logo blog
Selamat Datang Di Info Blog
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Info Blog ini,
Semoga apa yang Info Blog share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Desain Rumah Tinggal atau Hunian Keluarga

Dalam mendesain sebuah rumah tinggal atau hunian keluarga yang cukup representatif untuk menjadi tempat kediaman yang nyaman memang tidak terlalu mudah dilakukan, terutama bagi kaum awam. Banyak hal yang harus menjadi bahan pertimbangan, salah satunya berkaitan dengan luas lahan yang ada dikaitkan dengan kebutuhan ruang untuk beraktivitas bagi seluruh anggota keluarga.

Lahan yang tersedia, ada kalanya tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan ruang (terutama di kota-kota besar), sehingga ada kecenderungan untuk membangun rumah bertingkat, dan tentu saja hal ini membutuhkan dana atau biaya dua sampai tiga kali lipat dari bangunan rumah biasa.

Desain-rumah-tinggal-standar-minimalis

Gambar di atas merupakan contoh sebuah rumah tinggal satu lantai dengan ukuran lahan 10 x 15 m (150 m2). Desain rumah tinggal tersebut mempergunakan carving (ukiran dinding) sebagai point view untuk mempercantik tampilan secara keseluruhan.

Unsur ruang hijau menjadi perhatian yang tidak dapat diabaikan dalam rangka memberi suasana segar, terutama di pagi hari. Desain hunian tersebut dalam gambar cukup banyak mempergunakan kontur vertikal untuk memberikan kesan bangunan tinggi dan cukup megah. Pengembangan selanjutnya dari desain tersebut di atas, tinggal kita menambahkan pagar rumah sesuai selera.

Kembali kepada masalah pola desain hunian keluarga yang representatif, pola alur udara segar harus  pula diperhatikan agar dapat menjadikan kompleks hunian yang asri, dan tentu saja suasana di dalam rumah menjadi cukup dingin alias segar, karena arus udara segar yang memadai.

Desain-rumah-tinggal-dua-lantai-nan-asri

Desain rumah tingkat dalam gambar di atas tetap mempertahankan keberadaan ruang hijau sebagai unsur pemantik udara segar. Unsur kayu dan batuan alami tetap dominan sebagai unsur utama desain. Contoh desain tersebut cocok untuk diterapkan pada sebuah lahan dengan lebar 12 m.

Desain-hunian-rumah-dua-lantai-nan-asri

Gambar di atas adalah merupakan alternatif desain hunian dua lantai dengan lebar lahan 12 m. Unsur ruang hijau masih tetap menjadi unsur utama desain keseluruhan. Unsur kayu dan batuan alam menambah cantik tampilan desain bangunan secara keseluruhan.

Demikianlah uraian tentang Desain Rumah Tinggal atau Hunian Keluarga yang cukup representatif.

Enter your email address to get update from Info Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan meninggalkan komentar yang sesuai dengan artikel di atas, komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini di masa-masa mendatang.
Mohon jangan melakukan spam, atau promosi produk atau apapun yang tergolong hal-hal negatif
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.

Copyright © 2015. Info Blog 97 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger