logo blog
Selamat Datang Di Info Blog
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Info Blog ini,
Semoga apa yang Info Blog share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Info Blog, mempercepat loading blog

Info Blog 97, blog speed

Info Blog 97 pada artikel ini akan berusaha untuk membahas tentang cara mempercepat loading blog, yang untuk saat ini sudah bukan lagi merupakan kebutuhan namun telah menjadi sebuah tuntutan di dalam dunia blogging, yang bisa jadi merupakan dampak berlakunya algoritma Google MobileGeddon sebagai sebuah algoritma terbaru Google yang secara tersirat menitik beratkan pada faktor kecepatan loading sebuah blog yang "dibungkus" dengan syarat responsivitas atau mobile freindly.

Kecepatan loading sebuah blog ini menjadi sebuah tuntutan karena berdasarkan realita koneksi internet yang tidak merata di bumi Indonesia ini. Tidak semua daerah di wilayah Indonesia ini dapat menikmati fasilitas koneksi internet cepat, sehingga dengan demikian sebagai pemilik (atau pengelola sebuah blog) sudah sewajarnya bilamana kita menempuh upaya-upaya internal terhadap blog yang kita miliki dengan melakukan berbagai usaha-usaha percepatan loading blog tersebut.

Dalam artikel ini, penulis hanya membatasi pokok bahasan pada blog-blog dengan platform blogger atau blogspot yang memang rawan dalam hal kecepatan loadingnya, karena beberapa hal penting semacam leverage cache browser sudah diatur defaultnya oleh pihak Google dan kita tidak dapat mengaturnya sendiri secara manual. Hal ini berbeda dengan platform-platform yang lainnya. Di dalam keterbatasan inilah, maka kita sebagai pengguna platform blogger atau blogspot harus dapat menempuh langkah-langkah internal.

Lebih jauh lagi, hingga detik ini belum ada software atau plugin yang dapat membantu mempercepat loading sebuah blog (khusus platform blogger), yang ada adalah plugin-plugin (atau apalah namanya) yang berfungsi untuk mempercepat koneksi internet pada masing-masing pengguna jasa layanan internet. Dan dalam hal ini tidak semua pengguna memanfaatkannya, sehingga kecepatan koneksi internet menjadi bervariasi.

Mempercepat loading blog ini bertujuan untuk memaksimalkan atau mengoptimalkan kerja sebuah blog, sehingga tetap dapat dibuka atau diakses meski dalam kondisi koneksi internet yang minim. Dengan demikian semua lapisan menjadi terbantukan, pengunjung blog tetap dapat mengakses blog (meski dalam kondisi koneksi internet yang minim), pemilik blog akan dapat menikmati kunjungan visitor dari berbagai lapisan, dan yang paling penting adalah mesin-mesin search engine akan bekerja lebih ringan dalam mengindeks halaman-halaman blog.

Jika kita seorang pengguna jasa Google PageSpeed Insight, maka kita akan dapat mengetahui berbagai macam cara untuk mempercepat loading blog tersebut, mulai dari hal-hal yang simple sifatnya (semacam optimasi gambar-gambar) sampai kepada hal yang paling rumit (seperti minify HTML, hapus CSS dan Javascript yang memblokir render dan lain sebagainya). Dan bilamana kita mengikuti semua saran-saran dari PageSpeed Insight tersebut, otomatis kita akan berhasil meningkatkan kecepatan loading blog yang kita miliki. Namun dalam hal ini kita juga perlu berhati-hati, karena tidak semua saran dari PageSpeed Insight itu dapat kita terapkan, ada kalanya penerapannya akan membuat rusaknya tampilan blog yang kita miliki, dan bahkan dapat membuat beberapa fasilitas blog menjadi "hang" atau tidak berfungsi secara baik.

Berikut ini ada beberapa solusi yang dapat dipergunakan untuk mempercepat loading blog, seperti  :

1. Mengatur halaman homepage.
Mengatur halaman homepage (halaman utama) ini berkaitan dengan jumlah postingan yang ditampilkan pada halaman utama. Jangan menampilkan terlalu banyak postingan di halaman utama (homepage) ini, cukuplah kita menampilkan 4 atau 5 postingan saja, dan untuk selanjutnya kita aktifkan fitur sitemap (daftar halaman blog) dan fitur search. Dan bilamana mungkin anda dapat menampilkan fitur navigasi nomor halaman blog. Disamping jumlah postingan, upayakan widget-widget blog yang berpotensi memperberat loading tidak ditampilkan menumpuk di halaman utama ini. Kita dapat mengaturnya untuk ditampilkan di halaman-halaman postingan blog atau pada halaman-halaman statis.

2. Mengurangi fitur-fitur advertising.
Bilamana tidak terlalu penting, anda tidak perlu memasang iklan yang berpotensi memperberat loading blog. Namun bilamana pemasangan iklan ini merupakan sebuah keharusan, maka gunakanlah gambar-gambar iklan yang telah ter-kompress secara maksimal, baik dari segi ukuran maupun dari ukuran pixel-nya. Dalam hal ini anda dapat mempergunakan berbagai layanan online untuk meng-kompress gambar-gambar baik yang berformat png, jpg maupun gif.

Perlu diperhatikan bahwa, sebuah halaman blog yang memuat berbagai macam iklan dalam jumlah yang banyak pasti akan terasa berat loadingnya bilamana dibandingkan dengan sebuah halaman blog yang tanpa terpasang iklan-iklan di dalamnya.

3. Kompress script-script CSS dan Javascript.
Sebuah blog yang keseluruhan script CSS maupun Javascriptnya ter-kompress dengan baik, pasti akan cepat proses loadingnya bilamana dibandingkan dengan yang tidak ter-kompress sama sekali. Untuk mempercepat loading blog Info Blog 97 ini, penulis dalam hal ini hanya mempergunakan HTML Optimizer milik IWebtool yang dapat anda cari dengan mudah di internet.

Lakukan proses kompress ini secara bertahap, sambil anda selalu perhatikan perubahan-perubahan yang terjadi pada blog anda. Namun sebaiknya anda lakukan backup template terlebih dahulu, agar bilamana terjadi kerusakan, anda dapat me-"restore"-nya kembali.

4. Cara-cara Revolusioner.
Kenapa disebut dengan cara-cara revolusioner, karena cara-cara ini berpotensi untuk merusak tampilan blog dan mematikan beberapa fasilitas blog hanya untuk mempercepat loading blog. Tujuan atau fokus utamanya adalah "kecepatan loading blog", yang bilamana diukur dengan mempergunakan PageSpeed Insight bisa mencapai score 90/100 atau bahkan lebih. Namun cara-cara revolusioner ini sangat riskan, dan oleh karenanya akan penulis bahas pada kesempatan berikutnya.

Demikianlah uraian Info Blog 97 tentang cara mempercepat loading blog, semoga bermanfaat.

Enter your email address to get update from Info Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

4 komentar

Mantap solusinya mas bro, trims telah berbagi

Balas

Sama-sama mas bro, sukses selalu

Balas

Wuih ... ini tutorial yang mantap dan mengesankan, thanks for sharing mas bro

Balas

Mempercepat loading blog ini menjadi penting manakala kita ingin mengembangkan blog yang kita miliki .... salam blogger.

Balas

Silahkan meninggalkan komentar yang sesuai dengan artikel di atas, komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini di masa-masa mendatang.
Mohon jangan melakukan spam, atau promosi produk atau apapun yang tergolong hal-hal negatif
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.

Copyright © 2015. Info Blog 97 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger