logo blog
Selamat Datang Di Info Blog
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Info Blog ini,
Semoga apa yang Info Blog share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Membuat Artikel muncul di halaman pertama Google

Info Blog, number one logoInfo Blog. Membuat artikel-artikel blog dapat muncul pada halaman pertama hasil pencarian search engine semacam Goggle haruslah dimulai sejak awal kita membuat sebuah blog (terlepas dari apapun platform blog yang dipergunakan). Ketika berada dalam tahap perencanan untuk membuat sebuah artikel ada beberapa tahapan yang perlu kita di benahi seperti bagaimana cara membuat artikel yang di sukai Google dan bagaimana artikel akan mampu untuk muncul di halaman pertama SERP Google dengan melakukan cara-cara Optimasi SEO on page dan SEO off page, yang pada dasarnya adalah memberikan magnet untuk mesin pencari Google.

Banyak cara yang dapat dipergunakan untuk mampu menempatkan sebuah artikel blog pada halaman pertama hasil pencarian (berdasarkan keyword atau kata kunci tertentu), diantaranya sebagaimana yang akan penulis uraikan berikut ini :

1). Menguji Persaingan kata kunci

Agar artikel blog muncul di halaman pencarian Google serta dapat menempati posisi strategis ini bisa di bilang sulit, dan mudah untuk yang sudah tahu cara-cara jitu yang akan di terapkan untuk jenis artikel yang kita bidik atau kita tuju tersebut memiliki persaingan judul dan kata kunci yang  rendah atau longgar. 

Apa saja yang harus di optimasi agar artikel berada di urutan 5 besar Google, adalah sebagai berikut:
a). Mencari jumlah pencarian untuk kata kunci di seach engine juga jumlah untuk pesaing
b). Menemukan informasi yang di himpun tingkat mudahnya persaingan
c). Step agar ringan mengalahkan pesaing kata kunci

Mencari jumlah pencarian untuk kata kunci di seach engine juga jumlah untuk pesaing

Untuk mengetahui kata kunci yang ditargetkan di judul artikel yang akan kita gunakan apakah menpunyai sipat persaingan yang ringan atau sulit atau tinggi, sebelum kearah yang kita akan di bahas sebagai berikut :

* Pertama kita telah mempersiapkan dan sudah siap membuat kata kunci yang dibidik dan di targetkan untuk judul dan dalam satu bulan apakah kata kunci itu rendah atau tinggi.
* Kedua kita mencermati peluang dari jumlah kompetitor atau pesaing kata kunci tersebut, apakah kata kunci pesaing kita
-Tinggi (hight)
-Menengah (medium)
-Low (rendah)
-Competetion hanya untuk blog penayang atau publiser iklan google adsense.

Untuk memastikan kata kunci (keyword) yang menjadi sasaran bidikan kita haruslah pilih kata kunci panjang (longtail keyword) yang di dalamnya menerangkan jumlah persaingan kata kunci untuk menengah ke bawah (medium atau low), bila Sobat memang menginginkan kesempatan peluang yang paling besar di mesin pencarian gunakan kata kunci dengan persaingan tinggi.

2). Mencari Backlink Dari Situs Bog Dofollow.

Kita memang dianjurkan memburu atau membuat backlink dari blog situs berkualitas tapi sebelum menyimpan backlink pada blog pada salah satu situs kita harus mengetahui dulu blog Dofollow atau nofollow, karena Sobat harus jeli untuk mendapatkan backlink dengan tujuan untuk meningkatkan ranking blog kita di mata Google. 

3). Manfaatkan Google Trends.

Google Trends adalah salah satu produk dari Google dan pada saat ini popularitasnya semakin banyak di ketahui oleh user internet, Google trends ini bisa mengetahui apa saja yang lagi trends atau booming di internet, dengan melihat apa yang lagi menjadi trending topik di internet maka kita bisa mengetahui trends itu dengan fasilitas informasi yang kita cari dan di berikan oleh Google.

Google trends ini merupakan rangkuman pencarian yang di berikan oleh Google dari hasil semua pencarian user internet yang masuk ke Google search dan dihimpun dalam aplikasi sesuai topik yang hot dan menjadi perhatian di dunia maya menurut Google. 

4). Manfaatkan LSI Keyword.

LSI Keyword atau Latent Semantic Indexing Keyword itu adalah pengelompokan kata yang mempunyai arti sama dan relevan bisa juga sinomin dan mempunyai makna keterikatan yang sama dari kata utama dan beberapa (kadang puluhan) kata yang maksudnya sama yang kita bidik agar artikel kita bisa mencerminkan kesamaan makna yang bisa terindex oleh mesin pencarian.

Untuk memaksimalkan LSI kata kunci yang di targetkan, satu kata kunci coba sobat uraikan jadi 5 kata kunci, jadi apabila kata kunci (keyword) judul ada 4 suku kata maka yang harus di uraikan penambahan suku kata kunci jadi 20 suku kata kunci yang mempunyai makna sama.

5). Menghapus semua Crawl Error page not found 404.

Crawl error halaman yang dituju tidak ada atau mati, kita sering mengklik URL link yang menunjukan page not found 404, maka kita akan di bikin pusing apalagi menerpa blog yang kita kelola, ada kemungkinan kita menghapus sengaja dan dalam penghapusannya tidak tuntas dengan membuka dan menghapunnya link url di webmaster, penyebab terjadinya crawl error 404 di antaranya :

1. Kesalahan saat memasukan url link yang menuju atau mengarah ke halaman lain.
2. Jangan sepelekan link url komentar apabila link yang ditanam mati maka akan terjadi error.
3. Penghapusan artikel di dasbor blog saja tanpa menghapus di webmaster.

Error 404 menurut google tidak menurunkan ranking halaman, cuma bila kita berlarut-lartut tidak menghapusnya dengan cara permanen maka apabila kita menanam backlink yang kita tanam di halaman itu susah terindex walaupun dapat terindex pasti akan membutuhkan waktu yang lama.

6). Mengirim Sitemap Di Google Webmaster Tools.

Mengirim Sitemap/peta situs di Webmaster sudah menjadi kewajiban seorang blogger untuk megirimkan situs anda ke Webmaster milik Google ini. Dengan cara ini seluruh postingan di blog anda akan terindeks oleh Search Engine Goole di halaman pertama, bila semua postingan terindeks di halaman pertama otomatis visitor akan bertambah dan akan dapat meningkatkan trafik blog anda.

Sebelum anda mengirim sitemap ke Google Webmaster Tools, blog anda harus sudah di daftarkan di Webmaster Google.

7). Meringankan loding Blog Jadi Super Cepat.

Blog yang ringan dan super cepat adalah merupakan salah satu dambaan para blogger bisa dari Blogger/blogspot atau dari Wordpress, karena menurut kami bila blog dengan loading yang ringan akan cepat terbuka apabila ada user internet membuka halaman atau url blog anda. Dari sisi search engine, mesin crawler akan lebih mudah melakukan proses crawling pada blog-blog yang memiliki loading super cepat, dan akan banyak keuntungan lain yang diperoleh blog-blog tersebut.

Kiranya uraian saya cukup sampai di sini, bilamana sobat memiliki tips-tips lainnya, mari kita diskusikan pada kolom kotak komentar blog.


Enter your email address to get update from Info Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

3 komentar

Terima kasih atas kunjungan anda ..........

Balas

Waaahh... Mantap gan infonya bagi pemula seperti ane...

Jgn lupa berkunjung ke blog ane ya :) : wirasr.blogspot.com

Balas

Silahkan meninggalkan komentar yang sesuai dengan artikel di atas, komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini di masa-masa mendatang.
Mohon jangan melakukan spam, atau promosi produk atau apapun yang tergolong hal-hal negatif
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.

Copyright © 2015. Info Blog 97 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger