logo blog
Selamat Datang Di Info Blog
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Info Blog ini,
Semoga apa yang Info Blog share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Info Blog, tentang seputar Google PageSpeed Insights

Info Blog, pagespeed insightsInfo Blog. Kecepatan loading sebuah blog di era MobileGeddon dewasa ini sudah merupakan sebuah kebutuhan yang mendasar untuk mendukung keberadaan sebuah situs atau blog agar tetap dapat bersaing pada daftar hasil pencarian mesin telusur (SERP) semacam Google search engine, yang hingga saat ini masih menjadi primadona search engine di kalangan para blogger, baik blogger pemula maupun blogger kawakan sekalipun.

Manfaat memiliki sebuah blog dengan kecepatan loading yang maksimal adalah berkaitan dengan masalah penjaringan jumlah pengunjung blog dalam kuantitas yang besar, serta akan memudahkan proses crawling yang dilakukan oleh search engine. Secara logika dapat dijelaskan sebagai berikut, sebuah blog yang cepat proses loadingnya tentu akan sangat menggembirakan bagi sejumlah pengunjung blog yang datang berkunjung meskipun hanya sekedar mampir belaka. Dan hal ini secara tidak langsung akan menarik minat pengunjung tersebut untuk datang kembali di lain waktu, dengan catatan blog tersebut memiliki sejumlah informasi beragam dalam artikel-artikelnya.

Lebih dari pada itu semua, mesin telusur memiliki keharusan untuk mengcrawling ratusan juta bahkan milyaran situs atau blog yang ada di Internet, dan sudah barang tentu mesin telusur akan senang menelusuri sebuah blog yang memiliki loading super cepat karena hal ini akan sangat memudahkan dalam proses penelusuran yang dilakukannya. Dengan demikian, sebuah blog yang memiliki kecepatan loading yang maksimal akan menuai banyak keuntungan dalam hal ini.


Mengukur kecepatan loading sebuah blog.

Membahas tentang kecepatan website/blog kita akan menjumpai banyak defenisi dan fungsi dari mengukur kecepatan itu sendiri. Berbagi mengenai Ilmu yang saya ketahui tentang pengoptimalan website/blog agar SEO friendly salah satunya adalah dengan mengkonfigurasi sehingga berat website kita bisa ringan dan lebih disenangi oleh user ataupun pembaca. Belajar dari pengalaman, biasanya user yang ingin mencari informasi dari internet akan diarahkan kepada banyak halaman yang terindeks oleh mesin terlusur/Search Engine.

Sebagaimana telah diungkapkan di atas, pada umumnya user tidak menyukai halaman yang berat dan lama dalam menyajikan informasi yang dicarinya. Mereka lebih cendrung meninggalkan halaman yang berat dari pada harus menunggu hingga informasi ditampilkan. Dalam hal ini mesin telusur juga mengambil tindakan agar penggunanya tetap setia karena menyajikan informasi yang TEPAT, MUDAH dan CEPAT. Inilah mengapa halaman yang ringan akan banyak membantu mesin telusur dalam membahagiakan pengguna. Oleh karena itu, kecepatan dan berat website/blog menjadi salah satu teknik kita dalam meningkatkan SEO, dan salah satu  teknik yang diajarkan pada kursus SEO.

Tool yang akan kita gunakan adalah milik Google Developers yaitu Google PageSpeed Insights. Tool ini cukup mudah untuk digunakan.

Cara menggunakan PageSpeed Insights adalah sebagai berikut :

  • Buka halaman tool Pagespeed pada : http://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/
  • Lalu akan tampil PageSpeed Insight beserta form alamat website yang ingin kita ukur. Contohnya bisa dilihat pada gambar dibawah.
  • Pada contoh kita masukkan blog infoblog971.blogspot.com.
  • Kemudian yang terakhir kita bisa klik tombol ANALISIS seperti pada contoh.

Terakhir akan tampil persentase kecepatan maksimal dari halaman yang kita inputkan pada form diatas. Yang akan tampil adalah persentase kecepatan mobile maupun persentase kecepatan website. Juga akan bisa kita lihat apa saja yang harus kita perbaiki pada konfigurasi website kita. Semoga ini bisa bermanfaat bagi pembaca mengimplementasikan pada website Anda masing-masing.


Menilai Kecepatan Akses blog anda.

Bila anda ingin pengunjung betah berlama –  lama di website anda, maka kecepatan akses website adalah kuncinya. Anda bisa bayangkan jika masuk ke sebuah website yang loadingnya sangat lambat. Anda pasti merasa jengkel bukan? Makanya, jangan biarkan pengunjung anda merasakan apa yang anda rasakan. Apalagi ketika mereka sedang berkunjung di website anda.

Google telah menyediakan alat bantu yang dapat anda manfaatkan untuk menilai seberapa cepat website anda. Dengan mengetahui nilainya, kita dapat melakukan revisi pada bagian-bagian yang diperlukan. Anda bisa menemukannya di sini: https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights. Fungsinya mirip-mirip dengan YSLOW.  Namun, sejak alat ini disediakan oleh Developer Google, maka anda akan mendapat hasil yang lebih akurat di mata Google. Khususnya bila kegiatan internet anda berorientasi di sekitar Google.

1-google-developer-speed

Di sini, anda tinggal memasukkan alamat anda untuk mulai melakukan penimbangan. Kemudian klik analize. Tunggu sebentar, dan setelah sekian detik maka akan keluar hasilnya.

2-google-developer-speed

Berikut kategori kelompok nilai yang muncul:
Kategori Kurang = 1-60
Kategori Lumayan = 61-70
Kategori Cukup Baik = 71-80
Kategori Baik = 81-90
Kategori Sangat Baik = 91-100

Jadi berapa nilai website anda ?
Enter your email address to get update from Info Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 komentar

Baru tahu aku ada tool Google yang bisa untuk memantau tingkat kecepatan loading sebuah blog, mantap, trims telah berbagi. Salam blogger.

Balas

Trims gan infonya... Sekalian dong dishare juga tipsnya supaya blognya ngacir!!!

Balas

Silahkan meninggalkan komentar yang sesuai dengan artikel di atas, komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini di masa-masa mendatang.
Mohon jangan melakukan spam, atau promosi produk atau apapun yang tergolong hal-hal negatif
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.

Copyright © 2015. Info Blog 97 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger