logo blog
Selamat Datang Di Info Blog
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Info Blog ini,
Semoga apa yang Info Blog share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Banggakan Budaya Bangsa Sendiri

Info Blog. Dewasa ini bangsa Indonesia telah mengalami berbagai model kemerosotan mental, diantaranya yang terparah adalah kehilangan jati-diri sebagai bangsa yang merdeka. Hilangnya jati diri sebagai bangsa ini lebih banyak dipicu dengan menurunnya kebanggaan insan-insan negeri terhadap budaya bangsanya sendiri. Hilangnya kebanggaan terhadap budaya bangsa sendiri ini pada hakekatnya merupakan sebuah model penjajahan jaman now. Anak-anak bangsa Indonesia lebih suka mempelajari sekaligus membanggakan dirinya dengan "budaya tiruan bangsa lain". Inilah penyebab utama hilangnya jati diri bangsa Indonesia sebagai sebuah bangsa yang merdeka lahir dan batin,

Keris Asli Indonesia
Keris sebagai salah satu budaya asli Bangsa Indonesia 
Buntut dari hilangnya jati diri bangsa Indonesia sebagai sebuah bangsa yang merdeka, tidak mengherankan bilamana ada sebagian kalangan yang mempredisikan bahwa beberapa saat ke depan bangsa Indonesia akan hilang dari percaturan dunia. Dari sudut pandang yang positif, prediksi ini bisa jadi akan menuai kebenaran, bilamana mayoritas insan-insan bangsa Indonesia lebih bangga dan percaya diri dengan hanya menggunakan serta memperdalam "budaya tiruan bangsa lain", tanpa mau peduli dengan budaya asli nenek-moyangnya,

Kenyataan ini tidak dapat ditolak, kaum generasi muda saat ini banyak yang tidak mau mengerti ataupun menghormati sejarah dan kebudayaan leluhurnya sendiri. Mereka merasa bahwa budaya dan sejarah leluhur itu merupakan suatu hal yang ketinggalan jaman. Out of date, begitu argumentasinya. Mayoritas generasi muda ini demikian mudahnya menyobongkan diri mereka dengan "budaya lain", seolah-olah mereka ini begitu saja ada di Bumi Pertiwi ini tanpa campur tangan para leluhurnya.

Pahamkan satu hal ini, Nenek-moyang Bangsa Indonesia ini telah jauh lebih berbudaya daripada masyarakat Indonesia saat ini. Bahkan budaya mereka itu (pada jamannya dahulu) telah jauh meninggalkan peradaban bangsa-bangsa lain di dunia. Sejak jaman dahulu Nenek-moyang Bangsa Indonesia telah mampu menciptakan alat-alat pelayaran yang mampu mengarungi samudra luas hingga ke negeri orang. Dalam khazanah spiritual, Nenek-moyang Bangsa Indonesia telah pula mengenal Tuhannya, dan jauh lebih memiliki mental dan moral yang melebihi bangsa-bangsa lain.

Penguasaan terhadap diri pribadi telah dikembangkan sedemikian rupa sehingga mereka tidak pernah meninggalkan Tuhannya dalam berbagai hal kehidupan ini. Mereka telah pandai bersyukur terhadap segala rahmat dan berkat Tuhan Yang Maha Esa, dan lebih jauh lagi mereka telah berupaya untuk mencapai tataran "Manunggaling kawula Gusti" (persatuan yang utuh antara umat dengan Tuhannya). Mereka telah berusaha untuk bersatu dengan Tuhannya, dan bukan hanya meminta dan meminta.

Marilah wahai anak-anak negeri, cintai dan banggakan Budaya Bangsa Sendiri agar kita kembali memiliki harkat dan martabat sebagai sebuah bangsa yang besar. Agar kita dapat memiliki sebuah harga diri sebagai sebuah bangsa yang merdeka. Jangan lagi kita bangga terhadap budaya dan tradisi bangsa lain atau bangsa asing.

Semoga.

Enter your email address to get update from Info Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

Aku bangga menjadi bagian dari Bangsa Indonesia .... Salam NKRI

Balas

Silahkan meninggalkan komentar yang sesuai dengan artikel di atas, komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini di masa-masa mendatang.
Mohon jangan melakukan spam, atau promosi produk atau apapun yang tergolong hal-hal negatif
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.

Copyright © 2015. Info Blog 97 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger