logo blog
Selamat Datang Di Info Blog
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Info Blog ini,
Semoga apa yang Info Blog share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Info Blog, tentang seputar Branding perusahaan

Info Blog. Masih banyak para pihak (pengusaha maupun orang awam) yang rancu pada pengertian sebuah brand vs branding. Brand adalah merek yang dimiliki oleh sebuah perusahaan, sedangkan branding adalah sekumpulan kegiatan komunikasi aktif yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka proses membangun dan membesarkan brand perusahaan. Tanpa dilakukannya kegiatan komunikasi kepada konsumen yang disusun dan direncanakan dengan baik serta sistematis, maka sebuah merek (brand) tidak akan dikenal dan tidak akan mempunyai arti apa-apa bagi konsumen maupun target konsumen sebuah perusahaan.

Info Blog, brand logo

Pada periode dua puluh tahun yang lalu, mungkin sebuah perusahaan tidak harus melakukan proses pembinaan terhadap brand-nya. Hal ini dikarenakan jumlah brand di pasaran masih relatif sedikit, berarti pilihan bagi konsumen juga hanya tertuju kepada beberapa brand saja. Konsumen cenderung “menerima” benefit-benefit yang diajukan brand yang telah ada. Dewasa ini, dunia pasar kita sudah penuh sesak dengan bermacam-macam brand, pihak konsumen semakin mempunyai banyak alternatif. Konsumen mulai dapat memilih-milih dan semakin kritis terhadap berbagai pilihan benefit yang disodorkan padanya.

Pengertian sebuah Brand

The American Marketing Association (AMA) mendefinisikan sebuah brand adalah “nama, istilah, tanda, simbol atau desain, yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang dan jasa untuk membedakan dari satu penjual ke penjual lainnya. Brand adalah cara untuk membangun kepercayaan dengan karyawan dan pelanggan. Dalam hal pemasaran, definisi brand adalah jumlah total dari nilai perusahaan, termasuk produk, jasa, orang, iklan, positioning dan budaya.

Proses Branding : Sejak awareness hingga loyalty

Dalam proses komunikasi brand, terdapat beberapa hal penting yang perlu untuk mendapatkan perhatian utama. Pertama, sudah pada tahap mana branding tersebut ? Apakah brand sudah berada pada tahap dikenal (aware), atau masih berada pada tahap pemahaman tentang arti brand tersebut, atau masih pada tahap menyukai, atau telah berada pada tahap mencintai (loyal).

Branding yang baik adalah memilih tipe aktivitas brand yang disesuaikan dengan situasi pencapaian nilai brand itu sendiri. Brand yang belum dikenal, harus fokus pada tindakan "awareness building". Sebuah brand yang sudah dikenal tetapi kurang pemahaman, berarti perlu kerja keras untuk menjelaskan apa yang dapat diberikan oleh brand tersebut kepada pihak konsumen.

Brand yang sudah dikenal dan dipahami, harus dicarikan kegiatan yang akan meningkatkan minat mencoba atau membeli. Kegiatan ini sering disebut dengan istilah "Brand Activation". Brand yang sudah dikenal, dipahami, dan dibeli harus dipikirkan untuk membuat konsumen beli lagi, dan lagi, dan lagi. Ini adalah tahapan yang disebut dengan "Proses Pembinaan loyalitas brand". Pada tahap ini, brand sudah bisa dikategorikan sebagai strong brand.  Proses branding haruslah bersifat kontekstual, disesuaikan dengan situasi brand dan tahapan pencapaiannya.

Studi Etnografi, seni mengenal konsumen dengan baik.

Branding tidak bisa lepas dari pemahaman tentang target audience dari brand tersebut.Juga mendapatkan umpan balik sejauh apa konsumen atau target audience sudah menjiwai pemahaman brand.

Pemahaman konsumen jangan dilakukan setengah-setengah. Ethnography pemasaran adalah sebuah pendekatan riset kontemporer yang membantu memperoleh consumer insights secara lebih nyata dan mendalam.

Banyak contoh lahirnya ide produk baru dan ide komunikasi iklan yang berhasil, karena kekuatan consumer insights yang insightful. Contohnya yaitu pengembangan produk dan komunikasi iklan iPod dan produk-produk Apple lainnya.

Seorang ethnographer melalui studi etnografi bertugas membantu perusahaan membaca dinamika yang terjadi di dalam kehidupan konsumen yang berhubungan dengan brand. Melihat dari dekat pengalaman mereka berinteraksi dengan produk.Menyelami dan memahami secara mendalam bagaimana peranan produk dalam habitat asli konsumennya.

Memeriksa Kesehatan Brand

Agar tidak terjadi pemborosan uang dalam branding,maka brand manager harus secara berkala mencari tahu tentang kesehatan brand. Brand yang sehat berarti yang memberikan keuntungan bagi perusahaan. Berarti masih banyak konsumen yang mencarinya.

Brand yang sakit, harus segera dicari tahu penyebab penyakitnya dan dicarikan solusi untuknya. Semakin dini diketahui sebab penyakit, maka semakin sederhana penyelesaiannya. Banyak perusahaan yang membiarkan masalah brand secara berlarut-larut. Sehingga pada titik tertentu, sudah sangat mahal biaya untuk mengembalikannya pada kondisi menguntungkan perusahaan. Pengambil keputusan yang membuang brand dari perusahaannya, adalah yang sudah secara sadar melihat bahwa brandini dalam keadaan sekarat, yang justru akan menguras biaya perusahaan dibandingkan memberikan keuntungan.

Sama halnya dengan manusia, kesehatan brand harus dicek serutin mungkin. Dalam evaluasi rutin inilah, akan bisa dideteksi sejak awal, penyakit atau calon penyakit yang menghinggapi. Dengan solusi ringan, brand bisa sehat kembali dan kembali berjalan sesuai dengan cita-cita perusahaan.

Brand Audit adalah sebuah kegiatan penelitian untuk mengevaluasi brand. Penelitian ini bersifat internal, ke dalam perusahaan, dan juga eksternal, ke arah ke luar perusahaan. Secara holistic sebuah brand akan masuk ke dalam pengujian yang lengkap untuk mendapatkan “rapor” kesehatannya.

Dengan melihat ukuran atau parameter yang jelas, rapor brand dalam segala aspek branding bisa dipotret. Berbekal rapor inilah, seorang brand manager mengatur strategi branding-nya.

Tiga unsur terpenting branding adalah 3C’s yaitu Clarity (jelas), Consistency(tetap pada image-nya), dan Constancy (selalu ada di mana dibutuhkan). Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan perusahaan melakukan perubahan pada branding-nya. Pertama, akibat tekanan dari pesaing yang tidak mampu ditahannya. Kedua, tekanan dari perubahan perilaku konsumen, yang mungkin akibat dari berubahnya teknologi. Alasan lainnya yaitu masalah prioritas perusahaan yang telah berubah.

Perubahan branding yang dikenal dengan nama rebranding dan/atau repositioning adalah saran terakhir yang bisa diberikan untuk sebuah brand. Selama masih bisa dipertahankan dan diarahkan kembali ke jalur semula, perusahaan jangan terlalu terburu-buru untuk mengganti cita-cita brand.

Apa Manfaat sebuah Brand dan mengapa Anda harus melakukannya ?

Alasan yang paling penting bahwa sebuah brand adalah cara untuk dapat membantu meningkatkan usaha penjualan Anda yaitu Jika perusahaan Anda dibangun di atas dasar brand/merek yang solid, Anda dapat membangun ke tahap berikutnya dengan berhasil tanpa harus kehilangan kepercayaan dari pelanggan Anda. Brand juga mendorong keyakinan dan kepercayaan dalam produk / jasa Anda, Jika Anda mengalami masalah sesuatu dengan produk atau layanan Anda, pelanggan Anda akan lebih mudah untuk memahami, Jika Anda mampu membuktikan bahwa brand Anda hadir untuk menjadi sebuah problem solving untuk mereka. 

Karena era saat ini adalah era dimana persaingan semakin ketat, pasar-pasar semakin crowded, yang diharapkan brand Anda mampu menjadi penengah yang di pilih oleh konsumen. ”Sebuah Brand yang baik tidak berpengaruh dengan produk Anda walau produk Anda jelek sekalipun, tetapi Sebuah Brand yang Tidak baik akan berpengaruh dengan produk Anda walau produk Anda baik sekalipun” maka dari itu sebuah brand tidak hanya tentang produk Anda tetapi juga tentang diri Anda sehingga Anda harus berhati-hati dalam  melakukan sesuatu atau mengambil keputusan.

Uraian diatas sudah cukup menggambarkan keseluruhan mengapa sebuah brand dapat meningkatkan usaha Anda, karena itu Anda perlu memiliki banyak waktu untuk memikirkan tentang brand Anda di masa depan.
Enter your email address to get update from Info Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan meninggalkan komentar yang sesuai dengan artikel di atas, komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini di masa-masa mendatang.
Mohon jangan melakukan spam, atau promosi produk atau apapun yang tergolong hal-hal negatif
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.

Copyright © 2015. Info Blog 97 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger