logo blog
Selamat Datang Di Info Blog
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Info Blog ini,
Semoga apa yang Info Blog share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Kiat-kiat Sukses seorang Blogger Pemula

Info Blog, blogger suksesInfo Blog. Menjadi seorang blogger yang sukses (terutama bagi seorang Blogger Pemula) tentunya membutuhkan waktu yang cukup panjang. Berbagai macam pola optimasi blog, baik yang bersifat internal maupun eksternal harus dijalankan dengan seksama dan hati-hati dengan tujuan utama hanya untuk mengembangkan blog yang dimilikinya. Pengembangan sebuah blog atau web pada dasarnya tidak hanya dijalankan dengan aktivitas menulis sejumlah artikel-artikel yang berkualitas serta bermanfaat bagi para pengunjung saja, namun ada beberapa hal lain yang perlu dan wajib untuk dilaksanakan dengan seksama pula. Berikut ini (pada bagian akhir artikel ini) ada beberapa uraian tentang sikap mental yang harus dimiliki oleh seorang Blogger Pemula agar dapat menjadi seorang Blogger yang sukses di masa depan.

Sama halnya dengan profesi lain, untuk menjadi seorang Blogger yang sukses itu tidaklah mudah. Butuh perjuangan dan pengorbanan yang tiada tara untuk mewujudkannya. Dalam meniti jalan menuju kesuksesan tersebut, seorang Blogger pasti juga akan menemui berbagai macam rintangan dan kesulitan yang berliku untuk dihadapi. Seorang Blogger tentu tidak bisa hanya mengandalkan ilmunya saja untuk bisa menjadi sukses. Ada banyak hal yang bisa mendukung kesuksesan atau sebaliknya kegagalan seorang Blogger, terutama Blogger Pemula.

Salah satu faktor pendukung kesuksesan seorang Blogger Pemula itu adalah berupa sikap dan mental. Ya, sikap dan mental memang memiliki peranan yang sangat penting bagi seorang Blogger Pemula untuk menyongsong kesuksesan. Dengan mental yang kuat maka ia akan berpeluang besar untuk mencapai predikat seorang Blogger Sukses, dan sebaliknya dengan mental yang lemah maka Blogger akan sangat sulit bahkan mustahil untuk dapat mencapai kesuksesan.

Mengapa banyak Blogger Pemula yang gagal menjadi Blogger yang sukses ?

Entah ada berapa juta Blogger yang ada di Indonesia, yang pasti jumlahnya setiap hari selalu bertambah dan bertambah terus. Dari sekian banyaknya jumlah Blogger tersebut, hanya sebagian kecil saja yang mampu bertahan dan menjadi Blogger Sukses, sisanya hanya akan menjadi Blogger yang gagal.

Gagal mendapatkan pengunjung, gagal mendapatkan pembaca, dan yang pasti gagal menghasilkan uang dari blog. Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah, apakah sobat termasuk seorang yang bakalan jadi Blogger sukses atau Blogger gagal ?

Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut silakan disimak beberapa penyebab kenapa banyak Blogger Pemula yang gagal di bawah ini :

1. Ngeblog cuma untuk sekedar iseng
Nggak ada yang salah sebenarnya kalau ngeblog cuma untuk iseng, awal mula saya ngeblog juga karena iseng untuk mengisi waktu. Tapi jika sobat sudah tahu bilamana sebuah blog bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan dan sobat ingin sekali bisa menghasilkan uang dari blog, maka disitulah sobat harus mulai membuang yang namanya sifat iseng tersebut.

2. Nggak bisa menulis
Ngeblog sebenarnya sebuah aktivitas khusus buat mereka-meraka yang hobi menulis, tapi saat ini justru banyak yang kepengin ngeblog tanpa memiliki hobi menulis, atau bahkan nggak bisa menulis sama sekali. Alasannya sederhana, kebanyakan dari mereka tertarik untuk belajar ngeblog karena kepengin menghasilkan uang dari blog.

Apakah itu salah ?

Sama sekali tidak. Yang pasti sobat harus mau untuk belajar menulis. Jangan gunakan cara-cara instan seperti mengambil tulisan blogger lain tanpa izin alias copy-paste.

3. Rajin menulis tapi lupa untuk promosi
Sangat banyak blogger-blogger yang memang hobi menulis, tapi masalahnya sebagian besar dari mereka lupa kalau blognya perlu untuk dipromosiin agar semakin banyak yang membaca tulisannya. Kalau kita cuma nulis terus tanpa melakukan promosi sudah pasti blog kita bakalan sepi pembaca, setelah itu kita jadi males dan akhirnya berhenti ngeblog.

4. Promosi blog dengan cara yang salah
Cukup banyak juga blogger-blogger yang merasa sudah rajin menulis dan sudah melakukan promosi tapi blognya tetap saja sepi pengunjung. Salah satu alasan kenapa bisa seperti itu adalah karena cara promosinya yang salah. Banyak sekali metode atau strategi-strategi promosi blog yang bisa digunakan, tapi tidak semuanya cocok untuk blog kita. Jadi kita harus bisa mencari bagaimana cara yang paling tepat untuk melakukan promosi. Cara melakukan promosi ini akan dibahas pada artikel tersendiri.

5. Tidak punya cukup banyak waktu
Waktu adalah masalah utama yang sering menjadi alasan kenapa banyak blogger berhenti ngeblog. Jika sobat adalah seorang pelajar, sudah memiliki pekerjaan, atau tipe orang yang sibuk, maka bisa dipastikan akan kesulitan membagi waktu untuk ngeblog. Itulah alasan kenapa rata-rata blogger sukses yang saya ketahui adalah mereka-mereka yang menjadikan ngeblog sebagai fokus utamanya. Mereka tidak punya pekerjaan lain selain ngeblog dan menulis.

Bahkan seorang blogger bernama Herman Yudiyono pemilik blog blogodolar.com rela meninggalkan pekerjaan dengan gaji $2000/bulan demi menjadi seorang “full-time blogger.” Alasannya sudah pasti supaya bisa lebih fokus ngeblog.

Terus apa saya juga harus berhenti bekerja atau berhenti bersekolah ?

Tidak, dalam hal ini saya tidak menyarankan sobat untuk berhenti bekerja atau berhenti bersekolah, tapi intinya di sini saya ingin menekankan bahwa ngeblog membutuhkan banyak waktu, khususnya bagi yang ingin menjadi Blogger sukses.

6. Tidak konsisten
Terkadang ada juga yang punya kemampuan menulis, punya banyak waktu tapi kurang bisa konsisten. Baru beberapa bulan ngeblog sudah mulai malas karena merasa apa yang dilakukannya hanya membuang-buang waktu. Semua butuh proses. Jika di bulan-bulan pertama sobat belum bisa menghasilkan apa-apa tidak perlu khawatir karena hal tersebut sangatlah wajar. Yang penting harus tetap konsisten.

Saya pribadi mulai bisa menghasilkan dari blog setelah dua tahun ngeblog (meskipun belum terlalu fantastis hasilnya). Coba banyangkan kalau di tahun pertama saya menyerah, mungkin blog ini udah nggak ada dan nggak tahu saya jadi apaan.

7. Hobi meniru orang lain
Jujur ini adalah salah satu penyakit saya dulu sebagai seorang Blogger Pemula, mungkin sobat juga mengalaminya sekarang, yaitu hobi meniru orang lain. Mulai dari meniru topik blog, meniru desain blog, sampai meniru gaya penulisan artikelnya.

Nggak ada yang salah kalau kita terinspirasi dengan blogger lain, tapi kita harus punya “style” tersendiri sebagai pembeda. Be your self, begitulah kira-kira.

8. Terlalu berambisi untuk menghasilkan uang secara cepat
Siapa sih yang nggak pengin mendapatkan uang hanya dengan nulis-nulis doang di depan layar monitor ? Saya pengin, semua orang juga kepengin. Tapi kalau sobat baru belajar ngeblog, apalagi belajar dari nol, maka cukup penting untuk tidak terlalu berambisi menghasilkan uang dari blog. Setidaknya untuk tahun-tahun pertama fokuslah untuk mempelajari hal-hal dasar tentang blog terlebih dahulu.

Ngeblog itu bukan hanya berkaitan dengan masalah uang, masih banyak manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari blog. Dari bisa jadi pinter nulis, belajar banyak hal, nggak gaptek, dan yang paling utama bisa membantu orang lain melalui tulisan yang kita buat.

9. Tidak bisa fokus
Jujur ini juga menjadi salah satu masalah yang saya alami dulu dan sampai sekarang pun masih tetap mengalaminya, yaitu sulit untuk fokus. Itulah kenapa saya belum bisa menyebut diri saya sebagai seorang blogger sukses. Sobat tahulah yang namanya internet itu gudangnya informasi. Informasi memang bagus, tapi kalau kita terlalu banyak membaca informasi ujung-ujungnya hanya membuat kita bingung.

Khususnya informasi seputar dunia blog. Banyak sekali trik-trik jitu atau strategi-strategi mantab tentang blog yang bertebaran di internet, entah itu di forum-forum atau blog-blog. Kalau kita tidak cerdas dalam memfilter informasi yang kita dapatkan, maka bisa dipastikan kita akan kesulitan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

10. Tidak punya motivasi
Ngeblog berminggu-minggu, berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun tanpa menghasilkan apa-apa adalah hal yang sangat berat. Jadi memiliki motivasi yang kuat menurut saya sangatlah penting. Apapun motivasi tersebut yang jelas sobat harus memiliki alasan yang jelas kenapa sobat ingin menjadi seorang Blogger sukses.

11. Males belajar maunya serba instan
Mungkin sekarang sobat bertanya-tanya :

        Terus solusi untuk mengatasi semua masalah di atas gimana, Mas ?

Jangan malas belajar karena semuanya butuh proses. Apalagi jika sobat seperti saya, cuma tamatan SMP, memulai ngeblog benar-benar dari nol, gaptek dan nggak bisa nulis.

Gabung ke forum-forum seperti ads.id karena di situ tempat berkumpulnya blogger-blogger sukses. Atau jika sobat sedang belajar AdSense bisa gabung ke Forum AdSense.


Berikut ini adalah beberapa mental positif yang wajib dimiliki oleh seorang Blogger Pemula agar mampu meraih kesuksesan di dunia blogging.

1. Berani Bermimpi Besar
Mimpi adalah kunci untuk kita menaklukkan dunia. Itulah sepenggal bait yang ada pada lagu Laskar Pelangi yang dibawakan oleh Nidji. Ya, mimpi memang menjadi landasan dan pijakan awal untuk menggapai kesuksesan. Tanpa mimpi dan cita-cita, seorang blogger akan sulit mencapai suskes, karena tidak ada penggerak dalam diri mereka untuk berjuang dan melakukan sesuatu yang lebih dari kebanyakan blogger lainnya. Maka dari itu, Anda sebagai seorang blogger harus memiliki impian besar jika ingin menjadi "blogger yang sukses".

Untuk bermimpi besar, Anda bisa memulainya dengan menuliskan daftar 10 impian sukses untuk blog Anda dalam selembar kertas. Tuliskan target pencapaian blog Anda untuk 1 tahun, 5 tahun dan 10 tahun mendatang. Terakhir, tulislah aktivitas harian atau hal-hal (to-do-list) yang bisa dilakukan untuk mencapai impian Anda tersebut.

2. Mencintai Aktivitas Blogging
Cinta adalah sesuatu yang akan membuat Anda selalu bersemangat dan berjuang memberikan yang terbaik pada aktivitas blogging Anda. Dengan mencintai aktivitas blogging dengan sepenuh hati, Anda akan mampu menjalankan dan memelihara blog Anda dalam jangka waktu yang lama.

Ya, cinta memang sesuatu yang mengakar dalam diri manusia yang sulit untuk dihilangkan atau dihentikan jika ia memang benar-benar mencintainya. Untuk dapat menemukan cinta Anda yang sejati pada aktivitas blogging, Anda harus menemukan hal atau sesuatu yang benar-benar Anda cintai pada aktivitas blogging (misalnya menulis, mendesain, bercerita, berbagi informasi, berinteraksi, bersosialisasi dan lain-lain).

Setelah itu, Anda juga harus menemukan thema blog yang sesuai dengan diri Anda. Jangan memaksakan diri untuk memilih thema blog yang tidak Anda sukai dan tidak Anda kuasai.

3. Memberikan yang Terbaik
Ya, untuk menjadi yang terbaik dan sukses, Anda juga harus memberikan yang terbaik. Maka dari itu Anda tidak bisa melakukan hal-hal di seputar aktivitas blogging ini dengan setengah-setengah. Anda harus melakukannya dengan maksimal. Anda harus mengerahkan seluruh kemampuan yang Anda miliki.

Inilah bentuk perjuangan yang memang harus Anda tempuh untuk bisa menjadi sukses. Melakukan hal yang terbaik dalam aktivitas blogging bisa berwujud menulis artikel terbaik dan bermanfaat, selalu membalas komentar yang ada di blog, menjalin hubungan baik dengan sesama blogger serta saling berbagi ilmu dan pengalaman di seputar dunia blogging.

4. Blogger Sukses Selalu Belajar
Blogger sejati yang mendambakan sebuah kesuksesan memiliki jiwa pantang untuk berhenti belajar. Jangan merasa diri paling jago dan ilmu yang dikuasainya sudah maksimal. Jika Anda melakukannya, maka bisa dipastikan Anda akan terjatuh dan terpuruk. Ya, kesuksesan memang biasanya akan didapat oleh orang-orang yang terus belajar dengan semangat tinggi dan tanpa henti.

Dalam bidang blogging ini Anda bisa melakukan pembelajaran dengan selalu mengupdate ilmu dari buku atau berdiskusi dengan sesama blogger. Untuk semakin tajam dalam thema blog Anda, blogger bisa berlangganan 5 RSS blog dengan niche yang sama dengan blog yang Anda miliki.

5. Disiplin Terhadap Diri Sendiri
Sikap positif berikutnya yang wajib dimiliki seorang blogger untuk bisa sukses adalah disiplin. Ya, disiplin adalah kunci Anda untuk terus menapak jejak kesuksesan. Anda harus tetap menjaga mimpi-mimpi Anda, mencintai aktivitas blogging, melakukan yang terbaik dan terus belajar tanpa henti.

Semua ini harus Anda lakukan secara disiplin dan konsisten. Hanya dengan disiplin diri yang tinggi inilah Anda akan terus membuka peluang besar menuju kesuksesan.

6. Sabar dan Persisten
Terakhir, mental yang perlu dimiliki seorang Blogger Pemula agar bisa sukses adalah dengan memiliki sikap sabar dan persisten. Kesuksesan yang membutuhkan waktu yang tidak sebentar memang membutuhkan sikap sabar dan persistensi atau kegigihan yang tinggi.

Anda tak boleh lembek dan cepat menyerah meskipun target-target Anda meleset pada beberapa waktu. Anda harus selalu kuat dan sabar menjalani aktivitas blogging ini. Dengan kesabaran dan persistensi tinggi, Anda akan semakin mendekatkan diri dengan kesuksesan di dunia blogging.

Demikianlah sedikit uraian penulis tentang Kiat-kiat Sukses seorang Blogger Pemula, semoga dapat bermanfaat.

Enter your email address to get update from Info Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

11 komentar

Sangat bermanfaat sekali info ny u sy yg br mau belajar.tks
www.produkhwiindonesia.com

Balas

Jangan sungkan, kita sama-sama belajar mbak ...., thanks for coming

Balas

Informasi yang bermanfaat dan dapat dipergunakan sebagai bahan referensi blogging

Balas

Menurut saya artikel diatas adalah salah satu yg terbaik diantara banyaknya konten dijagad maya. Bisa belajar banyak dari sini. Terimakasih telah menginspirasi dan memotivasi blogger pemula. Salam blogger, http://www.kiatkiat.com

Balas

Sederhana tapi sulit dilakukan --> http://www.totaltren.com/2015/09/5-sifat-yang-diperlukan-seorang-blogger-sukses.html

Balas

Kenapa sulit ? Yang penting tetap pelihara motivasi menjadi seorang blogger sejati dan saat inilah kesempatannya .....

Balas

Sepakat dengan inti artikel diatas. Tidak ada yg instant dalam dunia blogging, harus siap menjalani proses demi prosesnya. Kemudian konsisten pada tujuan awal ngeblog juga mesti dimiliki oleh calon blogger sukses. Terimakasih untuk sharingnya, salam hangat by AnwarizCom

Balas

Butuh proses yang panjang untuk menjadi sukses... Benar nih artikel...

http://webartikelinformasi.blogspot.co.id
http://newsarticleforall.blogspot.co.id

Balas

Terima kasih sobat bermanfaat sekali infonya tapi menurut saya masih sulit dilakukan www.wirid.id

Balas

sangat bermanfaat sekali informasinya, memang untuk menjadi blogger yang sukses tidak bisa dilakukan dengan cara instan, namun membutuhkan waktu dan proses yang panjang

Balas

terima kasih mas panduannya untuk blogger pemula seperti saya sangat terbantu dengan artikel mas di atas

Balas

Silahkan meninggalkan komentar yang sesuai dengan artikel di atas, komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini di masa-masa mendatang.
Mohon jangan melakukan spam, atau promosi produk atau apapun yang tergolong hal-hal negatif
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.

Copyright © 2015. Info Blog 97 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger