa akan selalu rendah ranking alexanya bila tidak usaha super keras (lagi-lagi)?
  • Yang paling penting adalah rumor yang mengatakan "alexa rank is a gamed" atau "permainan bisnis". (???). Tidak mau komen lebih lanjut ah.
2. Widget Alexarank (di satu sisi) sangat berpotensi untuk memperberat proses loading sebuah blog.
Pemasangan widget Alexarank ini merupakan satu hal yang mutlak untuk mendapatkan sebuah peringkat Alexa yang bagus, namun pada faktanya pemasangan widget Alexarank ini sangat berpotensi untuk memperberat proses loading sebuah blog atau situs, dalam hal ini anda dapat mempergunakan situs Google PageSpeed Insights untuk membuktikannya.

3. Menimbulkan Kesenjangan sosial.
Untuk kepentingan komersial dan memaksimalkan pendapatan online mungkin masuk akal bila Alexa rank ini menjadi acuan utama selain dari Google page rank, dll. Tetapi bagaimana untuk hal-hal di luar itu?

Nah, yang ini mungkin agak membuat sedih, hiks T_T. Saat saya bertualang mencari tau tentang hal ini, ada juga (beberapa) bloggers senior (di luar negeri lho, bukan di Indonesia, Orang Indo kan ramah tamah, ehem) yang secara terang-terangan mengatakan bahwa mereka akan melihat rangking Alexa suatu website terlebih dahulu sebelum meninggalkan komentar atau apa lah itu.

Kalau ranking suatu website masih rendah, mereka akan kurang tertarik. Tapi kalau ranking web itu bagus, mereka akan terbuka untuk saling sharing dan berdiskusi, kenapa begitu ya? (Chk, cuma bisa geleng kepala).

Demikianlah uraian tentang kelebihan dan kekurangan Alexarank, semoga bermanfaat.

Enter your email address to get update from Info Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan meninggalkan komentar yang sesuai dengan artikel di atas, komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini di masa-masa mendatang.
Mohon jangan melakukan spam, atau promosi produk atau apapun yang tergolong hal-hal negatif
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.

Copyright © 2015. Info Blog 97 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger