logo blog
Selamat Datang Di Info Blog
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Info Blog ini,
Semoga apa yang Info Blog share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Cara merubah Kegagalan menjadi Kesuksesan

Info Blog, banner sukses
Kegagalan adalah suatu peristiwa, bukanlah seseorang. Kita pasti telah mengenal sosok Thomas Alva Edison penemu lampu pijar. Thomas telah mengalami kegagalan sebanyak lebih dari ratusan kali dalam upaya yang dilakukannya untuk menyempurnakan lampu pijar listrik hasil temuannya. Saya terkesan dengan pernyataannya yang mengatakan, “saya tidak gagal. Saya telah berhasil menemukan ratusan cara yang tidak berjalan seperti yang diharapkan. Sebuah pernyataan yang penuh dengan semangat perjuangan dan pantang menyerah.

Hari ini tgl 24 april atau hari lainnya mungkin telah menjadi hari terakhir perpisahan kita dengan seseorang, hari ketika kita ditolak atau saat kita kehilangan atau menguburkan seseorang yang kita cintai, tetapi ingatlah bahwa tgl 25 april atau esok adalah hari pertama dari sisa hidup kita. Hari itu adalah awal dari sesuatu yang baru. Jika kita belum menyelesaikan dukacita kita, lakukanlah itu sekarang. Hadapi, terima, dan obatilah luka itu, bangunlah walaupun kita harus memaksa diri kita, dan teruslah berjalan .

Ada beberapa cara efektif untuk mengubah kegagalan menjadi kesuksesan :

1. Milikilah sikap yang benar.
Sikaplah yang akan menentukan apakah pengalaman yang menyakitkan akan berakhir menjadi suatu kegagalan atau kesuksesan. Kita bisa menanggapi suatu kegagalan atau kesalahan dengan 3 reaksi yang berbeda yaitu :

 - kita bisa memutuskan untuk tidak lagi melakukan kesalahan (sesuatu yang ideal dan mulia, tetapi sangat tidak realistis)
- Kita bisa membiarkan kegagalan membuat kita ragu-ragu dan takut untuk melangkah lagi karena takut terluka lagi (hal ini justru menghancurkan jiwa)
- Atau kita dapat memutuskan akan menjadikan kegagalan tersebut sebagai guru dan dengan demikian kita mendapatkan sesuatu yang berharga dari pengalaman tersebut (dan inilah reaksi yang mesti kita tanggapi)

Kehidupan kita tergantung pada apa yang kita gunakan untuk mengisinya. Kita melihat apa yang kita pilih untuk dilihat, mempercayai apa yang ingin kita percayai dan memperoleh sesuatu dari apa yang kita percayai tersebut. Sikap kitalah yang membedakannya.

2. Ketahuilah tujuan hidup anda
Cara efektif lainnya untuk mengubah kegagalan menjadi kesuksesan dan mengatasi situasi yang menghancurkan hati adalah dengan mengetahui tujuan hidup kita. Semakin jelas tujuan hidup tersebut terdefinisi dan semakin dalam hal tersebut tertanam dalam kesadaran dan alam bawah sadar kita, maka semakin sedikit kegagalan tersebut menghambat kita. Tidak ada penghambat yang sungguh-sungguh tidak bisa diatasi kecuali kelemahan tujuan yang melekat dalam diri kita sendiri . Jika mata kita tetap tertuju pada tujuan dan mempunyai satu tujuan, tidak ada yang mampu menghentikan kita untuk mencapainya.

3. Ingatlah bahwa kegagalan adalah suatu peristiwa, bukanlah seseorang.
Kegagalan yang sebenarnya adalah bahwa kita tidak mencoba, atau tidak terus berusaha mencoba, atau tidak bangkit sekali lagi setiap kali kita terjatuh. Belajar dari masa lalu, dan menggunakannya sebagai kesempatan untuk bertumbuh, bangkit, dan terus maju adalah suatu hal yang penting.

 4. Beri kesempatan pada Tuhan
Jika kita merasa telah gagal, pertimbangkan dengan serius untuk memberi kesempatan kepada Tuhan. Tuhan ingin mengubah kita dari dalam menuju keluar. Kegagalan adalah kesempatan terbaik bagi Tuhan untuk melakukan dan mengerjakan sesuatu yang indah dalam hidup kita. Kemudian mengubah kegagalan kita menjadi suatu pengalaman berharga, suatu batu loncatan untuk menjadikan diri kita lebih baik lagi. Tuhan tidak hanya berkata bahwa kegagalan tidak pernah menjadi kata terakhir, tetapi bahwa kelemahan kita akan menjadi kekuatan bagi kita.


OPTIONAL : Motivasi untuk mengatasi kegagalan.

1. KEGAGALAN
Ingatlah bahwa tak ada kegagalan yang permanen kecuali hanya kemunduran sementara dalam kehidupan yang sukses. Kegagalan adalah suatu insiden yang dapat ditenun ke permadani prestasi yang kreatif. Ingatlah kegaglan itu hanya sementara.

2. KELIRU
Gagal boleh diartikan sebagai cara yang keliru untuk melakukan sesuatu. Oleh karenanya, kegagalan memiliki unsur-unsur menguntungkan dalam arti memberitahu kita agar tidak mengulanginya lagi. Jika anda tau apa yang tidak boleh dilakukan, anda lebih siap belajar bagaimana seharusnya.

3. BELAJAR
Anda bisa belajar dari kegagalan dengan menemukan apayang tidak boleh diulangi, anda bisa belajar lebih efektif dari sukses anda dengan menemukan apa yang harus dilakukan.

4. JANGAN PERNAH
Jangan pernah menerima kegagalan. Hindarilah konteks kegagalan dari pikiran anda. Tanamkan konsep sukses dalam benak anda.

5. BERPIKIR
Ingatlah tulisan di dinding Thomas Alfa Edison: "Ada cara yabg lebih baik untuk melakukannya, carilah itu". Bagaimana Caranya??Dengan disiplin yang dimotivasikan oleh do'a serta berfikir kreatif.

6. KERAJINAN
Tidak ada sukses yang dapat diraih dalam kehidupan ini tanpa kerajinan. Bekerjalah yang rajin, maka prestasi sukses akan terbuka di hadapan anda. Kemampuan untuk bekerja dengan tekun sangatlah penting dalam meraih suskes.

7. SASARAN
Semua orang sukses punya goal, bukan tujuan yang tidak jelas, melainkan sasaran yang spesifik yang didefinisikan dengan jelas, Tidak seorang pun bisa kemana-mana kecuali ia tahu ingin pergi kemana dan apa yang ingin dilakukan atau ingin menjadi apa dia. Miliki sasaran yang pasti,yang berorientasi doa.

8. BENAR
Pastikan agar sasaran anda itu benar, karena tidak ada yang keliru yang akan berubah menjadi benar. kekerliruan akan melahirkan kekeliruan. Hanya kebenaran yang akan melahirkan kebenaran, jadi pastikanlah agar sasaran anda benar.

9. BERTANYA
Anda melakukan apa yang harus anda lakukan dalam kehidupan, mintalah arahan Tuhan. Setelah dipikir-pikir, hanya kehidupan yang diarahkan oleh Tuhan yang dapat mencapai sukses sejati serta mendasar.

10. CARA
Cara pasti menuju sukses adalah cara doa yang tidak egois. Pikirkan bahwa anda ingin melakukan kebaikan terbaik di dunia, dan mencapai nilai-nilai terbaik, bukan sekedar bagi diri sendiri melainkan juga bagi semua orang, maka anda akan membawa pengalaman total anda ke dalam motivasi sukses.


(dikumpulkan dari berbagai sumber)

Enter your email address to get update from Info Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan meninggalkan komentar yang sesuai dengan artikel di atas, komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini di masa-masa mendatang.
Mohon jangan melakukan spam, atau promosi produk atau apapun yang tergolong hal-hal negatif
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.

Copyright © 2015. Info Blog 97 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger