logo blog
Selamat Datang Di Info Blog
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Info Blog ini,
Semoga apa yang Info Blog share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Pagerank Blog menentukan Kualitas Blog .. ?

Blog Info pada artikel kali ini ingin berbagi opini tentang "Pagerank Blog menentukan Kualitas Blog..?" yang mana masalah ini kadang cukup membingungkan. Penelitian (non formal) yang penulis lakukan akhirnya mendapatkan sebuah kesimpulan sementara yang intinya : Pagerank Blog yang tinggi tidak selalu mencerminkan kualitas sebuah blog. Dalam sebuah kasus penulis menemukan contoh riil sebuah artikel blog dengan kondisi tidak memiliki kesesuaian antara judul dengan bahasan, namun faktanya halaman blog tersebut mendapatkan pagerank yang cukup tinggi, yaitu pagerank #4. Mohon maaf dalam hal ini penulis tidak menyertakan link url artikel tersebut semata-mata lebih menjaga kode etik sesama blogger. Berikut bukti capture artikel tersebut  :

Blog Info, Capture Artikel

Apa yang terlintas dalam benak kita setelah membaca penggalan artikel dalam gambar tersebut di atas ? Judulnya "Cara Meningkatkan Pagerank dan Alexa .....", jadi ada dua topik yang seharusnya dibahas, yaitu Pagerank dan Alexarank. Namun ketika penulis baca hingga akhir, isi pembahasan dalam artikel tersebut hanya berfokus pada masalah Alexarank saja, tanpa menyentuh topik tentang Pagerank (sebagai yang telah dituliskan di dalam judulnya). Anehnya, halaman postingan ini memiliki pagerank yang cukup tinggi, yaitu berada pada level 4. Sekedar tambahan, artikel tersebut dibuat pada tahun 2011 pada media bulan Maret (03).

Contoh kasus inilah yang akhirnya membawa penulis pada kesimpulan bahwa : Pagerank blog tidak selamanya mampu menjamin kualitas blog yang bersangkutan. Contoh nyatanya seperti dalam uraian di atas. Anehnya lagi, Pagerank Homepage situs atau blog tersebut berada pada level 6, sebuah peringkat yang cukup fantastis untuk level blog personal.

Contoh fenomena semacam inilah yang bisa jadi membuat Google tidak lagi mengaktifkan fitur Pagerank blog sejak tahun 2013 lalu. Secara sepintas memang fitur pagerank Google belum juga mampu memberikan jaminan kepastian tentang kualitas sebuah blog secara riil. Kuat dugaan, bahwa pada masa lalu fitur pagerank blog ini dapat "direkayasa" dengan menempelkan artikel-artikel blog atau halaman utama blog dengan situs-situs yang memang telah memiliki pagerank tinggi (pada waktu itu). Benarkah demikian ... ? Hanya Google yang tahu jawabannya .......  !!! Faktanya memang pada masa di bawah tahun 2013 begitu banyak beredar perhitungan matematis tentang cara mendapatkan pagerank blog yang tinggi, yaitu dengan mengandalkan sejumlah backlink dari situs-situs atau blog-blog yang memang telah memiliki pagerank tinggi.

Ketiadaan fitur pagerank blog ini di satu sisi ada untungnya, namun di sisi lain ada pula kerugiannya, yaitu sebagai pemilik blog kita jadi kesulitan untuk memantau sejauh mana tingkat kualitas blog yang kita miliki dan sedang kita kembangkan ini. Apakah kita akan mengandalkan fitur Alexarank ? Saya rasa tidak tepat, karena dalam hal ini Alexarank mendasarkan peringkatnya hanya pada Alexa Traffic dan Alexa Pageview berdasarkan pemasangan Alexa Toolbar dan Alexa Widget. Traffic dan pageviews yang tinggi sama sekali bukan merupakan indikator kualitas artikel atau halaman posting yang berkualitas, traffic dan pageviews ini dapat dengan mudah kita peroleh dengan hanya mengoptimasi proses-proses promosi blog atau halaman blog yang bisa sering kali tidak dilakukan dengan memaksimalkan kualitas postingan yang bersangkutan. Yang penting dapat traffic (pengunjung), masalah kualitas postingan ..... nanti dulu lah .. !!

Demikianlah opini saya (blogger pemula), bilamana ada salah kata, saya mohon untuk dimaafkan ........

Enter your email address to get update from Info Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan meninggalkan komentar yang sesuai dengan artikel di atas, komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini di masa-masa mendatang.
Mohon jangan melakukan spam, atau promosi produk atau apapun yang tergolong hal-hal negatif
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.

Copyright © 2015. Info Blog 97 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger