logo blog
Selamat Datang Di Info Blog
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Info Blog ini,
Semoga apa yang Info Blog share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Info Blog, tentang Super Komputer

Info Blog, dawning nebulai
Info Blog. Super Komputer adalah sebuah komputer yang memimpin di dunia dalam kapasitas proses, terutama kecepatan penghitungan, pada awal perkenalannya. Super Komputer diperkenalkan pada tahun 1960-an, didesain oleh Seymour Cray di Control Data Corporation (CDC), memimpin di pasaran pada tahun 1970-an sampai Cray berhenti untuk membentuk perusahaanya sendiri, Cray Research.

Dia kemudian mengambil pasaran Super Komputer dengan desainnya, dalam keseluruhan menjadi pemimpin Super Komputer selama 25 tahun (1965-1990). Pada tahun 1980an beberapa pesaing kecil memasuki pasar, yang bersamaan dengan penciptaan komputer mini dalam dekade sebelumnya. Sekarang ini, pasar Super Komputer dipegang oleh IBM dan HP, meskipun Cray Inc. masih menspesialisasikan dalam pembuatan Super Komputer.

Super Komputer lebih unggul dalam kecepatan daripada komputer di rumah-rumah biasa dengan menggunakan desain inovatif berbentuk lemari yang membuat mereka dapat melakukan banyak tugas secara paralel, dan juga detail sipil yang rumit. Komputer ini biasanya dikhususkan untuk penghitungan tertentu, biasanya penghitungan angka, dan tidak bagus hasilnya dalam tugas umum. Hirarki memorinya didesain secara hati-hati untuk memastikan prosesornya tetap menerima data dan instruksi setiap saat; dalam kenyataan, perbedaan performa dengan komputer biasa terletak di hirarki memori dan komponennya. Sistem I/Onya juga didesain supaya bisa mendukung bandwidth yang lebar.

Seperti dengan sistem paralel pada umumnya, hukum Amdahl berlaku, dan Super Komputer didesain untuk menghilangkan kelemahan susunan seri, dan menggunakan hardware sistem paralel untuk mempercepat dari kelemahan sempitnya bandwidth.

Super Komputer digunakan untuk tugas penghitungan-intensif seperti prakiraan cuaca, riset iklim (termasuk riset pemanasan global, pemodelan molekul, simulasi fisik (seperti simulasi kapal terbang dalam terowongan angin, simulasi peledakan senjata nuklir, dan riset fusi nuklir), analisikrip, dan lain-lain. Militer dan agensi sains adalah salah satu pengguna utama Super Komputer.

10 Super Komputer Tercepat dan Tercanggih di Dunia
 
Kita akan mulai dari urutan no 1 super komputer tercepat berikut ini :

1. Komputer Kuantum
Dinamakan komputer kuantum karena super Komputer yang satu ini menggunakan prinsip kerja “fisika Kuantum”. Kabarnya komputer ini akan di install di fasilitas Badan Antariksa Amerika Serikat ( NASA ) dan akan di gunakan bersama oleh Google, NASA dan para ilmuwan.
Processor : Menggunakan Processor D-Wave Two yang memperlihatkan pemanfaatan efek yang di sebut dengan Terowongan Kuantum.
Kecepatan : Akses kecepatan dari super komputer ini 3.600 kali lebih cepat dari komputer konvesional, yang dapat memecahkan beberapa jenis masalah matematika hanya membutuhkan waktu sepersekian detik.
Komputer kuantum tidak menggunakan Bits tetapi GuBits(Quantum Bits)

2. Sequioa
Sequioa ini adalah super komputer yang di kabarkan tercepat, setelah mengukir kecepatan processing 16,32 petaflop/s.

3. K Komputer
K Komputer pada awalnya adalah super komputer tercepat sebelum prestasi terbaru Sequoia. K kompter adalah perangkat yang dibuat jepang, yang di kembangkan oleh perusahaan Fujitsu yang berada di REKEN Advanced Institute For Computational Science, Kobe Jepang.

Processor: Komputer ini menggunakan prosesor SPARC64 VIIIfx 2.0GHz 8-core sebanyak 68.544 unit,  yang ditempatkan pada 672 lemari. Masing-masing lemari memiliki 96 titik komputasi dengan 6 tambahan titik IO. Masing-masing titik komputasi ini dilengkapi memori sebesar 16 GB. Bila masing-masing titik dilengkapi 8 inti proseseor, jumlah prosesornya keseluruhan mencapai 548.352 inti.
Kecepatan: Super Komputer ini mampu memproses data dengan kecepatan 8,162 petaflops atau 8,162 kalkulasi quadrilion per detik dengan rasio efisiensi komputer sebesar 93 persen.

Daya: Untuk mengoperasikan K computer di butuhkan daya listrik sebesar 9,89 MegaWatt dengan rata-rata 4,3 MegaWatt.

4. Tianhe 1A
Kecepatan: Super komputer ini memiliki kecepatan dua ribu triliun kalkulasi perdetik,  dan dapat mencatat kecepatan kalkulasi 2,6 petaflop/s. Tianhe 1 A merupakan perangkat buatan China,  yang di bangun dengan biaya 88 juta Dollar Amerika. Super komputer ini terletak di Pusat Super Komputer Nasional di Tianjin China. Super komputer ini tercepat di dunia sebelum dikalahkan oleh K Computer dari Jepang pada Juni 2011.

Processor: Tianghe-I dilengkapi 14.336 unit prosesor Xeon X5670 dan 7.168 Nvidia Tesla M2050 pemroses grafis. Sistem komputer ini tersusun dari 112 lemari komputer, 12 lemari penyimpanan, 6 lemari komunikasi, dan 8 lemari I/O. Setiap lemari komputer terdiri dari 4 frame yang masing-masing memiliki 8 kipas dan 16 port papan pengalih. Adapun total penyimpanan sistem Tianghe-I sebesar 2 Petabytes dengan total memori sebesar 262 Terabytes.

5. Jaguar
Jaguar adalah nama super komputer yang di buat oleh Cray di perusahaan super computer, di laboratorium Oak Ridge di Oak Ridge, Tennessee, Amerika Serikat.
Kecepatan : Jaguar memiliki kecepatan sebesar 1,75 petaflops/s. Jaguar pernah menjadi super komputer tercepat di dunia pada Nopember 2009 hingga Juni 2010.
Processor : Jaguar bersistem operasi Cray Linux Environment dengan prosesor x86-based AMD Opteron yang berjumlah 224.256 unit dan memori sebesar 8 GB. Sedangkan besaran keseluruhan memori yang digunakan mencapai 360 TB. Sementara itu besaran penyimpanannya bisa mencapai 10 petabytes.

6. IBM Roadrunner
Super komputer ini Di kembangkan oleh IBM di laboratorium Nasional Los Alamos, New Meksiko, Amerika serikat dengan biaya 133 juta Dollar Amerika. Kecepatan: Kecepatan tertinggi komputer super ini 1,456 petaflops  pada November 2008.
Processor : Salah satu yang membuatnya unik, IBM Roadrunner memiliki rancangan prosesor hybrid dengan melibatkan 2 prosesor, yaitu IBM PowerXCell 8i sebanyak 12.960 unit dan AMD Opteron dual-core sebanyak 6.480 unit. Super komputer ini memiliki sistem operasi Red Hat Entreprise Linux.

7. Blue Gene
Blue gene adalah proyek arsitektur yang memproduksi beberapa super komputer.Dikembangkan bersama-sama oleh IBM, Laboratorium Nasional Lawrence Livermore, Departemen Energi Amerika Serikat, dan akademi. Superkomputer ini ada 4 proyek pengembangannya, yaitu Blue Gene/L yang dikembangkan oleh Laboratorium Nasional Lawrence Livermore; Blue Gene/C yang merupakan adik proyek Blue Gene/L; Blue Gene/P yang dikembangkan oleh IBM, Laboratorium Nasional Lawrence Livermore, dan Laboratorium Nasional Argonne, dan Blue Gene/Q.
Kecepatan : Blue Gene hanya dapat melaju pada kecepatan 500 teraflops.

8. Super MUC
Komputer Super MUC dibuat di Jerman, yaitu di kembangkan Leibniz-Rechentrum di kota Munich.
Kecepatan : Super MUC hanya dapat mencapai kecepatan 3 petaflops, namun disebut- sebut sebagai komputer tercepat di Eropa.
Prosesor : Sistem SuperMuc akan menggunakan 18.432 prosesor Intel Xeon Sandy Bridge-EP,  dan berjalan di server IBM System x iDataPlex. Super Komputer ini memakai teknologi pendinginan terbaru dari IBM yang bernama Aquasar,yaitu yang menggunakan air untuk mendinginkan prosesor.

9. MIRA
Mira juga merupakan super komputer salah satu produk IBM. Masih merupakan versi dari super komputer Blue Gene. Super computer ini memiliki kecepatan tercepat daripada merek-merek sebelumnya. Super Komputer berada di National Labroratory di Illinois, Amerika Serikat, yang digunakan untuk melakukan bermacam keperluan. Kecepatannya perdetiknya bisa mencapai sekitar 8 petaflop.

10. Dawning Nebulai
Super Komputer ini juga di kembangkan di China, yang digunakan oleh National Supercomputing Centre in Shenzhen (NSCS).
Processor: Dawning TC3600 Blade System, Xeon X5650 6C 2.66GHz, Infiniband QDR, NVIDIA 2050. Super komputer ini dibuat pada tahun 2010, dengan Jumlah inti 120640, dan OS yang di gunakan adalah OS Linux.
Daya: Sementara jumlah daya yang dibutuhkan untuk mengoperasikannya adalah sebesar 2,6 juta watt.

Enter your email address to get update from Info Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

Since I love superhero movies I will make a post about a superhero
togel sgp

Balas

Silahkan meninggalkan komentar yang sesuai dengan artikel di atas, komentar anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini di masa-masa mendatang.
Mohon jangan melakukan spam, atau promosi produk atau apapun yang tergolong hal-hal negatif
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.

Copyright © 2015. Info Blog 97 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger