logo blog
Selamat Datang Di Info Blog
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Info Blog ini,
Semoga apa yang Info Blog share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Info Blog, proses memahami diri sendiri

Info Blog, who am iInfo Blog. Memahami diri sendiri adalah merupakan sebuah proses pengenalan terhadap diri sendiri untuk menuju pribadi yang unggul di masa yang akan datang. Kadang kita mendapati diri kita melakukan sesuatu tetapi tidak tahu mengapa. Mengapa kita berteriak pada anak kita ? Mengapa kita memilih bertahan pada pekerjaan yang sekarang alih-alih mencari pekerjaan baru ? Mengapa kita berdebat dengan orang tua tentang hal yang sebenarnya tidak kita pedulikan ? Alam bawah sadar mengendalikan banyak perilaku kita sehingga alasan di balik keputusan mungkin diselimuti misteri. Namun, jika kita tahu bagaimana harus mencari, kita dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang diri sendiri: mengapa kita membuat keputusan tertentu, apa yang membuat kita bahagia, dan bagaimana kita bisa berubah menjadi lebih baik.

Boleh memberi saran kepada orang lain untuk bertindak lebih baik, namun alangkah lebih baiknya lagi jika kamu mampu memberi saran dirimu sendiri sebelum menyampaikannya kepada orang lain ...
Bijaklah pada dirimu sendiri, sebelum kamu berlaku bijak pada orang lain karena memahami diri sendiri lebih sulit daripada memahami orang lain.

Cara-cara mengenali diri sendiri.

1. Dapatkan penilaian yang objektif. 
Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik akan diri sendiri adalah mendapatkan penilaian yang objektif. Tentu saja, Anda bisa bertanya pada orang yang Anda kenal, tetapi pengalaman mereka mengenai Anda akan membawa mereka pada prasangka yang sama seperti Anda. Opini objektif akan memberi gambaran yang lebih akurat dan membuat Anda mempertimbangkan beberapa hal yang mungkin tidak pernah dipikirkan sebelumnya. Ada sejumlah tes yang bisa diambil untuk mempelajari berbagai aspek diri Anda (dan ini lebih dari sekadar tes yang kurang tepercaya):

Teori tipe kepribadian Myers-Briggs Personality mengatakan bahwa semua orang memiliki 1 dari 16 jenis kepribadian dasar. Kepribadian ini dapat memprediksi bagaimana Anda berinteraksi dengan orang lain, jenis masalah antar pribadi dan kekuatan yang Anda miliki, juga lingkungan kerja dan tempat tinggal seperti apa yang paling baik bagi Anda[1]. Versi dasar tes ini dapat ditemukan daring, bila Anda ingin mencari tahu apa yang bisa Anda pelajari untuk pemahaman diri yang lebih baik.

Jika Anda kesulitan memahami apa yang membuat Anda bahagia dan apa yang harus Anda lakukan dalam hidup, pertimbangkan untuk mengambil tes karier. Tes jenis ini dapat membantu Anda memutuskan apa yang mungkin Anda rasa paling memuaskan, biasanya berdasarkan kepribadian dan apa yang biasanya Anda lakukan untuk bersenang-senang. Anda banyak tes berbeda yang tersedia daring, tetapi bila Anda masih sekolah maka Anda mungkin bisa mendapatkan tes yang lebih tepercaya dari konselor karier.

Ada teori yang mengatakan bahwa setiap orang mempelajari dan memproses pengalaman mereka di dunia dalam satu dari sejumlah cara berbeda. Ini disebut “gaya belajar” [2]. Mengetahui gaya belajar akan membantu Anda bahkan setelah keluar dari sekolah dan dapat membantu memahami kenapa Anda kesulitan dengan beberapa aktivitas dan unggul pada bidang lain. Sama dengan lainnya, ada sejumlah tes gratis yang bisa Anda ambil daring. Tetapi sadari bahwa ini adalah sains yang masih diperdebatkan, karena ada banyak teori tentang gaya belajar, dan Anda mungkin mendapat hasil berbeda tergantung tes apa yang Anda ambil.

Anda juga dapat menemukan banyak tes lain yang mencakup banyak subjek di Psychology Today.

2.   Lakukan latihan menulis karakter.
Ketika penulis menulis sebuah buku, mereka sering melakukan latihan menulis yang membantu mereka untuk lebih memahami karakter yang mereka tulis. Anda bisa melakukan latihan yang sama untuk mendapatkan pemahaman diri yang lebih baik dan latihan ini banyak ditemukan daring secara gratis. Latihan ini mungkin tidak memberi hasil resmi, bahkan sering mengandalkan Anda untuk menarik kesimpulan sendiri tentang maksud di balik jawaban yang Anda buat, tetapi ini bisa membuat Anda memikirkan beberapa hal yang belum pernah terpikirkan. Cobalah menjawab pertanyaan berikut untuk mendapatkan gagasan seperti apa tes tersebut:
  • Bagaimana Anda mendeskripsikan diri sendiri dalam satu kalimat ?
  • Apa tujuan Anda dalam cerita hidup ini ?
  • Apa hal paling penting yang pernah terjadi pada Anda? Bagaimana hal tersebut dapat mengubah Anda?
  • Bagaimana Anda bisa berbeda dari orang-orang di sekitar Anda?

3. Evaluasi kekuatan dan kelemahan Anda. 
Anda bisa memahami siapa diri Anda dengan lebih baik dan apa yang paling penting bagi Anda dengan memikirkan kekuatan dan kelemahan. Lebih penting lagi, Anda perlu membandingkan persepsi Anda tentang kekuatan dan kelemahan tersebut dengan apa yang diidentifikasi teman-teman, keluarga, dan rekan kerja. Hal yang bisa mereka lihat tetapi tidak bisa Anda lihat dapat memberi tahu banyak hal tentang diri Anda dan bagaimana Anda memandang diri sendiri.

Contoh kekuatan di antaranya kebulatan tekad, kesetiaan, disiplin diri, perhatian, ketegasan, kesabaran, diplomasi, keterampilan berkomunikasi, dan imajinasi atau kreativitas.
Contoh kelemahan di antaranya berpikiran tertutup, mementingkan diri sendiri, kesulitan memahami kenyataan, menghakimi orang lain, dan masalah dengan pengendalian diri.

4. Nilai prioritas Anda. 
Apa yang menurut Anda paling penting dalam hidup dan interaksi sehari-hari dapat memberi tahu banyak tentang diri Anda. Pikirkan prioritas Anda, bandingkan dengan prioritas orang lain yang Anda hormati, dan pikirkan apa yang dikatakan kesimpulan tersebut tentang Anda. Tentu saja, Anda perlu terbuka pada gagasan bahwa prioritas tersebut tidak berada dalam urutan terbaik (banyak orang juga tidak), tetapi dapat mengajarkan banyak hal tentang diri sendiri.

Seandainya rumah Anda terbakar, apa yang akan Anda lakukan? Apa yang akan Anda selamatkan? Menakjubkan sekali bagaimana kebakaran dapat mengungkapkan prioritas kita. Bahkan seandainya Anda menyelamatkan sesuatu yang praktis, seperti catatan pajak, hal ini tetap dapat mengatakan sesuatu tentang diri Anda (mungkin Anda lebih suka mempersiapkan diri dan tidak menghadapi perlawanan).
Cara lain untuk mengetahui prioritas adalah dengan membayangkan orang yang Anda cintai dikritik secara terbuka untuk sesuatu yang tidak Anda dukung (katakanlah, mereka homo tetapi Anda tidak setuju dengan gaya hidup tersebut). Apakah Anda mendukung mereka? Melindungi mereka? Bagaimana? Apa yang akan Anda katakan? Tindakan kita di hadapan kritik rekan-rekan dan kemungkinan diasingkan dapat mengungkapkan prioritas kita.

Beberapa contoh prioritas yang sering dimiliki orang adalah: uang, keluarga, seks, respek, keamanan, stabilitas, harta benda, dan kenyamanan.

5.  Lihat bagaimana Anda telah berubah.
Lihat masa lalu Anda dan pikirkan bagaimana peristiwa yang terjadi pada Anda dalam hidup telah memengaruhi cara Anda bertindak dan berpikir hari ini. Melihat bagaimana perubahan Anda sebagai manusia dapat mengungkap banyak tentang alasan dari cara Anda bertindak, karena tingkah laku kita saat ini dibangun di atas pengalaman masa lalu.

Sebagai contoh, mungkin Anda cenderung menjadi sangat defensif di sekitar pengutil dan sangat keras pada orang yang Anda anggap mencuri. Ketika Anda memikirkan hal ini, Anda mungkin ingat mencuri permen dari sebuah toko ketika masih kecil dan orang tua menghukum Anda dengan keras, yang akan menjelaskan reaksi Anda yang lebih kuat dari normal pada perilaku serupa di masa kini.


Enter your email address to get update from Info Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan meninggalkan komentar yang sesuai dengan artikel di atas, komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini di masa-masa mendatang.
Mohon jangan melakukan spam, atau promosi produk atau apapun yang tergolong hal-hal negatif
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.

Copyright © 2015. Info Blog 97 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger