logo blog
Selamat Datang Di Info Blog
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Info Blog ini,
Semoga apa yang Info Blog share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Blog Sepi Pengunjung sebuah Introspeksi

Blog Info, banner-01Blog Info, belakangan ini aku sedang resah dan gelisah, blog yang aku buat dan aku maksimalkan dengan segala daya upaya ini masih juga sepi pengunjung. Terus terang aku jadi bingung apa yang menjadi sebab utamanya. Memang secara realita Blog Info ini belum genap berumur satu tahun, dan bila aku tidak salah menghitungnya, baru berumur sekitar 5 (lima) bulan hingga artikel ini aku buat. Memang ada beberapa artikel yang aku mundurkan tanggal pembuatannya. Apakah hal ini berpengaruh ..... ? Mudah-mudahan tidak juga berpengaruh.

Upaya optimasi SEO telah aku jalankan dengan sewajarnya, update postingan aku upayakan rutin meskipun hanya 2 artikel per minggu (kalau ingat sih, kadang juga nggak sama sekali), pemakaian atau pemilihan template (berkaitan dengan desain blog) barusan aku rubah secara revolusioner dengan pemakaian model template yang baru. Kenapa ?? Karena pemakaian template yang lama banyak menyebabkan error pada data struktur blog di mata webmaster Google.

Dalam kondisi kebingungan aku mencoba untuk mereview ulang perjalanan Blog Info ini sejak pertama kali bentuk, mungkin beberapa hal di bawah ini yang menjadi penyebabnya  :


1. Blog atau Artikel belum terindeks keseluruhan oleh Search Engine
Pahamilah dulu darimana pengunjung blog anda datang ! Karena memang sebagai blogger kita harus paham darimana saja kemungkinan pengunjung akan datang mengunjungi blog kita. Jawabannya adalah Search Engine atau mesin pencarian/penelusuran seperti Google !! Fakta yang sulit untuk dibantah bahwa sumber dari trafik yang datang menuju ke sebuah situs/web atau blog 95 persen berasal dari hasil pencarian kata kunci/keyword tertentu di Google. Dengan demikian kalau kita menginginkan trafik/pengunjung yang datang dari hasil pencarian keyword ya otomatis blog atau artikel kita harus bisa terindeks oleh Google supaya bisa menjadi referensi untuk pencarian kata kunci atau artikel tertentu. Cara supaya blog atau artikel kita cepat di indeks oleh Google diantaranya adalah dengan memberikan backlink kearah artikel/posting yang kita buat dan biasakan juga melakukan ping setiap kali mempublish artikel baru di blog anda. (sumber : http://www.rayhanzhampiet.com/2012/05/5-penyebab-blog-sepi-pengunjung.html)

2. Kesalahan pemilihan template
Mungkin terdengar sepele tapi menurut saya ini bisa jadi faktor penyebab kenapa pengunjung blog anda sepi karena ternyata pengunjung TIDAK SUKA template yang anda pakai. Menurut kesan mereka template anda tidak sesuai dengan topik atau jenis artikel yang anda tulis di blog. Misalnya blog sobat mengulas tentang gadget atau review HP terbaru, tapi blog anda menggunakan template dengan background berlatar HITAM. Menurut saya ini kurang tepat, karena akan lebih bagus kalau kita menggunakan template dengan background putih sehingga gambar-gambar gadget atau HP terbaru yang ditampilkan pun akan terlihat lebih hidup dan menarik. Kesimpulannya kalau kita suka dengan 1 template, belum tentu template itu tepat untuk kita pakai. Jadi hati-hati dan pertimbangkanlah baik-baik dalam hal pemilihan template ini. (sumber : http://www.rayhanzhampiet.com/2012/05/5-penyebab-blog-sepi-pengunjung.html)

3. Kurang bersosialisasi
Blog yang kurang berinteraksi dengan blog lain, kurang di minati oleh pembaca. Meskipun materi pada blog tersebut sangat berkualitas. Pembaca lebih menyukai blog yang banyak di kenal oleh blogger lainnya walaupun materi pada blognya biasa-biasa saja.  Ini bukti bahwa blog tersebut memang memiliki nilai lebih di mata para pembaca setia nya. (sumber : http://www.maseteguh.com/2015/06/mengatasi-penyebab-blog-sepi-pengunjung.html)

Itulah beberapa penyebab yang aku sadur dari pendapat beberapa rekan blogger, berikut ini sebab-sebab lain berdasarkan pengamatan saya pribadi  :

4. Blog masuk dalam jebakan Google Sandbox.
Google Sandbox ini memang tidak menyebabkan sebuah blog menjadi de-index, namun yang pasti akan menyebabkan menurunnya kuantitas pengunjung blog (untuk sementara waktu). Selanjutnya bilamana kita telah mampu melepaskan diri dari jebakan pasir hisap ini, maka kuantitas pengunjung blog akan kembali normal seperti biasanya.

5. Kurang memaksimalkan aktivitas blogwalking.
Aktivitas blogwalking ini diakui ataupun tidak ternyata membawa dampak yang cukup signifikan untuk mendatangkan pengunjung blog. Kelebihan aktivitas blogwalking adalah datangnya visitor blog yang ter-target (sebagai buntut komentar blog yang kita tinggalkan). Aktivitas blogwalking ini pada dasarnya masih berhubungan dengan point ke 3 di atas.

6. Kurangnya aktivitas promosi blog lewat berbagai media.
Memaksimalkan aktivitas promosi blog lewat berbagai media online maupun offline juga memiliki potensi positif untuk mendatangkan pengunjung blog. Media-media social bookmarking sepertinya juga sangat menunjang untuk kita pergunakan secara dan tidak perlu berlebihan.

7. Artikel yang kurang menarik.
Sebetulnya aku sendiri segan untuk menampilkan faktor yang ke 7 ini, terutama karena aku sendiri belum terlalu ahli untuk membuat sebuah artikel yang menarik bagi para pengunjung. Hingga saat ini pun aku masih terus belajar dari para blogger senior tentang cara menulis artikel yang menarik, sehingga mampu untuk menyedot kehadiran pengunjung yang sangat aku rindukan itu.


Demikianlah uraian tentang blog sepi pengunjung, meskipun blog aku ini masih sepi pengunjung, namun aku akan tetap berjuang untuk melakukan hal-hal yang terbaik. Biarlah kesepian ini akan aku jadikan sebagai proses pendewasaan blog sekaligus diri aku sendiri. Disamping itu kesepian ini akan selalu mengingatkan aku untuk berusaha memperbaiki kondisi blog ini.

Enter your email address to get update from Info Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

3 komentar

Kalau menurut saya, Pakai domain TLD juga bisa meningkatkan traffik pengunjung, terutama dari mesin pencarian...

Balas

Bisa jadi demikian, namun pandangan saya berbeda ...., pada faktanya banyak TLD yang tidak berhasil tanpa dukungan blog-blog gratisan semacam yang aku pakai ini ....... Terima kasih atas kunjungannya ...., lain waktu kita sharing pemikiran lagi ....

Balas

bener,, ^_^
bermanfaat bagi aku yang masih pemula

Balas

Silahkan meninggalkan komentar yang sesuai dengan artikel di atas, komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini di masa-masa mendatang.
Mohon jangan melakukan spam, atau promosi produk atau apapun yang tergolong hal-hal negatif
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.

Copyright © 2015. Info Blog 97 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger