logo blog
Selamat Datang Di Info Blog
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Info Blog ini,
Semoga apa yang Info Blog share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Bikin Blog jadi Viral di Sosial Media

Blog Info, viral blogBlog Info dalam postingan kali ini akan sedikit berbagi pemikiran tentang Bikin Blog jadi Viral di Sosial Media, sebagai bagian dari upaya membuat blog menjadi terkenal. Memiliki sebuah blog yang terkenal di Sosial Media tentunya merupakan kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya (apalagi seorang newbie seperti aku ini).

Sebenarnya apa sih Viral itu? Viral lebih dikenal sebagai metode penyebaran pesan dengan menggunakan teknologi, baik itu internet maupun mobile. Viral erat kaitannya dengan konten blog. Seseorang menerima e-mail atau pesan SMS dari kenalan atau dari suatu institusi. Ia merasa kalau konten dari e-mail atau SMS itu bisa bermanfaat pula untuk rekan-rekannya, maka ia lalu mengirimkan konten serupa itu ke e-mail atau SMS temannya. Bisa saja ia mengirim ke satu orang teman. Bisa pula ia mengirim ke puluhan temannya. Proses penyebaran konten semacam inilah yang dikenal dengan sebutan Viral itu.

Kalau dianalogikan di dunia nyata, Viral itu mirip dengan "word of mouth". Misalnya kita membeli suatu barang dan kita sangat puas terhadap barang tersebut maka biasanya kita akan menceritakannya kepada orang lain kemudian orang yang kita ceritakan tersebut penasaran ingin mencobanya. Saat orang tersebut merasakan puas seperti kita, maka kemungkinan dia akan mereferensikannya kepada temannya atau orang lain. Mirip gosip, info tersbut kemungkina akan menyebar kemana-mana dari mulut kemulut, orang Jawa bilang "gethok tular". Seperti itulah Viral, hanya saja bedanya, konteks Viral Blog dalam hal ini menggunakan fasilitas teknologi yang berupa sebuah blog dengan memanfaatkan sarana Sosial Media.

Berikut ini adalah langkah-langkah pendahuluan untuk menciptakan sebuah Viral Blog, diantaranya  :

1. Tetap fokus ke konten
Konten sebuah blog meski sampai kapanpun akan tetap menjadi faktor utama kesuksesan sebuah blog. Buatlah konten yang benar-benar berkualitas dan original. Seperti apa itu konten berkualitas :

    a. Dicari oleh pembaca
    b. Unik, berbeda, dan original
    c. Berguna dan bermanfaat

Baca juga : Rahasia Konten Blog yang berkualitas

2. Perhatikan faktor SEO (search engine optimization)
SEO atau Search Engine Optimization adalah usaha untuk mengoptimalkan blog kita pada mesin pencari. Jika sobat menginginkan blog sobat mendapatkan banyak pengunjung dari mesin pencari maka mau tidak mau sobat harus berurusan dengan SEO. Namun dalam hal ini sobat tidak perlu benar-benar menjadi ahli SEO untuk bisa mendapatkan pengunjung dari mesin pencari. Cukup menggunakan pemahaman SEO dasar saya rasa sudah cukup untuk membantu meningkatkan trafik blog sobat dari mesin pencari.

3. Positif Blogwalking
Blogwalking secara sederhana adalah kegiatan berkujung ke blog orang lain sambil meninggalkan komentar. Blogwalking adalah cara lama yang sering dilakukan oleh blogger pemula untuk mendapatkan pengunjung blog, tapi sampai sekarangpun cara tersebut masih tetap efektif.

Selain mendapatkan pengujung, blogwalking juga memiliki banyak manfaat lain, diantaranya:

    a. Menjalin ikatan silaturahmi sesama blogger
    b. Mendapatkan backlink yang merupakan salah satu faktor terpenting SEO
    c. Mendapatkan ide atau inspirasi
    d. dan lain-lain

Baca juga : Blogwalking menarik minat pengunjung blog.

4. Media Sosial
Tidak bisa dipungkiri bahwa pada saat ini kebanyakan orang menghabiskan waktunya di berbagai situs media sosial. Manfaatkanlah dengan baik media sosial sebagai tempat promosi untuk blog sobat agar dapat menjadi Viral di sosial media.

Baca juga : Kembangkan Blog dengan Media Sosial.

5. Manfaatkan berbagai Forum
Di internet banyak sekali terdapat forum-forum diskusi maupun sosial yang berisi orang-orang yang memiliki hobi atau minat tertentu. Gabunglah ke dalam forum-forum tersebut yang sesuai dengan topik blog sobat. Pada intinya adalah aktiflah di forum-forum dimana pembaca sobat sering menghabiskan waktunya. Sobat bisa berdikusi dengan mereka sesuai dengan topik yang sobat minati dan sesekali mempromosikan blog sobat. Yang terpenting jangan melakukan promosi secara berlebihan karena beberapa forum memiliki peraturan yang ketat.

Baca juga : Memanfaatkan Google Plus, menjaring Visitor.

6. Social bookmarking
Social Bookmarking adalah situs yang fungsinya untuk membookmark halaman-halaman yang ada di internet secara online. Banyak blogger-blogger yang menggunakan situs social bookmarking sebagai tempat untuk mendatangkan pengunjung dan juga mencari backlink. Salah satu situs social bookmarking yang paling populer di Indonesia adalah lintas.me. Sobat bisa mensubmit postingan blog sobat ke social bookmarking tersebut.

7. Tetap Belajar
Tetaplah belajar untuk meningkatkan kemampuan ngeblog sobat. Manfaatkanlah Google sebagai tempat mencari informasi yang sobat butuhkan. Gabunglah ke forum-forum seperti ads.id karena banyak tips-tips yang bermanfaat di sana.


Inti utama dari pembahasan Bikin Blog jadi Viral di sosial media ini adalah : Membuat konten-konten blog yang original dan berkualitas, unik dan belum banyak dibahas oleh blogger-blogger yang lainnya. Tahapan berikutnya adalah memanfaatkan berbagai situs Sosial Media untuk mensubmit artikel-artikel blog anda yang original dan berkualitas tersebut. Dengan memiliki berbagai konten blog yang original dan berkualitas serta mensubmitnya secara maksimal, maka niscaya blog anda akan berhasil menjadi Viral di Sosial Media. Semoga.

Enter your email address to get update from Info Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 komentar

Sedaaaaapppp sekali ni artikel, hanya saja untuk membuat viral harus ada dukungan dari para blogger ataupun webmasters, karena konten baik, SEO Ok, Blast ke forum tanpa dukungan para blogger dan webster yang ikut share akan sangat berat untuk terlaksana, terkecuali ada dana lebih untuk mempromosikannya.

salam kenal mas dari wakpet
http://ngepet-in.com

Balas

Baiklah ... mari kita saling memberi dukungan yang positif mas bro ....

Balas

Silahkan meninggalkan komentar yang sesuai dengan artikel di atas, komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini di masa-masa mendatang.
Mohon jangan melakukan spam, atau promosi produk atau apapun yang tergolong hal-hal negatif
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.

Copyright © 2015. Info Blog 97 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger