logo blog
Selamat Datang Di Info Blog
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Info Blog ini,
Semoga apa yang Info Blog share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Strategi Promosi Bisnis Lewat Blogger

Info Blog. Promosi Bisnis Lewat Blogger ini pada dasarnya adalah merupakan model promosi bisnis dengan modal kecil sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pendapatan usaha dalam dunia internet marketing yang dapat dengan mudah dilakukan oleh setiap orang (atau blogger) yang telah memiliki sebuah blog sebagai senjata awalnya.

Info Blog, promosi logo

Langkah-langkah awal yang harus dan wajib dilakukan untuk promosi bisnis dengan cara ini adalah "menentukan target market" sebagai permulaan langkah agar apa yang akan kita promosikan dapat mencapai target sebagaimana yang kita harapkan dan tidak melebar luas alias bisa fokus.

Setelah menentukan target market untuk bisnis dengan modal kecil, Anda harus langsung memikirkan bagaimana mengembangkan bisnis tersebut. Mengembangkan bisnis dengan modal kecil memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Diperlukan kejelian dan strategi yang matang agar berhasil mempromosikan bisnis modal kecil milik Anda. Namun Anda tak perlu khawatir, Anda dapat mempromosikan bisnis modal kecil Anda dengan menggunakan media online dan bekerja sama dengan blogger.

“Bagaimana cara melakukannya? Saya tidak punya teman blogger dan kegiatan marketing seperti apa yang bisa dilakukan melalui kerja sama dengan pemilik blog ??”

Caranya sangat mudah! Kegiatan pemasaran yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan blogger outreach. Blogger outreach adalah kegiatan marketing yang dilakukan melalui blog yang memiliki target market sama seperti target market Anda. Dengan melakukan kegiatan marketing ini, Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan sebagai berikut:

– Memungkinkan para blogger untuk menyukai produk atau jasa yang Anda miliki sehingga ia dengan senang hati mempromosikannya melalui  blog yang dimilikinya

– Anda akan mendapatkan feedback yang berharga sebagai masukan untuk mengembangkan usaha Anda.

– Anda berkesempatan untuk menambah keutungan dan juga menjalin hubungan baik jangka panjang dengan para blogger.

Untuk merasakan berbagai keuntungan tersebut, tentunya Anda sebagai pemilik bisnis modal kecil harus melakukan berbagai cara untuk dapat menghubungi blogger. Berikut adalah 3 langkah mudah untuk menjalin hubungan yang baik dengan para blogger.

Langkah 1 : Temukan Minimal 20 Blog yang Menjangkau Target Market Anda

Untuk menemukan blog yang sesuai dengan kebutuhan marketing Anda, maka Anda harus menemukan beberpaa blog yang memiliki audience yang sama dengan target market Anda. Anda bisa melakukannya dengan berbagai cara, seperti:

– Gunakan search engine
Gunakan search engine seperti Google untuk mencari blog yang Anda butuhkan. Anda bisa menggunakan Google Blog Search untuk mencarinya. Caranya cukup mudah, Anda dapat menggunakan keywords seperti “review restoran baru” dan “blog makanan enak” jika bisnis Anda bergerak di bidang kuliner.

– Cari melalui media sosial
Anda bisa mempromosikan bisnis modal kecil dengan menggunakan topik terhangat yang dapat dicari melalui berbagai akun sosial media seperti Twitter, Facebook, Youtube atau bahkan kaskus.

– Cek percakapan lama Anda
Jangan lupa untuk mengecek percakapan lama Anda dengan teman ataupun saudara ketika sedang membicarakan topik seputar bidang bisnis modal kecil yang Anda jalankan. Siapa tahu Anda menemukan beberapa nama blog atau blogger yang direkomendasikan mereka.

Langkah 2 : Jalin Hubungan dengan Blogger yang Masuk dalam List Anda

Ingin mendapatkan kesempatan untuk menjalankan kegiatan marketing melalui blog mereka? Tentunya Anda harus menjalin hubungan yang baik terlebih dahulu. Mungkin akan aneh jika Anda langsung mengirimkan email tawaran bekerja sama. Anda dapat memulai perkenalan melalui kegiatan seperti:

– Memberi komentar pada beberapa postnya
Anda dapat memberi komentar pada beberapa postnya sehingga ia mendapatkan notifikasi dan langsung dapat berkomunikasi dengan Anda.

– Retweet atau share link posting melalui media sosial
Sebarkan beberapa posting dari blog yang Anda anggap bagus dengan menggunakan strategi promosi media sosial sehingga mereka mengetahui bahwa Anda mengapresiasi postingan mereka dengan menyebarkan linknya.

– Beri komen pada FB Page
Ramaikan kolom komentar pada FB Page blog tersebut sehingga nama Anda semakin dikenal oleh blogger tersebut.

– Lanjutkan komunikasi tahap berikutnya
Jika Anda sudah semakin dekat dengan blogger dengan cara-cara tersebut, maka Anda dapat langsung menuju tahap komunikasi berikutnya, yaitu mengirimkan tawaran kerjasama melalui email.

Langkah 3: Kirim Email kepada Pemilik Blog yang Masuk dalam List Anda

Selain untuk meningkatkan angka penjualan, mengirim email adalah salah satu cara komunikasi yang paling jitu untuk mendekatkan Anda dengan blogger. Maka dari itu, pastikan email yang Anda kirimkan sudah cukup baik sehingga Anda berhasil melakukan blogger outreach. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengirimkan email kepada blogger:

– Beri penjelasannya secara garis besar
Jangan memberi penjelasan terlalu panjang pada email yang dikirimkan karena blogger terntunya mendapatkan banyak email setiap harinya. Sehingga dengan mengirimkan email yang padat dan singkat, blogger akan merasa lebih mudah dalam mengerti pesan Anda.

– Jangan terlalu ‘jualan’
Dalam email yang dikirimkan kepada blogger, Anda bisa mengajak mereka untuk datang dan mencoba menggunakan produk maupun jasa yang Anda miliki sehingga mereka dapat memberikan feedback yang bermanfaat untuk Anda. Dengan cara tersebut, Anda bisa melihat apakah mereka tertarik dengan perusahaan Anda atau tidak.

– Berikan ia 1 atau 2 keuntungan
Berikan blogger keuntungan jika ia mengikuti pesan yang Anda berikan pada email. Misalnya dengan menjelaskan keuntungan dari menggunakan produk maupun jasa yang Anda miliki sehingga mereka penasaran dan ingin mencoba serta merasakan sendiri produk atau jasa yang Anda tawarkan.

– Tutup email dengan call-to-action
Agar dapat menyampaikan tujuan utama pengiriman email, Anda dapat menutup email dengan mengajak blogger untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai bisnis Anda atau langsung mengajaknya untuk berkunjung atau menghubungi Anda .

Tiga langkah sederhana tersebut dapat membimbing Anda untuk melakukan blogger outreach dengan sukses. Namun, tetap saja ada hal lain yang harus Anda perhatikan sebelum memulai segala kegiatan marketing. Salah satunya adalah memastikan bahwa desain-desain yang digunkan untuk keperluan publikasi bisnis Anda sudah baik. Desain logo dan desain maskot pada bisnis modal kecil menjadi sangat penting karena logo dan maskot akan digunakan terus menerus selama kegiatan marketing berlangsung.

Bagi Anda pemilik bisnis modal kecil dan ingin melakukan kegiatan blogger outreach , ada baiknya jika Anda menggunakan jasa desain profesional yang mampu mendesain logo dan maskot yang melambangkan visi dan misi perusahaan Anda. Dengan menggunakan jasa desain dari Sribu.com, Anda akan mendapatkan puluhan hingga ratusan alternatif desain logo dan maskot dalam waktu singkat dan dengan harga yang terjangkau sehingga Anda akan terhindar dari berbagai desain logo yang menimbulkan kesalahpahaman.


Sumber :
http://blog.sribu.com/2014/05/13/strategi-promosi-bisnis-modal-kecil-melalui-blogger/

Enter your email address to get update from Info Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

8 komentar

Tutorial yang mantap, ditunggu artikel-artikel berikutnya mas bro, trims

Balas

Informasi yang sangat bagus mas bro, dapat menambah wawasan dan paradigma baru.

Balas

Platform Blogger memang dapat dipergunakan untuk promosi bisnis secara bagus dan gratis

Balas

nah sekarang saya lagi jalin silaturahmi

Balas

Terima kasih atas kunjungan anda, semoga betah di blog aku yang sederhana ini, salam persahabatan.

Balas

Format Blogger memang cocok dan mudah untuk dipergunakan sebagai sarana promosi bisnis dengan modal kecil (gratis) ............

Balas

Yah ..., sampai saat ini aku pun masih mempergunakan format Blogger ini untuk sekedar promosi blog di dunia Internet

Balas

Silahkan meninggalkan komentar yang sesuai dengan artikel di atas, komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini di masa-masa mendatang.
Mohon jangan melakukan spam, atau promosi produk atau apapun yang tergolong hal-hal negatif
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.

Copyright © 2015. Info Blog 97 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger