logo blog
Selamat Datang Di Info Blog
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Info Blog ini,
Semoga apa yang Info Blog share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Info Blog, Strategi membangun Backlink 2015

Info Blog, backlink logoInfo Blog. Ketika membahas perihal strategi backlink, maka ada beberapa hal yang harus kita pahami terkait perkembangan pada mesin pencari saat ini. Google sudah jauh berkembang dibandingkan dengan beberapa tahun lalu. Robot-robot Google semakin cepat dalam memahami sebuah pola backlink dan sekaligus mendatanya. Saat sebuah pola backlink dianggap ‘tidak baik’, maka Google hanya perlu  memencet ‘sebuah tombol’ untuk memberikan perintah kepada robot spidernya agar menyapu bersih semua website/blog yang memiliki kesamaan pola tersebut. Inilah (mungkin) yang menjadi alasan mengapa saat ada sebuah website atau blog yang menggunakan jasa backlink dari si ‘A’ kena tendang, maka mayoritas website dan blog lain yang juga menggunakan jasa si ‘A’ akan ikut kena dampaknya.

Di tahun 2015 ini Google telah memberlakukan algoritma terbarunya yang dikenal dengan Google MobileGeddon yang lebih menitik beratkan pada modus responsive template untuk melakukan tindakan pemeringkatan sebuah website atau blog. Sepertinya hanya satu faktor (yaitu responsive template) yang dijadikan dasar pemeringkatan, namun dalam hal ini penulis memiliki pengamatan yang berbeda.

Faktor responsive template ternyata bukanlah segala-galanya (atau satu-satunya faktor) dalam hal menentukan peringkat sebuah website atau blog. Penulis (dalam hal ini) banyak menemukan fakta bahwa urutan teratas pada hasil pencarian Google search engine masih juga ditempati oleh website-website atau blog-blog yang sama sekali belum menerapkan responsive template pada situsnya. Apa sebab hal ini bisa terjadi ? Apakah algortima Google memang belum 100% dijalankan ? Masih sulit untuk menemukan jawabannya.

Dalam hal ini penulis dapat mengambil kesimpulan (sementara), yaitu faktor backlink sebuah website atau blog juga ikut memegang peranan penting dalam hal penentuan peringkat sebuah website atau blog. Backlink yang relevan dengan thema sebuah blog tentu akan sangat mempengaruhi peringkat blog yang bersangkutan di mata search engine semacam Google misalnya. Kesimpulan ini diperkuat dengan kenyataan bahwa sudah sejak lama (sekitar tahun 2013) Google tidak lagi melakukan proses update pagerank terhadap situs-situs yang ada di dunia maya.

Berkaitan dengan masalah backlink ini, baiklah kita perhatikan sepenggal uraian berikut ini :

Search Engine (khususnya Google) untuk saat ini lebih mementingkan kualitas backlink dibandingkan dengan kuantitas backlink. Karena itu, backlink yang memiliki nilai lebih di mata Google hanyalah backlink yang relevan dengan blog terkait, kontekstual, dan berasal dari authority site/blog.

Dari pernyataan tersebut jelaslah buat kita semua bahwa kualitas sebuah backlink menjadi lebih penting bilamana dibandingkan dengan kuantitas (jumlah) backlink yang dapat dikumpulkan.

Baca juga artikel tentang : Ciri-ciri Backlink yang berkualitas.

Selanjutnya, berkaitan dengan strategi membangun backlink yang tepat di tahun 2015 ini, silahkan simak uraian berikut ini  :

a. Memaksimalkan Kontekstual Link.
Kontekstual link adalah sebuah backlink yang terletak di dalam sebuah artikel atau postingan sebuah situs atau blog. Secara sederhana kontekstual backlink adalah backlink yang terdapat di dalam artikel. Contohnya adalah saat anda melihat link dalam blog ini yang mengarah ke Website atau Blog orang lain. Itu adalah model kontekstual backlink buat Web atau Blog mereka. Kontekstual link dapat kita peroleh dengan memanfaatkan beberapa cara berikut ini  :

  1. Membuat thread pada forum-forum sosial yang mengijinkan kita untuk menulis sebuah postingan.
  2. Menjadi penulis tamu (quest-post) pada berbagai website atau blog yang telah memiliki peringkat bagus.
  3. Memanfaatkan dummy blog.

b. Memanfaatkan Social Bookmark.
Social Bookmark tetap bermanfaat untuk mendapatkan backlink diversifikasi dan masih cukup bernilai bagi SEO jika diterapkan dengan benar. Pilih sosbok yang memiliki PR tinggi (klo sekarang lihat DA-nya) dan sudah cukup berumur.

Cara Efektif Memanfaatkan Social Bookmark

Ada 2 cara yang saya gunakan dalam memanfaatkan Sosbok.

  1. Untuk jenis social bookmark yang memiliki kriteria mirip seperti Profile Page Authority Website yang link juice-nya dapat dialirkan/dibocorkan ke MoneySite, maka sebaiknya kita sekaligus membangun Authority Brand blog,  disamping membuat backlink ke artikel.
  2. Untuk jenis social bookmark yang memiliki tipe kriteria lain seperti umumnya mayoritas social bookmark (tidak bisa membuat halaman yang kaya konten), sebaiknya kita hanya memasang backlink ke halaman artikel.

Gunakan nama orang atau kata unik sebagai nama profile. Buat akun di beberapa social bookmark PR tinggi secukupnya saja, tidak perlu banyak-banyak.

c. Memanfaatkan Authority Website.
Saya yakin anda sudah sering membaca tulisan yang sharing mengenai cara menanam backlink pada halaman profile di Authority Website. Bahkan ada yang menjual jasanya untuk membuatkan model tipe backlink seperti ini.

Dari beberapa comment Thread yang saya baca di forum Ads.id, ada yang bilang backlink seperti ini sangat ampuh meningkatkan SERP dan jumlah visitor (biasanya yang bilang begini adalah penjual jasanya atau teman-temannya hehehe..., PISS Guys...).

Ada yang bilang cukup memberikan efek tapi tidak signifikan, ada yang bilang tidak memberikan efek apapun terhadap blog mereka, dan BANYAK yang bahkan tidak pernah (malas) untuk mencobanya sama sekali.

Faktanya:

Halaman profile pada Authority Web memang mayoritas berada pada “laman kosong / miskin konten” dan tidak memiliki satupun internal link dari halaman lainnya. Jadi selain sulit bagi Google untuk menemukannya (meng-index), ketika sudah ter-index oleh Google-pun backlink tersebut masih tidak memiliki nilai SEO yang signifikan (kecuali hanya meningkatkan DA dan PA).

Apa ini berarti backlink profile harus ditinggalkan???

Tidak !

Backlink profile masih tetap memberikan nilai SEO yang tinggi jika kita mengetahui cara memilih yang benar dan menyalurkan/membocorkan PR web tersebut ke blog kita (note: Google tetap menggunakan PR, walau update terbaru sudah tidak dibuka lagi ke Webmaster – ini menurut selentingan dan yang saya percaya).

Bahkan backlink profile (yang benar-benar bernilai SEO) tersebut menjadi salah satu jenis backlink andalan untuk Moneysite saya selama ini. Dan tidak pernah saya terapkan ke blog-blog (gratis) yang saya gunakan untuk praktek.

Perhatikan ini:

Kesalahan umum yang dilakukan banyak Blogger selama ini adalah melakukan spam backlink ke halaman profile yang mereka buat di Authority Website – akibatnya laman profile mereka langsung dihapus oleh Admin dari Web tersebut.

Anda harus memprioritaskan untuk membuat Profile Page di Authority Website yang memiliki PR paling tinggi terlebih dahulu.

Atau karena data Page Rank terakhir kemungkinan besar sudah tidak valid lagi, anda bisa melihat variabel lainnya, yaitu skor DA (Domain Authority) dari web-web tersebut.

Cara memilih Authority Website yang benar untuk menanam backlink profile

Anda harus membuat profile di Authority Website yang memiliki kriteria berikut:
  • Sifat backlink dofollow
  • Anda dapat membuat halaman yang kaya akan konten
Sayangnya tidak ada cara mudah untuk mendapatkan Web-Web dengan kriteria yang saya sebutkan diatas, karena memang struktur dari masing-masing web tersebut sangat beragam – jadi tidak bisa ditemukan dengan teknik footprint.

Jalan satu-satunya adalah dengan masuk ke masing-masing Authority Website tersebut, dan melihat halaman profile dari member-membernya.

Please... do not Spam your page! Anda tentu tidak ingin jerih payah anda menjadi percuma.

(http://hwseo.blogspot.com/2015/04/strategi-membangun-backlink.html) 

Sebenarnya, masih banyak cara-cara lain yang dapat kita pergunakan untuk meningkatkan strategi membangun backlink ini, dan bilamana teman-teman memiliki cara-cara yang lain, silahkan untuk berbagi lewat kotak komentar.

Enter your email address to get update from Info Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

4 komentar

Backlink memang tetap menjadi bagian dari SEO OffPage yang harus terus diupayakan di era MobileGeddon ini, terutama dalam rangka memperkuat eksistensi sebuah situs atau blog. Salam Blogger.

Balas

Strateginya memang mantap mas bro, ijin langsung praktek

Balas

Strategi yang bisa untuk dicontoh, terima kasih informasinya mas bro, salam blogger

Balas

varian backlink ternyata banyak juga nih

Balas

Silahkan meninggalkan komentar yang sesuai dengan artikel di atas, komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini di masa-masa mendatang.
Mohon jangan melakukan spam, atau promosi produk atau apapun yang tergolong hal-hal negatif
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.

Copyright © 2015. Info Blog 97 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger